Metamorfosis Lebah Lengkap Gambar, Tahapan dan Penjelasannya

Posted on

Metamorfosis Lebah

Metamorfosis lebah termasuk ke dalam metamorfosis sempurna. Dengan mengalami 4 fase dan perubahan fisik mencolok pada setiap fasenya. Selain itu kehidupan lebah juga sangat unik dan menarik.

Dalam kehidupan lebah, terdapat suatu kasta. Kasta pertama adalah kasta lebah pekerja, yang membutuhkan waktu selama 21 hari. Kasta yang kedua adalah kasta prajurit, yang memerlukan waktu selama 24 hari. Kasta yang tertinggi adalah kasta ratu lebah.

Proses metamorfosis pada lebah terdapat 4 buah fase, yaitu fase telur, fase larva, fase pupa, dan fase imago. Berikut ini adalah proses fase metamorfosis pada lebah selengkapnya.

Daur Hidup Lebah:

Daur Hidup Lebah
@jagad.id

1. Fase Telur.

Fase metamorfosis pertama pada lebah adalah fase telur. Ratu lebah akan meletakkan telur di dalam sangkar. Sangkar lebah dibuat oleh satu koloni dan terbagi ke dalam 3 jenis tingkatan sesuai dengan kasta lebah.

Sarang lebah sendiri terbagi ke dalam beberapa sel. Pada masing – masing sel, terdapat 1 buah telur lebah. Ukuran telur lebah sangat kecil, seperti ukuran mikroorganisme. Sehingga harus menggunakan microscope untuk dapat melihat bentuk dari telur lebah.

Karakter dari bentuk telur lebah seperti butiran beras. Namun ukuran dari telur lebah lebih kecil daripada ukuran satu butir beras. Besar ukuran dari telur lebah yaitu 1,7 mm. Pembagian kasta lebah dilakukan oleh ratu lebah sejak dari fase telur. Masing – masing kasta mempunyai ukuran sel sarang masing – masing. Untuk sel sarang lebah kasta pekerja mempunyai ukuran yang paling kecil dari pada kasta lagi.

Dalam fase ini memakan waktu yang sangat singkat. Hanya selama 3 hari, telur lebah akan menetas dan memasuki fase metamorfosis berikutnya. Masing – masing telur, baik kasta pekerja, prajurit maupun ratu mempunyai masa fase telur yang sama.

Baca juga: Metamorfosis Kupu Kupu

2. Fase Larva.

Setelah fase telur berakhir, lebah akan memasuki fase larva. Bentuk dari larva lebah juga hampir sama dengan bentuk butiran beras. Ukuran dari larva juga hampir sama dengan ukuran butir beras. Begitu pula dengan warna larva lebah, yaitu putih.

Pada fase ini larva masih tinggal di dalam sel sarang. Posisi larva ketika berada di dalam sel sarang seperti meringkung layaknya belatung. Larva lebah akan mengalami pergantian kulit sebanyak 5 kali. Pada salah satu ujung larva berwarna merah.

Sumber makanan dari larva lebah adalah serbuk sari yang dibawa oleh lebah pekerja. Larva lebah mempunyai sifat yang sangat rakus. Sehingga dalam satu hari dapat makan sebanyak 1.300 kali. Sehingga pertumbuhan larva menjadi lebih cepat.

Masing – masing kasta lebah mempunyai masa fase larva yang berbeda – beda. Untuk lebah pekerja mempunyai fase larva yang paling lama dari pada kasta lebah lain. Larva lebah pekerja mengalami fase larva selama 13 hari.

Sedangkan larva lebah prajurit, mempunyai masa fase larva lebih singkat daripada kasta pekerja. Masa lebah prajurit dalam fase ini yaitu 10 hari. Sedangkan masa dari fase ratu lebah yang mempunyai masa fase selama 9 hari. Pada masa fase larva, sering dimanfaatkan sebagai umpan untuk memancing. Jadi larva lebah masuk ke dalam rantai makanan dan merupakan sumber makanan ikan.

Baca juga: Metamorfosis Lalat

3. Fase Pupa.

Fase metamorfosis lebah selanjutnya adalah fase pupa. Pupa dari lebah mempunyai bentuk bulat dan bergaris – garis seperti ekor lebah. Namun belum mempunyai bulu dan hanya berbentuk segel seperti lilin.

Pada fase ini merupakan fase pembentukan dan penyempurnaan tubuh lebah, seperti mata, sayap hingga kaki. Mata pupa akan mengalami perubahan warna sebanyak 2 kali. Sebelumnya warna mata pupa adalah merah, kemudian berubah menjadi biru keunguan. Lalu warna berubah menjadi hitam dan berbentuk mata sempurna.

Sumber makanan dari pupa adalah segel pupa itu sendiri. Setelah segel habis, kemudian pupa akan keluar dari sel sarang dalam bentuk lebah sempurna. Hal ini menandakan fase pupa lebah berakhir. Masa fase pupa masing – masing kasta berbeda. Pada lebah pekerja akan mengalami fase pupa selama 6 hari.

Untuk fase dari pupa lebah prajurit merupakan fase pupa yang paling lama. Masa fase pupa pada kasta tersebut berlangsung selama 7 hari. Sedangkan masa pupa pada ratu lebah sangat singkat, hanya 3 hari.

4. Fase Imago / Lebah Dewasa.

Setelah pupa berakhir, lebah akan memasuki fase metamorfosis terakhir yaitu fase imago atau lebah dewasa. Pada fase ini lebah akan beraktivitas sesuai dengan kasta. Lebah pekerja terbagi ke dalam 2 jenis. Ada jenis lebah pekerja yang mencari makanan untuk semua koloni.

Ada pula yang bertugas untuk membuat dan memperluas sel sarang. Sedangkan lebah prajurit bertugas untuk menjaga ratu dan sel sarang. Sedangkan ratu lebah bertugas untuk melakukan reproduksi.

Itulah penjelasan secara rinci mengenai fase dari metamorfosis lebah yang merupakan bentuk dari metamorfosis sempurna.