Pengertian Metamorfosis Sempurna Dan Tidak Sempurna Adalah

Posted on

Metamorfosis merupakan sebuah evolusi yang dialami oleh makhluk hidup, khususnya binatang. Ada beberapa fase yang dilalui makhluk hidup dalam lingkup metamorphosis. Masing-masing makhluk hidup juga mempunyai fase yang berbeda – beda.

Pengertian Metamorfosis Adalah:

Secara umum pengertian dari metamorfosis adalah proses perkembangan secara biologis yang dialami oleh makhluk hidup dan terjadinya implikasi perubahan fisik dari lahir hingga dewasa.

Metamorfosis juga dapat diartikan sebagai suatu proses perkembangan makhluk hidup yang mulanya sebuah telur hingga dewasa secara sempurna serta mengalami suatu perubahan bentuk struktur tubuh, fisiologis dan anatomi.

Setiap makhluk hidup mempunyai fase metamorphosis yang berbeda – beda. Secara umum, ada 6 jenis fase metamorfosis. Namun fase tersebut tidak terjadi sepenuhnya pada makhluk hidup dan umumnya hanya mengalami 4 buah fase. Namun awal dari fase tersebut berbeda – beda, ada yang dimulai dari sebuah telur, lava dan nimpha.

Fase metamorfosis:

  1. Telur.
    Telur merupakan fase awal dalam metamorfosis. Telur mempunyai bentuk bulat utuh dan di dalam telur terdapat benda berupa cairan yang merupakan calon individu. Cairan tersebut dilindungi dengan cangkang keras dan selalu dijaga ketat oleh sang induk.
  2. Larva.
    Larva merupakan hewan yang baru menetas dari telur. Fase ini biasanya merupakan jenis mollusca atau hewan lunak. Larva juga mempunyai anatomi yang belum lengkap dengan struktur tubuh yang sangat sederhana.
  3. Pupa atau kepompong.
    Pupa adalah sebuah larva yang mengalami pengerasan. Fase ini merupakan fase transisi dimana hewan akan mendapatkan bentuk tubuh sempurna. Pada waktu ini, serangga akan mengalami masa seperti tidur dalam kurun waktu yang cukup lama. Larva akan mengalami diferensiasi sel yang akan membentuk suatu organ utuh.
    Hampir sama seperti hibernasi yang tidak makan maupun melakukan aktivitas apa pun. Hanya saja pada fase Pupa atau kepompong bertujuan atau proses dimana makhluk hidup akan menjadi dewasa.
  4. Nimpha.
    Nimpha adalah makhluk hidup dengan bentuk sempurna, namun mempunyai ukuran yang kecil. Organ dalam tubuh pun berukuran kecil dan belum berfungsi secara sempurna. Pada hewan tertentu, akan mengalami fase molting atau imago.
  5. Molting
    Fase molting merupakan proses pergantian kulit atau cangkang pada hewan tertentu. Setelah mengalami fase molting, nimpha akan berubah menjadi makhluk hidup dewasa dengan struktur tubuh sempurna. Fase ini tidak hanya dialami oleh nimpha, namun juga binatang yang telah dewasa juga akan mengalami fase ini berulang kali.
  6. Imago
    Imago adalah makhluk hidup yang telah tumbuh dewasa. Fase ini juga merupakan fase akhir dari metamorfosis. Pada fase ini seorang imago jantan maupun betina akan melakukan perkawinan untuk menghasilkan sebuah telur dan akan kembali pada masa metamorphosis awal.

Metamorfosis Sempurna / Holometabela

Metamorphosis sempurna merupakan perkembangan hewan dimulai dari tahap telur – larva – pupa-imago. Metamorfosis jenis ini juga disebut dengan holometabola. Binatang yang tergolong mempunyai metamorfosis sempurna harus memiliki 4 fase.

Untuk mengetahui hewan mempunyai metamorfosis sempurna, dapat dilihat melalui fase kepompong atau pupa. Hewan yang mempunyai metamorfosis sempurna, harus melalui fase pupa atau kepompong. Sedangkan bentuk pupa atau kepompong dengan imago berbeda.

Begitu pula bentuk dari masing-masing fase. Setiap fase juga mempunyai habitat dan cara hidup yang berbeda. Terkadang mempunyai cairan atau sel yang beracun dan berbahaya. Berikut ini adalah contoh hewan yang mempunyai metamorfosis sempurna / holometabola:

Contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna:

  • Kupu – kupu.
    Fase metamorfosis kupu – kupu dimulai dari telur, larva, pupa hingga imago. Larva dari kupu – kupu adalah ulat yang merupakan hewan lunak. Ulat dari kupu – kupu termasuk hewan yang berbahaya sebab dapat menimbulkan efek gatal ketika menyentuhnya. Pada Sedangkan pupa kupu – kupu kepompong. Lalu ketika dewasa, akan mempunyai sayap dan dapat terbang.
  • Nyamuk.
    Fase metamorphosis nyamuk adalah telur, larva, pupa lalu imago. Larva telur disebut dengan jentik – jentik dan tidak berbahaya. Namun ketika menjadi nyamuk dewasa, sangat berbahaya karena dapat mengakibatkan penyakit mematikan seperti demam berdarah dan malaria.
  • Katak.
    Untuk metamorphosis katak yaitu telur, larva, nimpha lalu imago. Larva katak disebut dengan kecebong. Kecebong ini mempunyai habitat di air hingga mempunyai organ lengkap dan berubah menjadi nimpha. Nimpha katak akan berada di dalam air hingga dapat bernafas dengan udara.
  • Semut.
    Metamorphosis semut dimulai dari telur, larva, pupa, imago. Pada fase metamorphosis semut hanya mengalami perbedaan tubuh. Sedangkan cara hidup dan habitat sama, berada di darat. Hanya saja pada semut dewasa akan mempunyai keahlian dalam memanjat apa pun dan dimanapun dan mempunyai keseimbangan yang sangat baik.

Metamorfosis Tidak Sempurna / Hemimetabola

Metamorfosis tidak sempurna adalah fase perkembangan hewan atau makhluk hidup lainnya yang hampir tidak mengalami perubahan bentuk apa pun pada setiap fase. Pada metamorphosis tidak sempurna, biasanya hanya mengalami 3 fase.

Hewan yang tergolong ke dalam metamorfosis tidak sempurna mempunyai beberapa karakter. Karakter yang sangat mencolok adalah tidak adanya fase pupa atau kepompong. Lalu perbedaan bentuk pada fase nimpha dan imago hanya terletak pada ukuran dan kematangan dari fungsi organ, seperti organ reproduksi.

Ada beberapa jenis hewan yang mengalami fase molting. Biasanya hal ini terjadi pada hewan yang mempunyai cangkang atau kulit keras.

Contoh hewan yang mengalami metamorphosis tidak sempurna:

  • Belalang.
    Fase metamorfosis belalang hanya meliputi telur, nimfa, lalu imago. Untuk transisi antara nimpha dan imago pada belalang memiliki fase molting.
  • Kecoak
    Fase metamorphosis kecoakk meliputi telur – nimpha – imago. Pada fase nimpha, kecoak akan mengalami pengerasan tubuh untuk membentuk kulit keras.
  • Capung
    Fase metamorphosis capung yaitu telur, nimpha lalu imago. Pada fase nimpha capung tidak mempunyai sayap dan tidak dapat terbang. Setelah berkembang menjadi imago, akan tumbuh sayap dan dapat terbang.
  • Ayam
    Hewan ini juga merupakan salah satu hewan yang mempunyai metamorphosis tidak sempurna. Fase metamorphosis ayam yaitu telur, nimpha lalu imago. Pada ayam mempunyai perbedaan yang mencolok antara nimpha dan imago. Perbedaan tersebut terletak pada warna bulu dan suara ayam.
  • Jangkrik
    Masa metamorfosis jangkrik meliputi telur, nimfa dan imago. Pada imago, jangkrik belum dapat mengeluarkan bunyi nyaring. Setelah tumbuh menjadi imago, jangkrik dapat mengeluarkan bunyi yang sangat khas dan nyaring.
  • Laron / Rayap
    Sekilas hewan ini merupakan jenis hewan yang berbeda. Padahal rayap merupakan nimpha dari laron. Metamorfosis hewan ini meliputi telur – nimpha – imago. Pada fase imago, laron akan meninggalkan sayap untuk melakukan reproduksi.

Itulah penjelasan lengkap mengenai metamorfosis sempurna dan tidak sempurna atau Hemimetabola. Masing-masing hewan mempunyai masa yang berbeda – beda pada setiap fase.