Kesegaran Jasmani

Posted on

Kesegaran Jasmani

Pengertian kesegaran jasmani perlu Anda ketahui karena hal tersebut berkaitan dengan aktivitas yang dilakukan sehari-hari. Untuk mendapatkan jiwa yang sehat perlu tubuh yang sehat juga. Untuk itu Anda perlu juga mengetahui apa itu kesegaran jasmani. Anda bisanya mengenal istilah jasmani dan rohani bukan? Jika diartikan secara umum rohani itu batin atau di dalam jiwa dan jasmani itu lahir atau fisik. Kesegaran jasmani biasanya berkaitan dengan aktivitas fisik yang tidak menyebabkan tubuh terlalu lelah.

Kesegaran jasmani perlu Anda miliki agar dapat terhindar dari risiko penyakit sejak dini. Kebugaran jasmani yaitu kemampuan tubuh untuk dapat menyesuaikan diri terhadap beban fisik yang telah diberikan. Sedangkan kesegaran jasmani yaitu kemampuan tubuh untuk melakukan kegiatan sehari-hari tanpa adanya lelah yang berlebihan. Beberapa komponen kebugaran jasmani yaitu ketahanan, kekuatan otot, daya tahan otot, paru dan jantung.

Pengertian Kesegaran Jasmani Menurut Para Ahli :

  • Menurut pusat pengembangan kesegaran jasmani yaitu kondisi jasmani yang berkaitan dengan kesanggupan tubuh untuk dapat berfungsi secara efisien dan optimal.
  • Menurut KBBI, kesegaran jasmani terdiri dari dua kata kesegaran yang mengandung arti keadaan segar atau bisa juga kesehatan. Sedangkan jasmani yaitu badan atau tubuh.
  • Menurut Council Physical Fitness and sport, kesegaran jasmani yaitu kemampuan tubuh untuk melakukan kegiatan sehari-hari tanpa adanya kelelahan. Dalam melaksanakan tugasnya penuh dengan kehati-hatian. Masih memiliki energi yang cukup untuk menikmati waktu senggang serta mampu menghadapi berbagai masalah yang tiba-tiba datang.
  • Menurut roji, kesegaran jasmani yaitu aspek fisik secara menyeluruh. Adanya kesegaran jasmani ini membuat seseorang dapat melakukan aktivitas sehari-hari tanpa adanya lelah yang berlebihan, dengan demikian seseorang tersebut dapat menikmati waktu senggangnya dengan baik dengan energi yang cukup untuk melakukan aktivitas mendadak.
  • Menurut Mochamad Sajoto, kesegaran jasmani yaitu seseorang yang mampu menyelesaikan pekerjaan sehari-hari tanpa adanya kelelahan. Hal ini bisa diartikan bahwa orang tersebut mengeluarkan energi yang besar untuk kebutuhan gerak dan bisa menikmati waktu luangnya dalam keadaan darurat ataupun tidak.
  • Menurut Engkos Kosasih (1983), kesegaran jasmani yaitu seseorang yang fit berarti orang tersebut memiliki kemampuan (ability), kekuatan (strength), daya kreasi, kesanggupan dan daya tahan melakukan pekerjaan dengan optimal yang tidak menimbulkan kesalahan.
  • Menurut Prof. Soedjatmo Soemowardoyo, kesegaran jasmani yaitu kemampuan yang dimiliki seseorang untuk dapat menyesuaikan lingkungan dengan fungsi alat tubuhnya di ambang batas fisiologi. Selain itu bisa juga diartikan sebagai kerja fisik yang efisien karena tidak merasa kelelahan yang berlebihan.
  • Menurut Djoko Pekik Irianto (2004), suatu kemampuan fisik seseorang untuk melakukan kerja sehari-hari dengan efisien dengan tidak mengalami kelelahan yang berlebihan, sehingga seseorang tersebut dapat menikmati waktu luangnya.
  • Menurut T. Cholik Muthohir (1999), Pengertian kesegaran jasmani yaitu adanya kondisi yang memperlihatkan seseorang mampu untuk melaksanakan tugas produktifnya tanpa mengalami kelelahan yang berlebihan.
  • Menurut Wahjoedi, kebugaran jasmani yaitu kemampuan seseorang yang dapat melaksanakan pekerjaan sehari-hari dan tugasnya secara giat, tidak mengalami kelelahan dengan begitu seseorang masih memiliki cadangan energi, dan masih bisa menikmati waktu luang dan dapat tanggap dalam keadaan darurat yang tidak terduga.
  • Menurut Endang Rini S. dan Fajar Sri W (2008), kesegaran jasmani yaitu seseorang dapat dikatakan bugar jika dapat menikmati kehidupan dan juga hidupnya, berlaku secara sosial, emosional, fisik dan mental.
  • Menurut Sadoso Sumosardjuno, kesegaran jasmani yaitu adanya kemampuan seseorang untuk dapat melaksanakan tugas keseharian dengan mudah dan tidak mengalami kelelahan yang berlebihan, serta ada cadangan atau sisa tenaga yang digunakan untuk menikmati waktu luang dan diperlukan jika terdapat situasi mendadak.
  • Menurut Suratman (1975), suatu aspek fisik dari adanya kesegaran keseluruhan yang menjadikan seseorang untuk dapat melakukan hidup produktif dan menyesuaikan pada setiap pembebanan.

Fungsi dari Kesegaran Jasmani:

Fungsi terpenting dalam kesegaran jasmani yaitu menjadikan kehidupan seseorang meningkat dalam hal kemampuan untuk menjalankan tugas-tugas dengan optimal dengan hasil yang memuaskan. Fungsi tersebut adalah fungsi umum, untuk fungsi khususnya terbagi menjadi tiga golongan, diantaranya yaitu:

1. Golongan berdasarkan pekerjaan.

Golongan ini seperti olahragawan untuk dapat meningkatkan prestasi, untuk karyawan dapat meningkatkan produktivitas kerja, untuk pelajar dapat meningkatkan kemampuan belajarnya menjadi lebih giat lagi

2. Golongan berdasarkan keadaan.

Golongan ini contohnya yaitu untuk ibu hamil dapat mempersiapkan diri ketika persalinan, untuk menghadapi kelahiran buah hati harus memiliki kesegaran jasmani agar selamat keduanya. Untuk penyandang cacat kesegaran jasmani berfungsi sebagai rehabilitasi.

3. Golongan berdasarkan umur.

Bagi orang tua kesegaran jasmani berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, untuk anak-anak kesegaran jasmani berfungsi untuk merangsang perkembangan dan pertumbuhan yang optimal.

Lihat juga: Manfaat Renang Bagi Kesegaran Jasmani

Komponen dari Kesegaran Jasmani

  • Kesegaran jasmani yang berhubungan dengan kesehatan terdiri dari komposisi tubuh, daya tahan otot, fleksibilitas, daya tahan jantung dan paru serta kekuatan otot.
  • Kesegaran jasmani berhubungan dengan keterampilan terdiri dari koordinasi dan kecepatan reaksi, kecepatan power, kelincahan dan keseimbangan.

Menurut Sadoso Sumosardjuno (1989) kesegaran jasmani terdiri dari 4 komponen, yaitu kelenturan (flexibility), kekuatan (strength), ketahanan peredaran darah dan jantung serta ketahanan otot. Dengan beberapa uraian di atas dapat disimpulkan bahwa komponen yang berkaitan dengan kesegaran jasmani yaitu:

  • Terdapat pemulihan tenaga kembali karena pekerjaannya tidak menjadikan tubuh terlalu lelah, sehingga tubuh akan tetap fit dan sehat.
  • Meningkatkan daya tahan terutama pada paru-paru, otot jantung serta peredaran darah. Hal demikian ini akan menjadikan tubuh Anda mudah untuk rileks kembali.
  • Menjadikan seseorang mudah untuk melaksanakan tugas keseharian baik bekerja ataupun hal yang lainnya.
  • Mampu meningkatkan kualitas hidup karena tubuh selalu sehat dan fit.
  • Masih terdapat cadangan energi yang bisa dimanfaatkan dalam keadaan darurat ataupun hanya untuk bersantai.

Lihat juga: Unsur Unsur Kebugaran Jasmani

Dengan beberapa uraian yang sudah dijelaskan dapat dikatakan bahwa kesegaran jasmani memiliki efek yang bagus dalam kehidupan. Adanya tubuh yang sehat menjadikan kinerja semakin produktif dan optimal. Jika seseorang dapat meningkatkan kebugaran jasmaninya hak tersebut justru akan meningkatkan taraf sukses untuk mencapai tujuannya.

Berbeda lagi dengan orang yang kurang menjaga kesegaran jasmaninya, menjadikan seseorang mudah mengalami kelelahan. Hal ini akan berdampak kurang baik dalam kehidupannya. Pekerjaannya tidak dapat terselesaikan secara optimal. Masih juga mengalami kelelahan. Dengan demikian menikmati waktu senggang pun jarang. Menjadikan Anda justru kurang semangat untuk sukses menuju tujuan awal.

Cara Untuk Dapat Meningkatkan Kesegaran Jasmani

Untuk tetap menjaga kesegaran jasmani Anda perlu latihan jasmani yang berguna untuk menjadikan keseimbangan unsur-unsur jasmani. Salah satunya dengan latihan jasmani atau fisik. Latihan yang dilakukan juga harus sesuai aturan yang sudah ada. Jangan sembarangan latihan, takutnya dapat menyebabkan efek samping.

Latihan fisik jasmani berbeda-beda, terdapat tiga kelompok latihan yaitu tergantung pada keterampilan, kegiatan yang bersifat anaerobik dan bersifat aerobik. Menurut Sadoso Sumardja untuk dapat mempertahankan dan meningkatkan jasmani haruslah memenuhi tiga takaran yaitu intensitas latihan, lamanya latihan dan takaran latihan. Dengan demikian Anda dapat mewujudkan kesegaran jasmani sesuai dengan Pengertian kesegaran jasmani yang sudah dijelaskan sebelumnya.