Cara Memegang Raket

Posted on
Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Standar Nasional Dan Internasional
Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Standar Nasional Dan Internasional

Teknik Dasar Cara Memegang Raket Permainan Bulu tangkis atau badminton yang benar merupakan hal terpenting. Karena jika kita menguasai teknik ini dengan benar maka permainan kita dalam pertandingan badminton pasti juga akan maksimal dan dapat bermain dengan baik dan benar.

Memegang raket dengan benar maka akan dapat membuat pukulan kita lebih maksimal baik saat melakukan smash maupun saat menerima smash. Namun teknik memegang raket dengan baik tidak semudah yang kita bayangkan, perlu dilakukan latihan yang rutin dan serius untuk mendapatkannya.

Selain itu juga perlu mengetahui secara teori macam macam teknik dasar memegang raket, karena dengan mengetahui secara teori dapat mempercepat kita dalam latihan tersebut. Untuk Anda yang ingin tahu latihannya, berikut ini kami bagikan untuk Anda.

Cara Memegang Raket :

Cara memegang Raket dalam permainan badminton wajib dikuasi dengan baik oleh setiap pemain. Karena ini adalah teknik dasar yang harus dikuasi jika ingin memenangkan permainan. Berikut ini teknik dasar memegang raket yang minimal Anda kuasai.

  1. Forehand Grip.
  2. Backhand Grip.
  3. American Grip.
  4. Combination Grip.

1. Cara Memegang Raket Forehand Grip Badminton.

Cara Memegang Raket Forehand Grip Badminton
Cara Memegang Raket Forehand Grip Badminton (tutotialolahraga)

Raket berada pada posisi miring, kemudian dipegang oleh ibu jari dan jari telunjuk seperti tangan mengepal. Posisi pegangan tidak boleh berubah ubah, usahakan bentuk pegangan selalu menyerupai seperti huruf V. Saat memegang raket pastikan anda tetap rileks dan tidak kaku sehingga pukulan yang Anda hasilkan sangat kuat.

2. Cara memegang Raket Backhand Grip.

Cara Memegang Raket Backhand Grip Badminton
Cara Memegang Raket Backhand Grip Badminton (tutotialolahraga)

Teknik kedua adalah dengan teknik backhand grip, cara ini hampir sama dengan forehand namun posisi pegangan sedikit masuk kedalam. Untuk pegangan tangan berada pada raket yang lebar, gunakan kekuatan pergelangan tangan untuk melakukan latihan pukulan ke kanan atau kekiri dan belakang ke depan.

3. Cara Memegang Raket Teknik American Grip.

Cara Memegang Raket Teknik American Grip
Cara Memegang Raket Teknik American Grip

Ibu jari dengan jari telunjuk menempel pada bagian pegangan raket yang luas atau lebar. Pada teknik ini sangat cocok digunakan untuk smash, namun sulit digunakan jika melakukan netting. Untuk cara memegangnya seperti yang ada gambar di atas.

Baca juga : Ukuran Lapangan Bulu Tangkis

4. Cara Memegang Raket Teknik Combination Grip.

Tenik ini adalah cara memegang raket dengan kombinasi beberapa teknik di atas. Penyesuaian pegangannya sesuai dengan arah datangnya suttlecok, jadi skill sang pemain sangat menentukan teknik ini. Untuk melatihnya, sesering mungkin lakukan perpindahan pegangan raket agar saat bertanding tangan Anda tidak kaku.

5. Grip Saat Smash.

Cara Memegang Raket saat Smash
@wikihow
  • Saat melakukan smash pastikan kondisi tangan dalam keadaan rileks, karena hal tersebut dapat membuat kita memaksimalkan kekuatan pergelangan tangan saat melakukan smash.
  • Gunakan jari untuk memegang raket dengan erat.
  • Melakukan smash dapat dengan loncat atau tidak, menyesuasikan kondisi di lapangan dan gaya bermain Anda.
  • Ketika Sudah siap dan shuttlecock sudah datang lakukan smash dengan memaksimalkan kekuatan pergelangan tangan, lengan dan tubuh. Arahkan pada daerah yang kosong atau tempat yang sulit dijangkau oleh lawan.

Teknik Netting :

Netting Bulu Tangkis
@suara

Dalam permainan bulu tangkis salah satu cara mendapatkan nilai adalah dengan melakukan netting dengan baik. Karena netting salah satu strategi yang mampu mengecoh lawan dan jika lawan tidak mampu mengembalikan maka kita akan mendapat poin, berikut ini caranya.

  • Badan berada tepat di daerah service tepatnya belakang garis dengan jarak dari net 1-2 langkah.
  • Pastikan pegangan raket dalam kondisi yang tepat dan nyaman.
  • Anda harus selalu siap dan cepat memukul shutlecock yang berada di dekat net.
  • Pastikan kaki kanan atau terkuat yang berada di depan saat Anda melakukan netting dengan backhand maupun forehand.
  • Lakukan gerakan tarikan sedikit saja agar jatuhnya shutlecock berada tipis di daerah lawan. Jangan sampai terlalu keras atau tanggung, karena akan menguntungkan lawan dan nanti dilakukan smash ke daerah kita.
  • Gerakan Netting dapat Anda variasi sesuai kondisi dan posisi dari lawan, Anda dapat melakukan netting menyilang dan juga mendorongnya jauh kebelakang di lokasi yang jauh dari jangkauan lawan Anda.

Teknik Servis :

Servis dapat kita manfaatkan untuk mendapatkan poin jika kita dapat melakukannya dengan benar. Dalam permainan Badminton terdapat 4 jenis teknik servis yang dapat Anda pelajari.

  • Servis Pendek.
  • Servis Tinggi.
  • Servis Flick.
  • Service Drive.

Cara Mengembalikan Servis :

Jika kita gagal mengembalikan servis lawan dengan baik atau bahkan tidak sampai kedaerah lawan maka akan ada penambahan poin untuk lawan kita, berikut beberapa cara mengembalikan servis dalam bulu tangkis.

  • Mengembalikan servis panjang forehand.
    Saat menerima jenis servis ini maka kita masih banyak waktu untuk memikirkan strategi mengembalikan bolanya. Kita dapat melakukan smash cepat, dropshot menyilang ke daerah depan lawan dan juga mengembalikan ke sudut belakang. Namun jika Anda mempunyai kesempatan dan tidak berada di posisi sudut belakang maka lakukan smash cepat dan menukik didaerah yang sulit dijangkau oleh lawan Anda.
  • Dalam permainan Ganda.
    Saat mengembalikan servis dalam permainan ganda biasanya dilakukan secara cepat. Karena pemain yang mengembalikannya tidak perlu khawatir akan pengembalian bola yang jauh dari jangkauan dikarenakan ada rekan setimnya yang dapat mengcover.

Cara Memegang Raket di atas dapat Anda latih di rumah, namun jangan lupa kekuatan tangan adalah kunci dari kekuatan pukulan. Oleh karena itu lakukan latihan kekuatan pergelangan tangan dengan push up atau mengangkat beban atau cara lainnya yang tidak membuat cedera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *