Manfaat Renang Bagi Kesehatan Tubuh Wanita Pria Balita dan Dewasa

Manfaat Renang

Manfaat Renang – Berenang merupakan salah satu aktivitas olahraga yang tidak hanya menyehatkan namun juga menyenangkan. Ada banyak sekali manfaat renang bagi kesehatan. Bahkan berenang juga sering dilakukan sebagai ajang rekreasi bersama keluarga di akhir pekan atau hari libur. Dengan berenang, maka otot-otot tubuh akan bereaksi terutama pada bagian otot tangan dan kaki. Tidak hanya itu, dengan melalukan renang secara teratur maka pernafasan juga kana terlatih. Sehingga Anda memiliki pernapasan yang panjang dan kuat.

Orang yang memang sudah ahli dalam berenang maka ia tidak akan membutuhkan alat bantu berenang kecuali kacamata renang. Namun, untuk orang yang belum bisa berenang sebaiknya gunakan alat bantu seperti pelampung untuk menjaga agar tubuh tidak tenggelam di air. Ada beberapa pendapat bahwa banyak sekali manfaat berenang bagi pertumbuhan tubuh anak. Apalagi jika anak masih dalam tahap pertumbuhan, berenang dipercaya dapat meninggikan badan. Biasanya orang yang sudah terbiasa berenang sejak kecil, maka ia akan memiliki postur tubuh tinggi, langsing dan memiliki badan tegap serta postur tubuh yang tinggi.

Saat melakukan renang, ada banyak kalori yang dibakar tubuh menjadi energi. Oleh sebab itu banyak orang yang menyukai dan melakukan olahraga renang secara rutin untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Bahkan selain dapat meninggikan tubuh, berenang juga bisa membantu Anda yang sedang program diet. Untuk lebih jelasnya yuk simak manfaat renang bagi pertumbuhan tubuh dan kesehatan.

Manfaat Berenang:

Menyehatkan jantung

Setiap orang yang memiliki kebiasaan berenang maka ia akan memiliki jantung yang sehat. Sebab saat berenang semua organ tubuh ikut berenang salah satunya adalah jantung. Detak jantung akan semakin kuat saat Anda rutin berenang. Oleh sebab itu manfaat renang bagi kesehatan jantung sangat baik sekali.

Manfaat Renang Bagi Pertumbuhan Tubuh

Renang juga dipercaya memiliki manfaat untuk meninggikan badan. Manfaat renang bagi pertumbuhan tubuh dapat dirasakan siapa saja. Baik itu wanita ataupun pria. Oleh sebab itu bagi wanita yang ingin memiliki postur tubuh yang tinggi, bisa melakukan olahraga renang ini secara rutin untuk mendapatkan manfaat renang bagi pertumbuhan tubuh wanita. Namun tentunya hal ini juga berlaku untuk pria karena memang terdapat banyak sekali manfaat renang bagi pertumbuhan tubuh pria yang bisa didapatkan ketika melakukannya dengan teratur.

Sebab ketika berenang otot-otot tubuh akan bergerak dan lebih lentur. Selain itu, berenang juga dapat memicu hormon-hormon pertumbuhan bekerja lebih kuat sehingga manfaat renang bagi pertumbuhan tubuh sangat berguna.

Baca juga: Macam Macam Gaya Renang

Melatih pernapasan

Bagi Anda yang ingin memiliki pernafasan yang kuat maka Anda bisa mendapatkannya dengan rajin berenang. Dalam melakukan renang Anda membutuhkan pernafasan yang kuat agar dapat menyelam dalam air dalam waktu yang cukup lama. Dengan begitu sistem pernafasan akan menjadi lebih kuat. Terlebih lagi jika Anda memiliki profesi sebagai penyanyi. Maka pernafasan yang kuat dan panjang harus dimiliki. Nah, tidak hanya dengan latihan vokal saja yang bisa dilakukan untuk memiliki nafas panjang, melainkan dengan rajin berenang juga bisa Anda coba untuk memiliki pernafasan yang kuat dan panjang.

Sebab ketika berenang semua organ tubuh akan berfungsi dengan baik, seperti aliran darah ke jantung lebih lancar. Apalagi berenang juga dapat melapangkan bagian dada dan diafragma yang dapat menguatkan pernafasan.

Membentuk tubuh ideal

Setiap orang pasti menginginkan tubuh yang ideal terutama para wanita. Nah, untuk mendapatkan tubuh ideal maka Anda bisa mencoba olahraga renang ini, karena manfaat renang bagi pertumbuhan tubuh wanita bisa membantu dalam pembentukan tubuh ideal.

Saat Anda melakukan aktivitas renang, maka ada 60 kalori yang terbakar pada setiap 10 menitnya jika menggunakan gaya dada. Sedangkan jika berenang menggunakan gaya punggung selama 10 menit, maka ada 80 kalori tubuh yang terbakar. Sedangkan jika Anda menggunakan gaya kupu-kupu sela 10 menit maka da 150 kalori yang terbakar. Tentunya hal ini lebih mudah jika dibandingkan dengan berlari yang dalam setiap 10 menitnya terdapat 100 kalori tubuh yang terbakar. Oleh sebab itu untuk mendapatkan tubuh yang ideal maka Anda bisa mencobanya dengan rajin berenang.

Meredakan stress

Banyak-banyak berenang ternyata dapat mengaktifkan hormon endorfin yang dapat mengatasi stres. Hormon endorfin merupakan hormon yang diproduksi otak untuk menentukan suasana hati lebih aman, tenang dan nyaman.
Bersentuhan dengan air atau berenang juga menimbulkan efek sejuk pada tubuh. Hal ini ternyata berdampak pada suasana hati dan pikiran menjadi lebih positif. Sebuah penelitian juga menujukkan bahwa denga nmelakukan renang secara rutin dapat mengubah otak menjadi lebih baik.

Menjaga kebugaran tubuh

Ternyata manfaat renang juga sangat baik bagi kebugaran tubuh. Dengan melakukan renang secara rutin dalam waktu 20 menit dengan irama dan teknik yang sama, maka dapat meningkatkan kebugaran tubuh serta dapat memperbaiki metabolisme tubuh.

Menurunkan berat badan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa berenang dapat digunakan untuk Anda yang ingin melakukan program diet. Sebab ketika berenang akan ada banyak kalori dan lemak tubuh yang terbakar. Sehingga dengan rajin berenang dipercaya menjadi cara yang paling efektif untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Namun usahakan setiap sehabis berenang jangan langsung makan. Sebab biasanya ketika seseorang selesai berenang akan timbul rasa lapar yang berlebih. Jika Anda salah melakukan pola hidup, maka berenang bukannya menjadikan badan kurus namun membuat berat badan menjadi semakin naik.

Baca juga: Ukuran Kolam Renang

Meredakan radang sendi

Bagi Anda yang memiliki permasalahan radang sendi maka berenang merupakan salah satu langkah yang tepat. Sebab berenang dapat memperbaiki berbagai permasalahan yang sering terjadi pada tulang belakang. Ini karena dengan melakukan gerakan yang konsisten secara terus menerus dapat memperkuat otot serta membuat otot tubuh menjadi lebih kencang. Dengan begitu sendi tidak mudah mengalami peradangan.

Menurunkan risiko diabetes

Risiko penyakit diabetes bisa terjadi pada siapa saja. Hal ini biasanya dikarenakan pola hidup dan pola makan yang salah. Oleh sebab itu untuk mengurangi risiko diabetes bisa dilakukan dengan cara berenang. Sebab dalam berenang ada banyak kalori yang terbakar, dalam kalori tersebut ada lemak, gula darah yang dapat menyebabkan penyakit diabetes. Untuk itu lakukan renang setiap hari minimal 10 menit, maka Anda kana terhindar dari risiko penyakit diabetes.

Mencegah obesitas

Manfaat renang selanjutnya yakni dapat mencegah obesitas. Obesitas merupakan salah satu masalah dimana seseorang memiliki berat badan yang berlebihan. Obesitas atau kegemukan ternyata dapat diatasi dengan cara berenang secara rutin. Sebab ketika melakukan renang maka kalori tubuh akan terbakar dalam jumlah yang banyak. Selain itu berenang juga dapat membuat tubuh menjadi lebih fit dan ramping.

Ada banyak sekali manfaat renang bagi kesehatan. Manfaat tersebut dapat dirasakan secara langsung dan tidak langsung. Manfaat langsung yang didapatkan yakni tubuh menjadi lebih segar. Sedangkan manfaat tidak langsung dapat didapatkan seperti beberapa penjelasan manfaat renang di atas. So, mulailah hidup sehat dengan berenang.