Macam Macam Gaya Renang

Posted on
Macam Macam Gaya Renang
Macam Macam Gaya Renang

Macam Macam Gaya Renang Beserta Gambar dan Tekniknya – Renang merupakan salah satu olahraga air yang sangat menyehatkan tubuh. Karena saat berenang seluruh anggota tubuh ikut bergerak, sehingga olahraga ini merupakan sebuah olahraga yang kompleks untuk kesehatan seluruh tubuh. Namun dalam berenang kita harus mempunyai keahlian, karena jika tidak maka kita dapat tenggelam.

Gaya renang dapat dilatih jika Anda memang ingin dapat berenang, macam macam gaya renang juga berfariasi. Anda dapat memilihnya sesuai dengan tingkat kemampuan yang Anda miliki. Untuk teknik dasar renang adalah dapat mengapung atau melayang di air. Jika sudah menguasai hal tersebut maka mudah bagi kita untuk melatih gaya renang yang lainnya, berikut perpustakaan.id bagikan untuk Anda tentang gaya renang.

Macam Macam Gaya Renang Beserta Gambar dan Tekniknya :

  1. Gaya Dada.
  2. Gaya Bebas.
  3. Gaya Kupu Kupu.
  4. Gaya Punggung.
  5. Gaya Anjing.
  6. Gaya Samping.
  7. Trudgen.

1. Gaya Renang Dada.

Renang gaya dada
Renang gaya dada (google image)

Gaya Renang dada adalah sebuah teknik renang yang mirip dengan katak saat berenang, sehingga gaya ini juga disebut dengan gaya katak. Untuk kecepatan gaya dada lebih rendah dibandingkan dengan gaya bebas, namun gaya ini cocok untuk orang yang ingin berenang secara santai.

Teknik gaya dada ini berada dikekuatan tangan dan kaki untuk mendorong badan ke depan, pada gaya ini juga diperlukan kemampuan tangan untuk mendorong kebawah saat kepala ke atas untuk melakukan pernapasan. Silahkan lihat gambar untuk teknik lebih jelasnya.

Baca juga: Manfaat Renang

2. Gaya Renang Bebas.

Teknik Gaya Renang Gaya Bebas
Teknik Renang Gaya Bebas (img:prezi)

Gaya Renang Bebas adalah teknik berenang yang menggunakan kebebasan tangan dan kaki untuk melakukan gerakan agar badan kita dapat meluncur dengan cepat. Meskipun disebut dengan gaya bebas, teknik renang gaya bebas ini juga mempunyai aturan. Pada saat melakukan gaya ini posisi badan berada di atas permukaan, tangan mengayuh kedepan sedangkan kaki menendang atau melakukan gerakan seperti menggunting.

Untuk teknik pengambilan nafas adalah saat tangan diangkat keatas untuk mengayuh kemudian kepala digelengkan kesamping kanan atau kiri setelah itu lakukan penarikan nafas bisa dengan mulut atau hidung.

3. Gaya Renang Kupu Kupu.

Renang Gaya Kupu kupu
Renang Gaya Kupu kupu (ensikolpedia)

Gaya Renang Kupu Kupu adalah teknik renang yang didapat dari pengembangan gaya dada, pada teknik dasar renang gaya kupu kupu yang harus dimiliki adalah kekuatan lengan. Karena gaya kupu kupu mempunyai pusat kekuatan pada lengan, untuk gerakannya dapat seperti lumba lumba yang masuk kedalam air kemudian keluar saat tangan didorong kebawah. Sedangkan kaki lurus rapat ikut bergerak sesuai alur gerakan badan.

Gaya renang kupu kupu ini juga disebut dengan gaya lumba lumba, untuk kecepatannya memang lebih cepat daripada gaya bebas. Namun untuk melakukannya harus dengan tenaga yang lebih ekstra besar. Untuk melihat lebih jelas bagaimana cara melakukan gaya renang kupu kupu, berikut ini ada gambar tutorialnya.

4. Gaya Renang Punggung.

Teknik Renang Gaya Punggung
Gaya Renang Punggung

Gaya Renang Punggung adalah teknik renang dengan posisi badan terlentang melihat keatas, sedangkan punggung berada dipermukaan air. Untuk gerakan kaki dan tangan sama seperti gaya bebas, namun arahnya berlawanan. Untuk teknik pengambilan nafas gaya punggung dapat dilakukan kapan saja, karena wajah berada diatas air dan menghadap ke atas. Manfaat dari renang gaya ini untuk melatih otot punggung dan lengan.

Baca juga : Ukuran Kolam Renang

5. Gaya Renang Anjing.

Gaya Renang Anjing
Gaya Renang Anjing @bbci.co.uk

Gaya Renang Anjing adalah teknik berenang yang memiliki gerakan seperti Anjing berenang di Air, posisi kepala berada diatas air sedangkan kaki dan tangan melakukan gerakan seperti anjing melakukan renang. Oleh karena itu gaya ini disebut gaya Anjing.

Untuk kali pertama berenang Anda dapat belajar renang gaya ini. Karena jenis ini adalah yang paling mudah untuk dilakukan bagi para pemula yang belum bisa berenang atau melayang di atas air.

6. Gaya Renang Samping.

Gaya Renang Samping
Gaya Renang Samping @youtube

Gaya renang samping adalah teknik gaya renang yang menggunakan sisi samping bagian tubuh. Satu tangan berada di dalam air sedangan satunya berada di atas, untuk yang berada di dalam air lakukan ayunan melingkar sebagai dorongan tubuh. Sedangkan yang tangan berada di atas melakukan gerakan rileks atau lurus di atas kepala.

Kombinasikan gerakan tangan dengan gerakan kaki agar mendapatkan kecepatan yang maksimal. Untuk gerakan kaki dilakukan seperti menggunting, sedangkan posisi kepala melayang di air atau setengah masuk dan setengah berada di atas air.

Gaya ini tidak diperlombahkan dalam kompetisi resmi renang, sehingga jarang orang yang mengetahui gaya ini, namun jika kita melatih gaya ini maka dapat menambah skill atau kemampuan kita untuk variasi berenang.

7. Trudgen.

Trudgen
@isleofdogslife.wordpress.com

Gaya Renang Trudgen mempunyai kemiripan dengan renang gaya bebas, namun yang membedakan adalah gerakan kakinya. Pada jenis ini Kaki gerakannya seperti menggunting, sedangkan tangan mempunyai gerakan seperti kincir angin.

Tangan melakukan gerakan secara bergantian yaitu satu tangan mengayun keluar satu tangan masuk kedalam air. Untuk mendapatkan dorongan yang maksimal tangan harus lurus sampai paha dan ayun dengan sekuat tenaga. Untuk mengambil nafas dapat dilakukan kapan saja sesuai dengan kekuatan masing masing perenang.

Macam macam gaya renang beserta gambar dan tekniknya di atas semoga dapat bermanfaat bagi kalian yang ingin belajar berenang atau mengerjakan soal tentang renang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *