Teknik Dasar Bulu Tangkis Beserta Gambarnya dan Penjelasan

Posted on

Teknik dasar bulu tangkis

Teknik dasar bulu tangkis tentu wajib diketahui mendalam oleh para pemula. Karena tekik dasar inilah yang membuat para pemain lincah dalam bermain bulu tangkis. Untuk para atlet yang telah mahir, tentu teknik dasar sudah dikuasai. Nah, berikut ini beberapa teknik dasar dari permainan bulu tangkis yang harus anda kuasai.

Sebagai modal dasar menjadi pemain bulu tangkis, tentu harus mengetahui teknik dasar bulu tangkis. Untuk memahaminya dengan lebih mudah, pemain bisa melihat Teknik dasar bulu tangkis beserta gambarnya. Dengan adanya bantuan gambar, tentu akan jauh lebih mudah untuk mempraktekkannya. Pertama dan yang paling utama yaitu bagaimana cara memegang raket atau grinya. Dalam teknik memegangnya pun ada dua cara yaitu forehand dan backhand.

Teknik Dasar Permainan Bulu Tangkis:

Cara Memegang Raket

Cara Memegang RaketForehand yaitu teknik memegang grip menggunakan tangan kiri atau kanan dengan posisi kepala raket menyamping. Dalam memegang grip pun seperti ketika sedang berjabat tangan. Antara ibu jari dan telunuk membentuk huruf V, dan jari lainnya memegang raket dengan erat. Sedangkan Backhand yaitu hampir mirip seperti Forehand tetapi ibu jari terpisah dengan keempat jari yang lain.

Baca Juga: Cara Memegang Raket

Footwork

Footwork Bulu TangkisTak kalah pentingnya, yang harus diperhatikan lagi yaitu pada pergerakan kaki yaitu teknik footwork. Pemain perlu meningkatkan kelincahan posisi gerakakan kakinya ketika bermain bulu tangkis. Tujuan dari teknik ini yaitu agar siaga ketika terjadi penyerangan dari lawan, Posisi tepat sasaran ketika membalas serangan dari lawan.

Posisi Badan

Teknik Dasar Permainan Bulu Tangkis
@SportsRegras

Selain cara memegang grip, pemain juga harus memperhatikan cara beridirinya. Dalam permainan bulu tangkis, berdiri pun ada tekniknya. Posisi berdiri ketika di lapangan yang benar yaitu berada pad bagian tengah lapangan dengan kaki agak membuka dan lutut ditekuk. Buatlah badan tetap rileks dan nyaman. Posisi tersebut sangat membantu ketika akan melakukan footwork. Siap siaga dalam footwork tentu membuat lawan susah untuk mendapatkan poin.

Sikap di Dalam Lapangan

Teknik dasar yang harus perhatian juga mengenai persiapan menerima shuttlecock. Ketika dalam pertandingan, pemain harus konsentrasi ntuk menerima shuttlecock. Jangan sampai ketika berada ditengah lapangan, pemain melamun atau memikirkan hal-hal lain yang dapat membuatnya tidak berkonsentrasi. Teknik dasar permainan bulu tangkis lengkap harus dipelajari secara terprinci agar kemungkinan kemenangan yang akan diraih semakin besar.

Footwork atau gerakan kaki harus memilki basic sklill berupa kelincahan. Selain tangan yang diperhatikan, pemain juga harus lincah dalah gerakan kakinya. Dengan gerakan kaki yang lincah, tentu akan sangat memudah pemain bulu tangkis menerima shutlecock yang dilempar oleh pihak lawan. Footwork yang harus dikuasai yaitu mampu membantu menghasilkan pukulan yang berkualitas dan mematikan pihak lawan. Jika dalam bermain bulu tangkis tidak sendirian alias dalam tim, maka pemain harus bekerja sama agar mampu mencetak skor.

Dalam melakukan pukulan pun posisi badan harus sesuai. Dengan kesesuaian badan, tentu pukulan yang akan dihasilkan semakin bagus. Posisi badan yang bagus yaitu usahakan posisi badan menamping kearah net. Badan harus dibelakang shuttlecock dan bahu kanan ditarik sedikit ke belakang. Ketika melakukan pukulan pun harus ada pergantian bahu kanan dan kaki kanan. Posisi kaki kanan harus berada di belakang kaki kiri.

Servis

Cara Servis Pada Permainan Bulu TangkisServis dalam teknik permainan bulu tangkis yaitu pukulan pertama yang dilakukan untuk memulai permainan. Dalam melakukan servis ini pun ada tekniknya agar permainan yang dilakukan bisa memberikan kemenangan. Menurut ketinggiannya, teknik dasar servis bulu tangkis dibagi menjadi 3 yaitu servis pendek, setengah tinggi, dan tinggi.

Teknik servis juga dibagi menjadi dua jenis menurut cara memegang raket. Yang pertama yaitu teknik dasar servis backhand. Cara melakukan teknik ini yaitu dengan shuttlecock dipukul pendek agar lawan tidak bisa melakukan smash. Selain itum bisa jadi shuttlecock jatuh tipis dekat garis servis. Dengan begitu, lawan tidak bis amelakukan apa-apa dan poin akan menang pada kita. Cara memukul pendek pun juga harus secara pelan dan agak membengkokkan siku dan agak memiringkan badan.

Namun dalam melakukan teknik servis ini tidak sedikit pemain yang kurang memperhatikan gerakannya. Hasilnya, servis ydang dibuatnya tidak bagus dan menguntungkan pihak lawan. Kesalahan yang sering dilakukan yaitu kepala raket lebih tinggi ataupun sejajar dengan grip. Selain itu perkenaan grip dengan shuttlecock lebih tinggi daripada pinggang pemain.

Kesalahan pada kaki yang sering terjadi yaitu menginjak garis depan atau tengah. Terkadang kaki juga ikut melangkah maju ketika membuat servis. Padahal hal itu tidak diperkenankan. Ketika akan memukul shuttlecock, ayunan grip terjadi secara putus-putus. Nah, hal ini lah yang menyebabkan servis para pemain mengalami kegagalan.

Baca juga: Ukuran Lapangan Bulu Tangkis

Teknik Pukulan Bulu Tangkis

Teknik Pukulan Pada Bulu TangkisAda beberapa teknik pukulan yang ada dalam permainan bulu tangkis. Teknik pukulan bulu tangkis yang pertama yaitu Netting. Teknik pukulan netting yaitu pukulan yang dilakukan pemain dengan diarahakan sedekat mungkin ke daerah net lawan. Pukulan tersebut dilakukan dengan sentuhan tenaga yang halus dan behati-hati. Jika shuttlecocknya dipukul halus dan bisa melintir tipis dekat dengan net, itu teknik netting yang sangat baik. Melintir dekat sekali dengan net membuat lawan sulit untuk mengembalikan shuttlecocknya.

Bagian kedua dari teknik pukulan yaitu teknik drive. Teknik drive ini teknik dengan pukulan cepat dan mendatar. Teknik ini sering dipergunakan ketika ada permainan ganda bulu tangkis. Tujuan menggunakan teknik ini untuk menghindari lawan menyerang atau untuk memaksa lawan mengangkat bola dan berada pada posisi bertahan. Cara menggunakan teknik ini yaitu dengan memegang dengan satu grip. Selain kekuatan bahu, mengggunakan teknik ini juga harus menggunakan lecutan pergelangan pada saat shuttlecock dipukul.

Teknik pukulan terakhir yaitu teknik overhead atau pukulan diatas kepala. Teknik ini dilakukan dengan memukul shuttlecock ketika posisinya berada diatas kepala. Jenis pukulan ini merupakan jenis yang paling penting. Karena menjadi senjata yang bisa mematikan lawan. Dari pukulan overhead ini pun ada beberapa macam yaitu smash, backhand overheaf, clear, dropshot, dan round the head.

Selain ketiga teknik pukulan tersebut, ada juga pukulan lob. Pukulan lob dapat dilakukan baik dar bawah maupun atas kepala. Pukulan lob yang pertama yaitu Lob serang yaitu dengan shuttlecock diambil dari depan badan atas kepala. Shuttlecock dilambungkan agak rendah dan secara cepat. Untuk Lob penangkis, shuttlecock diambil dari depan badan diata kepala. Kemudian dilambungkan tinggi dan jauh ke belakangan. Tujuan dari teknik ni untuk mempertahankan serangan dari pihak lawan.

Teknik dasar bulu tangkis tentu akan mempermudah pemain untuk memperoleh kesempatan menang. Untuk itu, teknik dasar dalam permainan ini tidak bisa disepelekan. Pelajarilah satu persatu dengan benar. Dengan mengetahui teknik dasarnya, pemain akan mempu menjadi pemain hebat bulu tangkis. Semoga ulasan dari tim perpustakaan.id tersebut bermanfaat dan memudahkan anda dalam mempelajarinya. Terimakasih.