Kasti

Posted on
Permainan Bola Kasti

Permainan kasti bisa dimainkan oleh anak-anak. Remaja maupun dewasa yang masih kuat untuk berlari dengan jarak tertentu. Permain kasti ini memiliki nilai kekompakan dan kegembiraan. Yang paling terpenting lagi permainan kasti ini mengajarkan kita kerja sama dalam satu tim.

Nilai kerja sama dan kekompakan ini tidak langsung diutarakan tapi terkandung dalam permainan. Kekompakan inilah yang akan menjadikan nilai lebih Anda ketika sudah mulai bekerja.

Pengertian Kasti

Pengertian Permainan Bola Kasti adalah salah satu permainan yang termasuk dalam permainan bola kecil. Dalam Pelaksanaannya Kasti dimainkan oleh dua regu, setiap regu terdiri dari 12 pemain utama dan 6 pemain cadangan

Pada kegiatan olahraga nasional permainan kasti juga diikutkan dalam pertandingan. Permainan kasti ini juga mengajarkan kita tentang kekompakan, ketangkasan dan kegembiraan. Karena permainan kasti ini dilakukan dalam satu tim. Nah, permainan kasti sendiri ini biasanya dilakukan di lapangan terbuka.

Sejarah Bola Kasti

Adapun sejarah bola kasti yaitu Permainan bola kasti sudah ada sejak tahun 1744 di negara Inggris untuk lebih tepatnya di little pocket-Book. Pada tahun 1828 terciptalah peraturan permainan bola kasi di Inggeris yang dicetuskan oleh William Clarke.

Ada juga yang berpendapat bahwa permainan bola kasti ini lebih tua dibandingkan permainan baseball. Hal tersebut sesuai dengan referensi dari sastra “bola” pada Pra Inggris Jaya. Permainan bola kasti ini cukup mendunia bahkan juga diikutkan dalam pertandingan internasional.

Peraturan Permainan Bola Kasti

Peraturan bola kasti harus ditaati oleh para pemain bola kasti. Adanya peraturan permainan ini agar menjadikan permainan berjalan dengan sportif dan juga lancar. Berikut inilah beberapa peraturan dalam permainan bola kasti.

Ukuran Lapangan Kasti

Lapangan yang digunakan dalam permainan bola kasti yaitu

  • Panjang : 70 meter.
  • Lebar 40 meter.
  • Ruang bebas 10 meter.

Gambar Lapangan Kasti

Gambar Lapangan Bola Kasti
@aturanpermainan.blogspot.com

Wasit

Wasit sangat diperlukan dalam permainan bola kasti untuk memimpin jalannya permainan sehingga dapat berjalan dengan lancar dan tertib. Jika terjadi kesalahan dalam permainan bola kasti wasit akan segera memberitahu. Wasit juga memerlukan tiga orang untuk menjaga dan satu orang sebagai pencatat waktu.

Jumlah Pemain Bola Kasti

Jumlah pemain dalam permainan bola kasti yang standar berjumlah 12 orang. Setiap pemain dalam permainan bola kasti diwajibkan untuk memakai nomor dada sesuai dengan urutan 12 orang dimulai dari satu sampai dua belas. Selain itu dibutuhkan juga pemain cadangan sebanyak 6 orang.

Waktu Permainan Kasti

Waktu permainan bola kasti bisa dilakukan dengan dua babak. Setiap babak memiliki durasi sebanyak 20 sampai 30 menit. Permainan bola kasti juga diperlukan istirahat, untuk setiap babak durasinya 15 menit.

Aturan Memperoleh Nilai Kasti

Peraturan mendapatkan nilai, tim yang dapat memukul bola kemudian berlari menuju ke tempat pemberhentian I, II, III dan kembali ke ruang bebas secara bertahap tim tersebut akan dapat nilai 1. Jika tim pemukul dapat memukul bola kemudian pemukul dapat berlari menuju tiang I, II, III dan lari ke ruang bebas langsung maka tim tersebut mendapatkan nilai 2. sedangkan tim yang dapat menangkap bola langsung dari si pemukul akan mendapat nilai 1.

Perlengkapan Permainan Bola Kasti

Perlengkapan Permainan Bola Kasti

Setiap permainan memiliki alat yang digunakan untuk memfasilitasi berjalannya suatu permainan. Berikut ini perlengkapan permainan bola kasti yang bisa Anda persiapkan sebelum permainan dimulai.

  • Tongkat pemukul.
    Umumnya tongkat pemukul terbuat dari kayu yang memiliki ukuran panjang 50-60 cm.
  • Bola kasti atau bola tenis.
    Digunakan untuk lemparan maupun pukulan. Bola tersebut berukuran kecil dengan warna hijau atau kuning.
  • Bendera kecil.
    Bendera ini nantinya akan dipasang di setiap sudut pemberhentian.
  • Tiang hinggap.
    Tiang ini terdiri dari tiang yang sudah ditancapkan bendera di sudutnya. Hal ini bertujuan agar saat permainan tiang tersebut tidak mudah bergeser atau tercabut, apalagi saat pemain memegangnya.

Teknik Dasar Permainan Bola Kasti

Setiap permainan olahraga pasti membutuhkan namanya teknik dasar yang harus dikuasai terlebih dahulu. Hal ini berlaku juga untuk aktivitas lainnya, yang diperlukan pertama kali adalah mengenal teknik dasar. Terdapat 4 macam teknik dasar permainan bola kasti. Berikut ini teknik dasarnya

Teknik Melempar Bola Kasti

Cara Melempar Bola Kasti

Teknik melempar bola terdiri dari 4 macam yaitu

  1. Melempar bola menyusuri tanah.
    -Pemain dapat memegang bola pada bagian pangkal ruas jari tangan.
    -Pemain memiliki posisi yang membungkuk.
    -Mengayunkan lengan ke belakang dan depan melalui bawah.
    -Melempar bola menyusur tanah sehingga dapat mengarah ke sasaran.
  2. Melempar bola mendatar.
    -Bola kasti dipegang dengan menggunakan pangkal ruas, jari tengah, jari telunjuk dan jari manis. Ruas ibu jari dan jari keliling berfungsi untuk mengontrol bola agar tidak mudah jatuh.
    -Badan dicondongkan ke belakang, ayunkan lengan dari bawah menuju ke atas.
    -Bila dilemparkan mendatar setinggi dada ke arah sasaran yang dituju.
  3. Melempar bola melambung
    – Bola kasti dipegang dengan menggunakan pangkal ruas, jari tengah, jari telunjuk dan jari manis. Ruas ibu jari dan jari keliling berfungsi untuk mengontrol bola agar tidak mudah jatuh.
    – Badan dicondongkan ke belakang, ayunan lengan dari bawah menuju ke atas.
    – Lempar bola dengan tangan yang kuat. Jika Anda melempar dengan tangan kanan maka kaki kiri yang di depan. – Jika Anda melempar dengan tangan kiri maka kaki kanan ke depan.
    – Bola yang dilempar akan melambung tinggi setelah itu diikuti dengan adanya gerakan lanjutan melangkahkan kaki kiri dari belakang ke depan.
    – Pandangan mata fokus ke arah sasaran.
  4. Melempar bola memantul ke tanah.
    -Badan dicondongkan ke depan sedangkan kaki dalam posisi ditekuk.
    -Ayunkan lengan ke arah depan bawah
    -Lempar bola nantinya akan memantul ke tanah menuju ke sasaran.

Teknik Menangkap Bola Kasti

Teknik menangkap bola dalam permainan bola kasti dapat dibagi menjadi 4 macam diantaranya sebagai berikut

  • Menangkap bola tanah yang mendatar.
  • menangkap bola yang melambung.
  • Menangkap bola yang menyusur tanah.
  • Menangkap bola yang memantul tanah.

Keempat teknik tersebut bisa dilakukan dengan dasar yang sama. Berikut ini teknik menangkap bola :

  • Pandangan mata tertuju pada datangnya bola. Jadi harus tahu datangnya bola dari arah memantul, melambung, menyusur tanah maupun mendatar
  • Gunakan dua tangan untuk dapat menangkap bola dan telapak tangan juga harus terbuka yang nantinya akan terbentuk setengah bola.
  • Waktu bola pertama pada telapak tangan, harus diikuti gerakan untuk menarik tangan ke arah belakang bola

Teknik Melambungkan Bola Kasti :

  • Posisi badan berdiri tegak.
  • Jika melempar menggunakan tangan kanan maka posisi kaki kanan di depan.
  • Bola yang dipegang menggunakan tangan kaki posisinya ada di depan paha kanan.
  • Badan dicondongkan ke arah depan.
  • Putar lengan yang telah membawa bola ke belakang dengan ukuran 360 derajat. Di ikuti dengan langkah kaki kiri ke depan. Setelah itu ayunkan lengan ke depan kemudian lepaskan bola ketika bola berada di samping paha kanan yang disertai dengan lecutan pergelangan tangan.

Teknik Memukul Bola Kasti

Teknik memukul bola dalam permainan kasti terdapat 3 macam diantaranya yaitu

  • Teknik memukul bola yang mendatar
  • Teknik memukul bola yang melambung
  • Teknik memukul bola yang memantul ke tanah

Ketiga teknik tersebut dapat dilakukan dengan teknik yang sama. Berikut ini teknik untuk memukul bola dalam permainan bola kasti.

  • Alat pemukul dipegang dengan menggunakan satu tangan pada bagian yang lebih kecil dari alat pemukul
  • Posisi badan berdiri menyamping yang nantinya bola akan mengumpan atau melambung di samping kiri pemukul.
  • Kaki dibuka selebar bahu
  • Meletakkan alat pemukul di atas bahu pada sebelah kanan Anda dengan posisi siku sedang memegang alat pemukul ditekuk
  • Pandangan pemain fokus ke pelambung atau ke arah datangnya bola
  • Alat pemukul diayunkan dengan posisi siku lurus kemudian diikuti lecutan pergelangan tangan ketika bola memiliki posisi jangkauan pukulan. Setelah itu diikuti lanjutan gerakan yaitu kaki kiri dilangkahkan ke arah belakang depan.

Baca juga : Materi Lempar Cakram Lengkap

Cara Bermain Bola Kasti

Cara Bermain Kasti
@youtube

Cara bermain bola kasti yang utama yaitu membutuhkan 2 tim yang satu sebagai tim penjaga dan satunya lagi sebagai tim pemukul. Setiap tim terdiri dari 12 orang atau bisa kurang minimal setiap tim terdiri dari 4 orang. Berikut inilah 4 pembagian setiap tim yang harus dipahami.

1. Regu Pemukul.

  • Pemain akan diberikan hak yang sama yaitu dapat memukul sebanyak satu kali. Dikecualikan jika pemain terakhir memiliki kesempatan untuk memukul sebanyak 3 kali pukulan.
  • Selesai memukul bola alat yang digunakan untuk memukul diletakkan di tempat pemukul. Jika alat pemukul bola kasti diletakkan di luar maka pemain tersebut tidak mendapatkan nilai.
  • Pukulan dapat dikatakan sah jika bola telah melewati garis pukul. Berarti bola kasti tidak jatuh di ruangan pemukul. Perlu diingat bahwa bola kasti tidak boleh mengenai tangan pemukul. Jika terjadi pemukul tidak akan mendapatkan nilai.

2. Regu Penjaga.

  • Permainan lawan dapat dimatikan dengan melempar bola kasti ke arah pemukul. Selain itu bisa juga dengan menangkap langsung bola dari si pemukul.
  • Menempati ruang bebas jika ternyata ruang bebasnya kosong, istilah ini disebut juga dengan membakar ruang bebas.

3. Pelambung.

  • Melambungkan bola dalam permainan kasti sesuai dengan permintaan pemain pemukul. Teknik untuk melempar bola ke pemukul sudah dijelaskan pada teknik melempar sebelumnya.
  • Pemukul berhak tidak memukul bola kasti jika ternyata pelampung tidak melambungkan bola sesuai dengan permintaan pemukul. Jika hal ini terjadi selama tiga kali berturut-turut maka pemukul harus segera berlari ke tiang pertama.

4. Pergantian Tempat.

  • Salah satu tim pemukul terkena lemparan bola kasti.
  • Ketika bola dipukul oleh pemukul kemudian tertangkap oleh regu penjaga sebanyak tiga kali secara berturut-turut
  • Lepasnya alat pemukul ketika pemukul sedang melakukan pukulan.

Demikian tadi cara bermain bola kasti yang bisa Anda lakukan bersama tim. Baca juga 10 Jenis Permainan Bola Besar dan Gambarnya.

Cara Mendapatkan Nilai Dalam Permainan Bola Kasti

Permainan bola kasti juga ada tata cara dalam memberikan nilai untuk mengetahui siapa pemenangnya. Seperti halnya permainan pada umumnya. Berikut ini cara mendapatkan nilai dalam permainan bola kasti yaitu.

  • Pemain yang sukses memukul bola kasti setelah itu lari ke pemberhentian I, II dan III setelahnya ke ruang bebas secara bertahap. Nah regu ini akan mendapatkan nilai 1.
  • Pemain yang dapat berlari dengan melewati tiang-tiang pemberhentian dan kembali lagi ke ruang bebas ataupun ruang pemukul kembali. Maka regu akan mendapatkan nilai 1 juga.
  • Regu penjaga salah satu pemain dapat menangkap langsung bola yang dipukul oleh pemukul. Regu tersebut akan mendapatkan nilai 1.
  • Regu maupun tim yang dapat mengumpulkan poin terbanyak akan menjadi pemenangnya.

Lihat juga : 15 Macam Permainan Bola Kecil dan Penjelasannya

Bermain bola kasti cukup menyenangkan bukan? Hanya saja permainan bola kasti sekarang ini kurang ada yang mengenalnya. Padahal ketika masih sekolah dasar permainan bola kasti menjadi pemain favorit ketika berolahraga. Sebelumnya sudah dijelaskan tentang permainan kasti kunci utama yang harus dikuasai dalam teknik dasarnya.