Permainan Bola Kecil

Posted on
Permainan Bola Kecil Adalah
Permainan Bola Kecil

Permainan Bola Kecil – Dalam olahraga terdapat banyak bidang yang mana salah satunya yakni berhubungan dengan bola. Cabang olahraga menggunakan bola ini ada yang besar dan kecil. Macam-macam permainan bola besar seperti misalnya sepak bola, bola voli, bola basket, dan sebagainya.

Sementara itu untuk macam-macam permainan bola kecil adalah baseball, soft ball, tenis meja, golf, dsb. Sebagian besar olahraga dengan menggunakan bola kecil disebut dengan permainan  bola kecil meskipun termasuk kedalam cabang olahraga, namun aplikasinya lebih kepada permainan yang mana ditujukan untuk kesenangan semata.

Pengertian Bola Kecil:

Permainan bola kecil adalah sebuah permainan yang menggunakan bola berukuran kecil dalam pelaksanaannya permainan ini menggunakan alat pendukung seperti raket, tongkat dan bet.

Namun banyak cabang olahraga permainan juga dilombakan baik dalam skala nasional atau internasional. Banyak juga atlet berbakat di bidang olahraga ini yang mana memang tidak setenar atlet dari cabang olahraga lainnya seperti sepak bola. Kebanyakan memang untuk cabang olahraga semacam ini kurang dikenal oleh masyarakat meskipun kenyataannya masyarakat memainkannya.

Macam-macam permainan bola kecil adalah banyak macamnya. Berikut ini adalah macam-macam permainan bola kecil dan beberapa penjelasan singkatnya.

Macam Macam Permainan Bola Kecil:

Berikut jenis jenis permainan Bola kecil yang sudah kami rangkum dan diberikan penjelasan secara rinci.

1. Tenis Meja.

Permainan Bola Kecil Tenis MejaJenis olahraga yang menggunakan bola ping-pong dengan berat yang ringan dan ukuran diameter 40 mm. Olahraga ini termasuk ke dalam jenis olahraga indoor. Permainan dilakukan dua orang dengan mengggunakan prinsip yang sama dengan voli yakni bola harus melewati net dan tidak keluar garis. Namun bedanya disini bola harus memantul sekali.

2. Tenis Lapangan.

Permainan Bola Kecil Tenis Lapangan

Permainan ini menggunakan bola kecil dan dimainkan dengan menggunakan raket. Pemainnya bisa tunggal ataupun ganda. Area tenis dibatasi dengan net. Permainan ini juga ada turnamen internasionalnya.

3. Golf.

GolfGolf banyak dipakai untuk permainan masyarakat kelas atas. Permainan ini tidak membutuhkan peralatan yang sangat mahal, hanya saja lokasi yang dibutuhkan sangat luas dan menyewa lokasi untuk olahraga ini tidaklah murah.properti terdiri dari bola putih khusus golf dan tongkat pemukul.

Baca juga: Cabang Olahraga Permainan

4. Baseball.

BaseballOlahraga jenis permainan ini merambah ke tingkat internasional. Bola berdiameter 7,3 cm digunakan dalam permainan ini yang mana cukup berat. Dikarenakan lokasi bermainnya terbuka maka menggunakan sarung tangan dan topi untuk menghalau sinar matahari.

5. Bola kasti.

Permainan Kasti
wikimedia.org

Permainan ini mirip dengan baseball. Terdapat dua kelompok yang mana tiap kelompok memiliki pemukul dan pelempar bola. Selain memiliki penjaga di setiap titik, dalam permainan ini setidaknya memiliki jumlah kelompok yang sama untuk kedua kubu

6. Kricket.

KricketPermainan ini ada di negara-negara Eropa. Permainan yang dimainkan mirip dengan permainan kasti atau baseball, namun memang bola yang digunakan berbeda. Yakni dibungkus dengan kemasan laon sehingga bentuknya tidak lagi bulat.

7. Softball.

Permainan SoftballPermainan bola kecil yang dilakukan oleh 2 regu, setiap regu terdiri dari 9 pemain dengan tugas yang berbeda beda. Sedangkan untuk wasit yang yang ada di dalam permainan ini minimal 1 dan 7 hakim pembantu untuk mengawasi jalannya pertandingan, untuk lebih lengkap bisa dilihat pada artikel permainan softball ini.

8. Bilyard.

BilyardJenis permainan ini memerlukan konsentrasi yang cukup tinggi, permainan di lakukan di atas meja dengan menggunakan stick yang berfungsi untuk menyodok bola putih dan memasukkan bola lainnya ke 6 lubang yang ada di meja.

9. Sepak Takraw.

Permainan Sepak TakrawSepak Takraw adalah jenis olahraga permainan yang merupakan gabungan dari sepak bola dan bola voli. Untuk pelaksanaannya biasanya dimainkan di lapangan bulu tangkis ganda dan menggunakan bola yang terbuat dari rotan.

10. Bulu Tangkis.

BadmintonBadminton atau bulu tangkis adalah permainan yang dilakukan oleh dua tim berlawanan, ada yang kategori ganda putra, putri dan campuran serta kategori tunggal putra dan putri. Indonesia merupakan salah satu negara yang kuat akan tim bulu tangkisnya, hampir setiap kejuaraan olimpiade Indonesia selalu mendapatkan emas di cabang bulu tangkis.

11. Hockey.

HockeyPermainan Hockey merupakan jenis olahraga beregu baik regu putra maupun putri. Dalam pelaksanaannya terdiri dari 2 kategori yaitu hockey Es dan Hockey Lapangan, namun dalam prinsinya sama. Untuk nama Induk Hoki Internasional adalah International Ice Hockey Federation.

12. Tolak Peluru.

Tolak PeluruTolak Peluru juga termasuk dalam kategori olahraga atletik. Untuk penilaiannya berdasarkan titik terjauh hasil lemparan dari bola besi, untuk pemainnya harus mempunyai kekuatan tangan yang kuat dan teknik yang benar agar menghasilkan lemparan yang maksimal.

Baca juga : Jenis Permainan Bola Besar dan Penjelasannya

13. Permainan Rounders.

Permainan Rounders
Rounders @wikimedia

Rounders termasuk permainan bola kecil, permainan hampir sama dengan kasti. Rounders ditemukan pada tahun 1744 hal tersebut tertulis pada buku Pocket Pretty Little oleh John Newberry yang diterbitkan pada tahun 1828.

Ukuran bola rounders mempunyai keliling 19-22 centimeter, sedangkan untuk berat bola rounders 70-85 gram. Ukuran ini lebih berat dari bola yang digunakan untuk kasti, namun ukuran tersebut masih termasuk dalam bola kecil.

14. Lacrosse.

Permainan Lacrosse
Lacrosse @wikimedia

Jenis permainan bola kecil yang menggunakan alat bantu tongkat dalam pertandingannya. Ukuran tongkat yang disebut crosse ini berukuran 3-4 kaki dengan ditambahkan jala pada ujungnya yang berfungsi untuk menangkap bola.

Ukuran bola permainan lacrosse mempunyai diameter 5 inchi, sedangkan bahannya terbuat dari kulit rusa yang bagian dalamnya diisi dengan bulu. Untuk jumlah pemain lacrosse adalah 10 orang dengan rincian 1 orang sebagai penjaga gawang, 3 sebagai penyerang, 3 sebagai pemain tengah dan 3 sebagai pemain bertahan.

15. Squash Atau Tenis Dinding

Permainan Squash
Squash @wikimedia

Tenis Dinding ini salah satu olahraga yang menarik, karena dalam pertandingannya pemain tidak saling berhadapan melainkan sejajar dan memukul bola ke arah tembok atau dinding. Dalam pelaksanaannya pemain memukul secara bergantian kedinding dan pemain yang kalah adalah yang gagal memukul bola kearah tembok. Dan nilai kemenangannya adalah 9 poin.

Induk organisasi Tenis Dinding internasional adalah worldsquash. Dalam pertandingannya permainan ini menggunakan bola dengan ukuran 39,5 – 40,5 mm.

Diatas dijelaskan bahwa macam-macam permainan bola kecil adalah golf, baseball, tenis meja, tenis lapangan, dan sebagainya. Semuanya telah menjadi permainan internasional yang mana kerap dilombakan di kancah internasional. Demikian artikel terkait olahraga permainan, semoga bisa membawa manfaat bagi pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *