Softball

Posted on

SoftballSoftball – Di era sekarang ini siapa sih yang tidak mengenal tentang permainan softball. Meski belum pernah memainkannya, tentu sebagian dari kita sudah tidak asing dengan jenis permainan beregu ini. Seperti yang diketahui softball merupakan sebuah olahraga bola yang mana dimainkan secara beregu yang terdiri atas 2 kelompok. Hingga saat ini Olahraga softball sangat populer di negara kelahirannya yakni Amerika Serikat. Perlu Anda ketahui olahraga softball diciptakan oleh George Hancock di kota Chicago pada tahun 1887.

Softball sendiri merupakan sebuah olahraga pengembangan dari baseball dan juga hardball. Biasanya dalam permainannya satu tim akan diposisikan sebagai penyerang sedangkan untuk tim satunya yaitu sebagai regu bertahan. Cara memainkannya pun sangat mudah yakni hanya dengan memukul bola menggunakan alat pemukul atau yang biasa disebut dengan stik.

Tim yang berhasil menambah poin ialah mereka yang berhasil kembali lagi menuju home plate dengan selamat. Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang permainan yang satu ini simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Softball:

Pengertian SoftballSoftball adalah sebuah permainan bola kecil yang dimainkan secara berkelompok yang terdiri dari 2 tim. Untuk masing-masing tim memiliki tugas yang berbeda-beda yakni sebagai regu bertahan dan penyerang. Pada setiap tim dalam permainan softball sendiri terdiri dari 9 orang permainan yang mana telah menguasai teknik dasar lempar dan juga menangkap bola.

Untuk mendapatkan poin, para pemain harus memukul dan berlari menuju ke bagian base. Jika pemain berhasil melewati lawannya dengan baik maka poin akan didapatkan oleh tim tersebut. Di Indonesia, permainan ini masih jarang dimainkan berbeda dengan negara asalnya Amerika Serikat. Permainan softball di sana sangat populer bahkan dimainkan setiap tahunnya.

Tahukah Anda permainan softball juga sering disebut dengan permainan bola pukul. Hal tersebut sesuai dengan cara permainannya yang dilakukan dengan cara dipukul dengan menggunakan alat pemukul. Nantinya pitcher akan melemparkan bola mulai dari bawah sesuai dengan peraturan berlaku dalam permainan softball.

Sistem Permainan Softball:

Seperti yang diketahui bahwa dalam permainan softball masing-masing tim terdiri dari 9 orang pemain. Sedangkan untuk lamanya permainan softball yakni 7 inning yang mana masing-masing tim akan mendapatkan giliran yang berbeda. Giliran tersebut yakni 7 kali menjadi regu bertahan dan 7 kali menjadi regu penyerang. Untuk pergantian regunya sendiri akan terjadi apabila dari pihak bertahan berhasil mematikan pihak penyerang sebanyak 3 pemain.

Cara untuk mendapatkan poin dalam permainan softball sendiri yaitu apabila pemukul baik sendiri atau satu regu berhasil kembali ke bagian home plate. Jika regu tersebut berhasil kembali dengan selamat maka akan mendapatkan nilai yang lebih banyak dalam 7 kali permainan. Hampir sama dengan permainan bola regu lainnya, setiap pemain dalam permainan softball memiliki tugas masing-masing. Nah, untuk lebih jelasnya berikut pembagian tugasnya:

  1. Catcher atau penjaga belakang.
  2. Pitcher atau pelempar.
  3. First base atau penjaga base I.
  4. Second base atau penjaga base II.
  5. Third base atau penjaga III.
  6. Short atau penjaga antara base I dan II.
  7. Middle felder atau penjaga lapangan tengah.
  8. Right felder atau penjaga lapangan kanan.
  9. Left felder atau penjaga lapangan kiri.

Itu tadi 9 pemain beserta tugas masing-masing yang terdapat dalam permainan softball. Tentu kita semakin tahu tentang permainan yang sangat populer di negara Amerika serikat ini.

Jumlah Pemain Softball:

Pemain softball berjumlah 9 Pemain dengan pembagian posisinya seperti berikut ini.

  • 1 orang pitcher.
  • 2 orang catcher’s
  • 3,4,5 baseman.
  • 6 shortstop, short fielder.
  • 7,8,9 left fielder (LF), middle fielder (MF), right fielder (RF).

Peralatan Permainan Softball:

Peralatan Permainan SoftballDalam setiap permainan bola baik sendiri atau beregu tentu saja menggunakan alat yang bertujuan untuk menunjang permainannya. Sama halnya dengan permainan softball yang juga membutuhkan beberapa perlengkapan akan permainan yang dilakukan dapat berjalan lancar. Nah, berikut ini beberapa peralatan yang dibutuhkan dalam permainan softball yaitu:

1. Alat Pemukul (Bats).

Alat Pemukul (Bats)
@yuksinau

Sesuai dengan namanya, alat yang satu ini berfungsi untuk memukul bola dalam permainan softball. Umumnya pemukul softball ini terbuat dari bahan aluminium yang berbentuk bulan dengan bagian pegangan jauh lebih kecil dibandingkan dengan bagian pemukulnya. Biasanya alat pemukul softball ini memiliki diameter 21/4 inch dengan panjang sekitar 34 inch atau 86.4 cm.

2. Bola (Ball).

Bola SoftballPeralatan selanjutnya dibutuhkan dalam permainan softball yaitu bola atau ball yang memiliki berat sekitar 6 sampai 7 ons. Untuk kelilingnya sendiri sekitar 11 7/8 sampai dengan 12 1/18 inch.

3. Sarung Tangan (Gloves).

Sarung Tangan SoftballSelanjutnya yaitu sarung tangan atau biasa disebut gloves yang memiliki ukuran besar. Untuk bahannya sendiri biasanya terbuat dari bahan kulit dan pada bagian antara jari telunjuk dan ibu jari terdapat anyaman. Fungsi dari anyaman tersebut yaitu untuk menahan bola agar tidak terlepas dari tangan saat ditangkap.

4. Helmet dan Body Protector.

Helmet dan Body Protector SoftballSesuai dengan namanya fungsi utama alat ini yaitu untuk melindungi bagian kepala dan juga tubuh pemain. Nah, untuk peralatan ini tidak digunakan oleh semua pemain melainkan hanya pada catcher atau penangkap bola saja.

5. Home plate.

Home plate SoftballUmumnya untuk bentuk dari home plate ini yaitu pipih dan terbuat dari bahan dasar karet atau kayu. Untuk warna home plate yang biasa digunakan dalam permainan softball yakni warna putih.

Teknik Dasar Permainan Softball:

Setiap olahraga pasti memiliki teknik dasar yang mana masing-masing memiliki fungsi yang berbeda-beda. Untuk teknik dasar dari permainan softball sendiri terbagi menjadi 3 bagian yakni menangkap, melempar dan juga memukul bola. Nah, untuk mengetahui lebih jelas tentang masing-masing teknik dalam permainan softball, simak beberapa ulasannya berikut ini.

Teknik Memegang Bola:

Tahukah Anda bahwa cara memegang bola pada permainan softball sangat tergantung dari besar kecilnya ukuran tangan pemain yang bertugas melempar bola. Nah, bagi para pemain yang memiliki ukuran tangan kecil dengan jari-jari yang pendek maka bola dipegang dengan menggunakan 3 sampai 4 jari saja. Perlu diingat, saat memegang bola tersebut, jari yang digunakan harus dalam kondisi renggang. Sedangkan untuk pemain yang memiliki ukuran tangan besar maka bisa menggunakan 2 jari saja.

Teknik Dasar Memukul:

Teknik Dasar Memukul SoftballPerlu diketahui bahwa dalam permainan softball terdapat teknik dasar pukulan yang mana terbagi menjadi dua. Apa saja itu? Untuk pukulan yang pertama yaitu pukulan swing yang mana dilakukan secara berpasangan. Cara melakukan pukulan ini sangat mudah, para pemain hanya perlu memegang tongkat pemukul dengan erat dan pastikan jangan sampai lepas. Selanjutnya posisikan tangan yang memegang alat pemukul tersebut di belakang bahu. Kemudian saat bola dilambungkan oleh pitcher maka ayunkan bat hingga mengenai bola yang dilemparkan.

Untuk pukulan selanjutnya yaitu sering disebut pukulan tumbuk atau bunt. Cara melakukannya hampir sama dengan jenis pukulan yang pertama yakni memegang tongkat yang digunakan untuk memukul menggunakan kedua tangan. Selanjutnya posisikan tangan yang memegang alat pemukul tersebut di belakang bahu. Saat bola dilemparkan pemain melangkahkan kaki bagian belakangnya ke arah depan. Kemudian untuk kedua tangan memegang bat memukulkan bola yang dilemparkan ke arahnya.

Setelah mempelajari tentang teknis dasar memukul dalam permainan softball kurang lengkap rasanya jika kita mempelajari bagaimana sikap teknik memukul. Dalam permainan softball sendiri terdapat beberapa sikap dalam teknik memukul, diantaranya yaitu:

  • Sikap Awal.
    Pada sikap awal ini pemain berdiri tempat pemukul dalam keadaan tenang dan rileks. Selanjutnya untuk posisi kaki direnggangkan selebar bahu tujuannya agar memudahkan untuk bergerak dan memukul bola saat dilemparkan. Untuk posisi badannya sendiri condong ke arah belakang dan untuk posisi awal untuk melakukan pukulan ini harus berada di bagian batter box. Jangan lupa untuk konsentrasi penuh agar dapat memukul bola yang diarahkan.
  • Gerakan.
    Selanjutnya yaitu untuk gerakannya sendiri yaitu stick yang digunakan untuk memukul nantinya dipegang menggunakan kedua tangan dengan erat. Bagian bahu depan dan juga belakang harus sejajar serta pandangan harus ke arah pelambung.Setelah bola diayunkan oleh pelempar maka ayunkan tangan dan waktu yang benar-benar tepat sesuai dengan datangnya bola. Saat bola dilemparkan pastikan mengayunkan stick hingga mengenai bola dengan tepat.
  • Sikap Akhir.
    Setelah melakukan pukulan maka badan harus melakukan gerakan selanjutnya searah dengan jalannya bola.

Teknik Melempar Bola:

Teknik Melempar Bola SoftballDalam melempar bosan soft sendiri terbagi menjadi tiga cara yakni melempar bawah, samping dan melempar atas. Untuk lebih jelasnya berikut ulasan lengkapnya:

Teknik Pemain Pitcher (Pelempar Bola)

Seperti yang diketahui bahwa dalam teknik melempar bola terbagi menjadi 3 cara. Untuk yang pertama yaitu melempar dengan ayunan tangan ke atas. Cara melakukannya pemain berdiri dengan menggunakan kaki kiri ke depan mengarah pada sasaran. Sedangkan kaki bagian kanan mengarah ke belakang. Untuk pandangannya sendiri tetap ke arah depan.

Selanjutnya tangan kanan memegang bola ke belakang. Untuk kaki belakangnya sendiri ditekuk sedikit dan kaki depan lurus serta badan lebih condong ke arah belakang. Kemudian ayunkan lengan ke arah depan sambil memutar pinggang dan memindahkan berak menjadi di depan. Setelah itu dilakukan lemparan yang diikuti dengan pemindahan kaki belakang ke arah depan.

Nah, selanjutnya cara melempar ke samping yang mana untuk tahapan awalnya masih sama dengan cara sebelumnya. Hanya saja untuk ayunan tangannya dari arah depan ke samping yang juga dibarengi dengan gerakan memutar pinggang. Satu lagi cara melempar bola yakni ayunan ke bawah yang mana untuk tahapan awalnya masih sama dengan cara pertama dan kedua. Namun, untuk cara yang ketiga untuk ayunan lengan yang memegang bola diarahkan ke depan dengan lutut direndahkan. Setelah itu bola dilepaskan dengan cara menggelinding atau mendatar di tanah.

Menangkap Bola:

Menangkap Bola SoftballSelanjutnya adalah teknik menangkap bola yang mana tidak kalah penting dengan teknik-teknik sebelumnya. Untuk teknik menangkap bola dalam permainan softball sendiri terbagi menjadi tiga teknik yakni:

  • Teknik menangkap bola lambung (catch fly ball).
  • Teknik menangkap bola gulir (catch ground ball).
  • Teknik menangkap bola gulir (catch ground ball)

Teknik Dasar Memegang Stik.

Teknik Dasar Memegang Stik SoftballDalam teknik memegang stik atau alat pemukul dalam permainan softball sendiri terbagi menjadi 3 cara. Cara yang pertama yaitu pegangan atas yang mana stik dipegang dengan posisi tangan berada 7 atau 10 cm dari knob. Kedua, pegangan tengah yakni dengan cara memegang stik pada posisi 2 atau 5 cm dari knob atau bonggolnya. Tujuan cara yang kedua ini yaitu untuk mendapatkan akurasi dan juga kekuatan saat memukul.

Terakhir, pegangan bawah. Untuk pegangan yang ketiga ini yaitu dengan cara stik dipegang dekat dengan knob atau bonggolnya. Tujuannya yaitu untuk meningkatkan kekuatan pukulan dan juga kekuatan pegangan.

Sliding:

Sliding Pada SoftballSelanjutnya sliding yang mana merupakan gerakan badan meluncur untuk mencapai base. Dalam permainan softball jumlah sliding ini ada berbagai macam pilihan. Diantaranya yaitu:

  • Sliding mengait/hook slide.
    Pelari tidak meluncur langsung ke arah base. Akan tetap pelari lebih ke arah samping agar bisa keluar atau ke bagian dalam.
  • Sliding lurus atau straight leg slide.
    Sliding yang dilakukan saat akan mendekati base sekitar 2 atau 3 meter. Pada saat meluncur seluruh badan kecuali bagian kepala menyentuh ke tanah dan untuk kedua kakinya diluruskan ke arah depan.
  • Slide dengan kepala dahulu atau head first slide.
  • Untuk sliding yang ketiga ini menggunakan kaki yang paling kuat dan menjatuhkan badan ke arah depan. Sedangkan untuk kedua tangannya mengayun ke arah depan guna menyentuh basenya.

Peraturan Permainan Softball:

Setelah membahas tentang pengertian hingga teknik dasar permainan softball, maka selanjutnya penting untuk mempelajari tentang peraturan permainannya. Dalam peraturan permainan softball sendiri terbagi menjadi beberapa bagian. Nah, agar lebih jelasnya berikut akan disajikan beberapa informasi singkat tentang peraturan dalam permainan softball. Diantaranya yaitu:

  • Pemain.
    Dalam permainan softball jumlah pemain yakni terdiri dari 9 orang pemain. Bagi pemain yang sudah ditarik keluar atau digantikan maka tidak boleh dimasukkan lagi.
  • Permainan.
    Selanjutnya dalam permainannya penentuan tim pemukul dan bertahan akan ditentukan dengan menggunakan cara melempar uang logam seperti permainan sepak bola. Permainan akan dianggap selesai juga sudah mencapai 7 inning dan apabila salah satu tim berhalangan datang maka akan dinyatakan kalah dengan skor 7-0. Untuk bola yang keluar lapangan out ke 3 base maka poin tidak dihitung.
  • Batting.
    Batting atau pemukul dikatakan mati apabila ia keluar dari batter box saat memukul bola. Untuk para pemukulnya sendiri harus urut sesuai dengan data yang sudah dikumpulkan pada pihak panitia penyelenggara.
  • Pitching.
    Untuk pitcher-nya sendiri terdiri dari pitcher plate yang mana bagian kedua kaki harus menyentuh bagian tersebut. Pandangan pitcher harus lurus ke arah batter dan harus memegang bola ketika akan melakukan pitching ke arah depan badan. Saat melakukan pelemparan bola setiap pitcher diizinkan untuk melakukan pergerakan satu langkah ke depan.
  • Strike.
    Saat permainan softball berlangsung strike yang sah itu ketika pemukul berhasil atau tidak memukul bola dari pitcher dan masuk ke arah strike zone ataupun tidak. Foul tape terjadi apabila berhasil ditangkap oleh catcher. Untuk foul ball terjadi apabila dari pukulan yang ketiga tidak tertangkap oleh pihak penjaga.
  • Ball.
    Ball dinyatakan apabila bola yang berasal dari pitcher tidak dipukul dan tidak masuk ke strike zone serta terjadinya illegal pitcher.
  • Fair ball.
    Sedangkan untuk fair ball dianggap sah apabila jatuh dan juga menyentuh area yang sah. Selain itu fair ball juga dianggap sah ketika menyentuh first, second, dan home plate.
  • Foul ball.
    Four ball dinyatakan terjadi apabila berhenti di daerah yang salah dan juga bola langsung terjatuh di daerah foul di atas first dan third base. Meskipun nantinya bola tersebut masuk kembali ke daerah fair.

Wasit (umpire) Softball:

Wasit (umpire) SoftballAda beberapa kewajiban yang harus dilakukan oleh wasit dalam permainan softball Diantaranya yaitu:

  1. Wasit minimal 1 dan 7 orang hakim dalam satu pertandingan.
  2. 3 orang hakim bertugas menjaga base umpire dan 1 orang lagi menjaga bagian plate umpire. Sedangkan sisanya 4 orang menjaga di bagian out field atau luar lapangan
  3. Sering disebut ‘Blue’ karena seragam yang digunakan selalu menggunakan warna biru.
  4. Berada di belakang batter guna untuk melihat bola tersebut ball atau strike.

Lihat juga: Ukuran Lapangan Softball

Nah, itu tadi sedikit ulasan atau penjelasan tentang permainan softball mulai dari pengertian, sistem permainan, peralatan hingga peraturannya. Dengan menyimak sedikit informasi di atas, semoga semakin menambah wawasan kita tentang permainan softball yang sangat populer di Amerika Serikat ini.