Ukuran Lapangan Futsal

Posted on

Ukuran Lapangan Futsal Standar Nasional & Internasional – Ada banyak sekali bentuk-bentuk bidang olahraga berupa permainan yang menyenangkan. Futsal pun menjadi salah satu diantara aktifitas berolahraga itu yang menyerupai pertandingan sepak bola.

Bahkan ada pula yang menyebut dengan nama mini soccer. Akan tetapi pada olahraga ini mempunyai ketentuan yang berbeda dari ukuran lapangan Futsal dan beberapa lainnya.

Ukuran Lapangan Futsal Standar Nasional & Internasional
Ukuran Lapangan Futsal Standar Nasional & Internasional

Olahraga yang satu ini telah diterapkan sejak lama, dan saat ini sudah tercover dalam pertandingan dalam level internasional. Olahraga yang digemari oleh para remaja putra dan memang untuk kaum pria ini seringkali dijumpai di berbagai arena seperti di gedung olahraga setempat atau yang disebut dengan GOR. Tempat ini pun telah mengcover bentuk dan karakteristik lapangan yang sesuai untuk pertandingan futsal. Hingga nantinya para pemain bisa lebih bermain dengan aturan dan ketentuan yang tepat.

Berolahraga Futsal ini tak akan berlangsung tanpa ada lawan yang seimbang. Di dukung pula oleh adanya spesifikasi arena bermain yang sesuai. Dimana pada ketentuan sekaligus peraturan tersebut mencakup ukuran lapangan Futsal dan lainnya berikut ini perpustakaan.id berbagi dengan Anda.

Ukuran Lapangan Futsal:

  • Panjang : 25-42 meter (Nasional) dan 38-42 (Internasional).
  • Lebar : 15-25 meter (Nasional) dan 18-25 (Internasional).
  • Jari jari Lingkaran di bagian tengah : 3 meter.
  • Tinggi gawang Futsal : 2 meter.
  • Lebar Gawang Futsal : 3 meter.
  • Lebar Garis (Garis Tengah, Garis Samping dan garis gawang):
    Garis batas antara garis melintang pada bagian tengah lapangan, garis gawang di titik ujung dan di sisi gawang lebarnya 8 cm.

Gambar Lapangan Futsal:

Gambar Lapangan Futsal
Gambar Lapangan Futsal

Titik penalti Futsal:

Titik Penalti Futsal

Ukuran Garis Gawang atau Wilayah Kiper dalam jangkauan busur dengan jari jari 6 meter atas tiang gawang pada masing-masing tim, untuk ukuran titik penaltinya berikut ini.

  • Titik pinalti yang pertama dari posisi tengah tepat di garis gawang dalam jangkauan 6 meter.
  • Titik kedua berjarak 10 meter dari titik pertengahan garis gawang itu.

Area Pergantian Pemain :

Area Pergantian PemainUntuk pergantian pemain ada aturan yaitu pemain yang diganti harus keluar lapangan terlebih dahulu kemudian pemain pengganti masuk lapangan. Kalau terjadi kesalahan maka wasit akan memberikan hukuman kepada pemain tersebut, untuk daerah pergantian pemain berikut ini detailnya.

  • Berjarak 5 meter dari garis tengah.
  • Lebar daerah pergantian : 5 meter.
  • Lebar garis : 8 cm.
  • Panjang Garis pembatas : 80 cm (40 cm masuk ke areah lapangan dalam dan 40 cm di aerah luar).

Daerah Bebas :

Daerah BebasBerfungsi sebagai tempat wasit ketiga untuk melihat jalannya pertandingan dan pencatatan waktu. Dalam tempat ini terdapat meja yang jaraknya minimal 2 meter dari garis tepi lapangan, untuk ukurannya masing masing 5 meter dari garis tengah lapangan.

Area Tendangan Sudut :

Terletak pada titik ujung lapangan sebelah kanan dan kiri dari masing masing penjaga gawang. Pada ujung lapangan biasanya diberi lingkaran dengan jari jari 25 cm.

Jenis Lapangan Futsal :

Lapangan Futsal mempunyai jenis lantai yang berbeda beda, semua mempunyai kelebihan dan kekurangan masing masing.

  • Vinyl.
    Jenis lantai yang mempunyai tiga lapisan berupa compact layer, lapisan glass fiber dan lapisan printing layer. Untuk ketebalannya bervariasi mulai dengan tebal 5, 6 dan 8 mm, tipe lantai ini sangat bagus karena lebih aman bagi pemain ketika terjatuh tidak menyebabkan luka karena permukaannya halus dan empuk.
  • Rumput Sintetis.
    Lantai lapangan futsal yang terbuat dari serat sintetis kemudian dibentuk sedemikian rupa sehingga menyerupai rumput alami.
  • Polypropylene.
    Lantai lapangan futsal yang bahannya terbuat dari polimer termo-plastik. Bentuk lantainya seperti keramik namun bahannya tidak keras dan juga dapat dipindah.

Jumlah Pemain Futsal :

  • Pemain Utama : 5 orang di setiap kelompok.
  • Jumlah pemain cadangan : paling banyak 7 orang tanpa ada limit dalam pergantian pemain lama dengan yang baru.

Wasit Futsal :

  • Wasit 1 dan 2 berada di luar garis, jika ada permasalahan berupa pelanggaran, wasit dipersilahkan masuk ke arena lapangan.
  • Wasit 3 berada di meja daerah bebas untuk mencatat waktu dan mengawasi pertandingan.

Waktu Pertandingan Futsal :

  • Lama pertandingan 2 x 20 menit.
  • Waktu istirahat 10 menit dan ada perpanjangan untuk bermain untuk hasil dari dua kali bertanding.
  • Timeout : Setiap regu mendapatkan kesempatan untuk meminta timeout sebanyak 1 kali dalam tiap babak dengan durasi timeout 1 menit.

Terdapat beberapa ketentuan yang berbeda dari sepak bola meskipun futsal mirip sekali dengan olahraga tersebut. Titik-titik perbedaan tersebut tak membuat permainan ini dipermasalahkan, bahkan lebih diminati dengan alasan tertentu. Dimana jumlah yang lebih sedikit dari pemain, waktu tanding hingga ukuran lapangan Futsal tersebut dapat menarik perhatian tersendiri.

Baca juga : Cara Menyundul Bola Yang Baik dan benar

Bahkan tak sedikit pula yang telah terjun ke dalam pertandingan ini sebagai salah satu olahraga favorit. Tentunya sebagai prioritas masing-masing oleh pihak bersangkutan yang umumnya para remaja putra, bahkan anak-anak kecil pun menyukai olahraga ini.

Ukuran Lapangan Futsal di atas merupakan standar nasional dan Internasional, semoga artikel tersebut dapat bermanfaat untuk Anda yang ingin mengetahui ukuran lapangan futsal baik untuk membangun lapangan atau hanya sekedar menambah pengetahuan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *