Ukuran Lapangan Tenis Meja

Posted on

Ukuran Lapangan Tenis Meja Standar Nasional Internasional Beserta Gambarnya – Permainan tenis meja dibuat oleh orang Inggris pada abad ke-19. Permainan ini banyak dimainkan oleh orang kelas atas yakni setelah jamuan makan malam. Olahraga jenis permainan ini biasanya dimainkan secara indoor. Sebelumnya banyak nama yang disematkan sebelum menjadi nama ping-pong dan tenis meja.

Ukuran lapangan tenis meja standar nasional internasional tidaklah luas sehingga bisa ditempatkan secara indoor. Permainan ini sudah mendunia dan banyak diadakan turnamen tingkat internasional. Di Indonesia permainan ini memiliki induk dengan nama PTMSI (Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia).

Permainan ini tidak banyak di praktekkan di sekolah-sekolah kecuali untuk ekstrakurikuler dan itupun terbatas hanya sebagian kecil sekolah saja yang mengadakannya. Permainan ini menggunakan raket dan bola kecil yang mana dinamakan bola ping-pong.

Selain membahas ukuran lapangan tenis meja standar nasional internasional juga akan dibahas ukuran bet dan juga bola yang digunakan. Berikut ini adalah penejelasan ukuran meja lapangan tenis meja yang perpustakaan.id ambil dari sumber wikipedia:

Ukuran Lapangan Tenis Meja :

Meja Ping Pong terbuat dari bahan kayu yang jenisnya multiplek, untuk standarnya dapat diukur dengan pantulan yang dihasilkan dari bola ping pong yang dijatuhkan dari ketinggian 30 cm dan akan menghasilkan pantulan dengan ketinggian 23 cm. Berikut

  • Lebar : 152,5 cm.
  • Panjang : 274 cm.
  • Tinggi : 76 cm.
  • Tebal : Kurang lebih 15 mm

Ukuran Net Tenis Meja :

  • Panjang Net : 183 cm.
  • Lebar / Tinggi Net : 15,25 cm.
  • Jarak Meja Ke Tiang atau net overhanging : 15,25 cm.
  • Luas Net = 2790.75 cm persegi.

Gambar Tenis Meja:

Ukuran Lapangan Tenis Meja Standar Nasional Internasional
Ukuran Lapangan Tenis Meja Standar Nasional Internasional (wikipedia)

Ukuran Bola Tenis Meja:

Bola Tenis Meja
@wikipedia

Bola yang digunakan dalam permainan ini biasanya adalah bola dengan warna putih atau oranye yang mana memiliki diameter 40 mm dengan berat yakni 2,7 gram. Bola yang baik yakni dijatuhkan dari ketinggian 30,5 cm maka pantulan pertamanya setinggi 25-26 cm.

  • Diameter : 40 mm.
  • Berat : 30,5 gram.
  • Warna : Putih dan Orange.
  • Bahan : Selulosa tipe ringan.

Untuk mengetahui bola yang baik untuk digunakan dalam permainan tenis meja yakni dengan melihat tanda bintang yang ada pada cap bola. Tanda bintang ada antara 1 sampai 3, semakin banyak maka semakin bagus kualitasnya.

Ukuran Bet Tenis Meja :

Ukuran Bet Tenis Meja
@sharingconten.com

Ukuran Bet yang tidak ditentukan namun memang untuk bentuk bet tenis meja yang benar yakni datar pada daun raketnya dan tentunya kaku. setidaknya pada daun raket 85% mengandung kayu dan bisa diperkuat dengan menggunakan bahan lain seperti serat karbon, serat kaca, atau kertas yang dipadatkan.

  • Lebar : 150 mm.
  • Panjang tipe Short Handle : 240 mm.
  • Panjang tipe Long Handle : 260 mm.
  • Bahan : Karet, serat karbon, serat kaca, dan Kayu.

Nah, pada raket ini harus dilapisi dengan karet yang dilapisi lem untuk merekatkan. Lem yang digunakan tidak boleh lebih dari 2 mm dan jika karet tipis maka dilapisi dengan spons. Sebelum permainan dilangsungkan biasanya pemain akan menyerahkan raketnya pada wasit untuk diperiksa.

Permainan tenis meja ini hanya dilakukan oleh dua tim. Permainan hampir mirip dengan voli yang mana menggunakan net, namun teknik yang digunakan berbeda, meskipun prinsipnya sama bahwa bola harus bisa melewati net untuk bisa aman dan terus bermain.

Lihat juga: Teknik Dasar Tenis Meja

Ukuran lapangan tenis meja standar nasional internasional ini memang menjadi patokan untuk ukuran meja di semua negara dan kebanyakan juga menggunakan ukuran standar untuk membuat meja untuk permainan ini. semoga artikel diatas membantu anda untuk mengetahui ukuran lapangan yang digunakan untuk permainan tenis meja.

Baca juga : Macam – Macam Permainan Bola Kecil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *