Permainan Bola Besar

Posted on
Permainan Bola Besar
Permainan Bola Besar

Macam Macam & Pengertian Permainan Bola Besar – Permainan bola dibagi menjadi dua jenis yaitu permainan bola besar dan permainan bola kecil, kedua jenis permainan tersebut termasuk kedalam permainan bola yang banyak dilakukan oleh para penggemar olahraga dan kerap kali dimasukkan dalam turnamen – turnamen besar tingkat nasional maupun tingkat internasional.

Bagi anda penggemar olah raga bola tentunya harus sudah paham mengenai macam macam permainan bola besar maupun permainan bola kecil, nah kali ini akan dibahas mengenai permainan bola besar yang biasanya banyak masuk dalam turnamen atau liga olahraga.

Beberapa permainan bola besar memiliki kriteria dan peraturan yang berbeda – beda hal ini merupakan suatu bentuk keragaman jenis olahraga dalam satu objek utamanya adalah bola besar, berikut perpustakaan.id bagikan untuk Anda.

Pengertian Permainan Bola Besar:

Permainan bola besar adalah Sebuah permainan Olahraga yang menggunakan peralatan Bola dengan ukuran yang besar seperti permainan Sepak bola, Bola voli, Bola basket, Futsal, Polo Air, Bowling, Bola Tangan.

Macam macam permainan bola besar ini memang sangat menarik untuk dimainkan baik permainan yang hanya melibatkan satu pemain ataupun permainan yang melibatkan banyak anggota dalam tim dimana dalam satu permainan terdapat dua tim untuk saling memperebutkan kejuaraan. Berikut akan dibahas lebih jelas mengenai macam macam permainan bola besar yang ada, yaitu:

10 Permainan Bola Besar Beserta Gambarnya :

Berikut macam macam permainan bola besar yang dirangkum dari beberapa sumber terpercaya.

1. Permainan Bola Besar Sepak bola.

Macam Macam Permainan Bola Besar
Macam Macam Permainan Bola Besar Sepak Bola

Sepak bola adalah permainan yang paling banyak digemari oleh para pecinta olah raga baik tua maupun muda bahkan biasanya juga tidak memandang gender. Permainan Sejarah sepak bola hampir dilakukan diseluruh negara yang ada didunia dengan jumlah pemain 11 orang. Pada prinsipnya sepak bola merupakan permainan yang bertujuan untuk menciptakan gol sebanyak banyaknya kegawang lawan.

Permainan ini dilakukan di lapangan dengan ukuran panjang antara 100-120 m dan lebar 65-75 m. Biasanya permainan ini memiliki waktu atau durasi permainan 2×45 menit ditambah dengan waktu istirahat yaitu 15 menit. Dalam permainan terdapat banyak peraturan yang membatasi permainan agar berjalan lancar, peraturan tersebut akan diawasi dan dijalankan oleh wasit dengan Induk Organisasinya adalah FIFA.

2. Bola voli.

Macam Macam Permainan Bola Besar Bola Voli
Macam Macam Permainan Bola Besar Bola Voli (olympic.org)

Permainan bola voli merupakan permainan yang prinsipnya hampir sama dengan bulu tangkis dimana tim pemain yang terdiri dari dua tim dibatasi wilayahnya oleh net sebagai pembatas wilayah permainan, bola voli dilakukan oleh 6 orang untuk setiap timnya dimana setiap anggota yang ada di lapangan memiliki tugas tersendiri.

Permainan ini termasuk kedalam permainan yang cukup populer, sangat lazim dimainkan oleh pria maupun wanita. Untuk Induk Organisasi Voli adalah FIVB untuk Internasional, sedangkan Nasional adalah PBVSI.

Lihat juga: Ukuran Lapangan Bola Voli

3. Bola basket.

Macam Macam Permainan Bola Besar Bola Basket
Macam Macam Permainan Bola Besar Bola Basket (madison.com)

Permainan bola basket merupakan permainan yang cukup bergengsi dikalangan olah raga bola besar, permainan ini dimainkan oleh lima orang untuk setiap anggota dalam tim dimana untuk sekali permainan dimainkan oleh dua tim.

Bola basket pertama kali dipopulerkan oleh bangsa amerika namun lama kelamaan menjadi populer hingga benua asia salah satunya adalah negara indonesia. Permainan ini memiliki prinsip tujuan memasukkan bola kedalam ring basket lawan.

Induk Organisasi Basket tingkat Nasional adalah PERBASI sedangkan untuk Induk organisasi Internasional adalah Federation Internationale de Basketball (FIBA).

4. Futsal.

Permainan FutsalFutsal termasuk dalam permainan olahraga bola besar karena jenis bola yang digunakan berukuran besar atau berdiameter 62-64 cm. Dalam pertandingan futsal terdapat dua tim yang terdiri dari 5 orang pemain utama atau yang bermain di lapangan. Pertandingan pertama Futsal dilakukan di Uruguay pada tahun 1930. Induk organisasinya FIFA, sedangkan tingkat Nasional FFI (Federasi Futsal Indonesia)

5. Polo Air.

Permainan Polo AirOlahraga Polo Air merupakan olahraga gabungan dari permainan Basket, Sepakbola, berenang hingga olahraga Gulat. Karena dalam pelaksanaanya semua gerakan tersebut harus dilakukan, mulai dari berenang, berebut dan memasukkan bolanya kedalam gawang. Untuk tiap tim terdiri dari 1 orang kiper dan 6 pemain.

6. Bowling.

Permainan Bowling
@wikimedia.org

Permainan ini terlihat mudah, namun sebenarnya membutuhkan konsentrasi tinggi. Karena saat bermain sang pemain harus berkonsentrasi untuk menjatuhkan 10 pin yang ada dengan 1 bola yang digelindingkan. Dalam organisasinya permainan ini dibawah naungan World Bowling yang didirikan di Hamburg, Jerman. Lihat juga 43 Permainan Tradisional Indonesia.

7. Permainan Bola Besar Bola Tangan.

Bola Tangan
@insidethegames.biz

Bola Tangan adalah olahraga yang mirip dengan Sepakbola, namun dalam melakukan pemindahan bola dilakukan menggunakan tangan. Sedangkan untuk jumlah pemain sebanyak 7 orang pemain utama dalam setiap regu atau tim, untuk Induk Organisasi Bola Tangan Internasional adalah International Handball Federation.

8. Permainan Voli Pantai.

Permainan Voli Pantai

Permainan voli pantai mempunyai beberapa perbedaan dengan permainan voli, mulai dari lapangan yang digunakan. Sesuai dengan namanya, permainan ini dilakukan di pantai dengan lapangan pasir pantai.

Kemudian jumlah pemain voli pantai hanya 2 pemain setiap regunya dan tidak ada pergantian pemain, sedangkan jumlah pemain bola voli ada 10 pemain dengan 6 pemain inti dan 4 pemain cadangan.

Untuk posisi pemain pada voli pantai tidak ditentukan, kedua pemain dalam satu regu harus mempunyai kemampuan untuk melakuan servis dan smash dengan baik, sedangkan untuk pemain bola voli biasanya mempunyai spesialisasi di lapangan seperti ada yang bertugas menjadi libero, spiker, dan tosser. Untuk tekanan bola pada voli pantai lebih rendah yaitu 171-221 mbar sedangkan permainan voli 294,3 – 318,82 mbar.

9. Sepak Bola Pantai.

Permainan Sepakbola Pantai

Sepak bola pantai secara resmi mulai digulirkan pada tahun 1995, hingga saat ini negara yang berhasil menjadi juara terbanyak piala dunia Sepakbola pantai adalah Brasil dengan 14 Gelar juara.

Ukuran lapangan sepakbola pantai untuk lebarnya 28 meter dan panjangnya 37 meter. Dalam pertandingan jumlah pemain yang berada di lapangan masing masing 5 pemain setiap regu yang terdiri dari 1 kiper dan 4 pemain, dalam pertandingan ini jumlah pergantian pemain tidak dibatasi.

10. Permainan Rugby.

Permainan Rugby

Permainan ini hampir sama dengan sepakbola yaitu memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak mungkin. Namun yang membedakannya, dalam permainan sepakbola pemain dilarang menggunakan tangan untuk membawa bola ke gawang lawan. Sedangkan pada Rugby pemain dapat menggunakan tangan untuk melontarkan bola ke gawang lawan.

Dalam setiap pertandingan setiap tim mempunyai total 22 pemain, 8 pemain sebagai penyerang, 7 pemain bertahan dan 7 pemain cadangan. Karena dalam setiap pertandingan pemain yang berada di lapangan sebanyak 15 pemain setiap regu.

Permainan ini cukup unik, karena penentuan nomor punggung tertentu yaitu untuk nomor punggung 1-8 adalah pemain penyerang dan nomor 9-15 adalah pemain bertahan.

Baca juga : Macam Macam Permainan Bola Kecil & Penjelasannya

Macam macam permainan bola besar di atas merupakan yang sering dimasukkan kedalam turnamen atau liga olah raga. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan Anda sebagai pembaca. Salam olah raga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *