Bola Tangan

Posted on
Bola Tangan

Bola tangan adalah salah satu dari sekian jenis cabang olahraga yang menggunakan bola dalam permainannya. Olahraga ini memang belum begitu populer di Indonesia namun, sangat populer di negara-negara Eropa, Amerika Serikat, Australia, Asia Timur, Brazil juga beberapa negara di Afrika.

Cara memainkan permainan ini memiliki kemiripan dengan permainan sepak bola. Perbedaannya hanya pada sepak bola dimainkan dengan menggunakan kaki sementara bola tangan dimainkan dengan menggunakan tangan dan jumlah pemain lebih sedikit jika dibandingkan dengan sepak bola. Untuk mengetahui lebih lanjut olahraga ini, berikut kami sajikan uraian lengkapnya.

Pengertian Bola Tangan

Pengertian bola tangan adalah sebuah cabang olahraga bola besar beregu yang saling berlawanan satu sama lainnya yang mana pada satu tim terdiri atas 7 pemain inti yang terdiri dari 6 pemain dan 1 penjaga gawang, serta beberapa pemain cadangan. Selain pengertian secara umum, ada juga beberapa pengertian dari para ahli diantaranya:

  • Haris (1991), mendeskripsikan bola tangan sebagai bentuk gabungan atau modifikasi antara sepak bola dan bola basket
  • Lutan (1998), mendeskripsikan bola tangan sebagai permainan yang memiliki irama cepat dan melibatkan dua tim dengan komposisi pemain terdiri dari 7 orang dimana masing-masing memiliki tugas seperti mengoper, melempar, menangkap dan mendribel menggunakan tangan sembarang berusaha menciptakan gol ke gawang lawan
  • Mahendra (2000), mendeskripsikan bola tangan sebagai permainan yang memerlukan gerak cepat seperti dalam permainan bola basket yakni kemampuan dalam berlari cepat, serta lari sembari mengubah arah dengan melempar, melompat dan bergerak eksplosif

Sejarah Bola Tangan

Sejarah bola tangan sudah ada sejak zaman Yunani Kuno yakni pada 130-200M. pada zaman dahulu olahraga ini lebih dikenal dengan sebutan Urania, dengan peraturan dan cara bermain yang memiliki sedikit perbedaan dengan olahraga bola tangan yang ada saat ini.

Olahraga ini memiliki usia paling tua bahkan jauh sebelum olahraga bola kaki ditemukan, dan telah berkembang cukup pesat baik di Indonesia maupun di seluruh dunia.

Sejarah Bola Tangan Dunia :

Olahraga ini mulai berkembang di Jerman pada abad ke 11 Masehi, dipopulerkan oleh seorang pria bernama Walther Von Der Vgelweide dengan sebutan Fangballspiel dan masih dilakukan oleh 11 pemain. Lantas pada abad ke 14 Masehi permainan ini tersebar dengan cepat ke berbagai negara di benua Eropa serta Amerika.

Pada abad ke 17 Masehi permainan ini telah dimainkan di Denmark dan Perancis serta suku Eskimo yang merupakan penduduk asli Amerika Serikat. Puncaknya pada abad ke 19 Masehi dilakukan perubahan pada peraturan yang mana jumlah pemain dikurangi menjadi 7 orang serta namanya yang diubah menjadi bola tangan lapangan. Perubahan-perubahan ini dipelopori oleh orang Jerman yang bernama Hirscman dan Dr. Karl Schelenz yang sekaligus dikenal sebagai penemu olahraga bola tangan lapangan modern.

Perkembangan olahraga ini semakin tersebar ke seluruh dunia, yang tampak dari banyaknya kompetisi-kompetisi yang diselenggarakan secara resmi. Kemudian dibentuklah induk federasi dari bola tangan dunia pada tahun 1946 dengan nama International Handball Federation (IHF), sekaligus pengadaan kejuaraan bola tangan di tahun 1954. Organisasi ini tercatat telah memiliki jumlah anggota sebanyak 160 negara.

Sejarah Bola Tangan Indonesia

Sedangkan di Indonesia sendiri sebenarnya sudah dimulai sejak zaman penjajahan Belanda namun tidak banyak orang yang tahu. Olahraga ini pernah diikutkan pada kejuaraan PON ke 2 di Jakarta pada tahun 1951 dan hanya diikuti oleh 4 grup yakni Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Federasi Bola Tangan Asia telah dibentuk pada saat Asian Games di Taheran pada tahun 1974, kemudian didirikan secara resmi di Kuwait pada tahun 1979. Sayangnya Indonesia belum memiliki organisasi induk yang menaungi olahraga ini.

Ukuran Lapangan Bola Tangan :

Ukuran lapangan bola tangan memiliki aturan resmi seperti halnya olahraga yang lain. Ukurannya hampir mirip dengan lapangan futsal dan dapat dimainkan di dalam ruangan (indoor) maupun di luar ruangan (outdoor), namun untuk kejuaraan resmi dilakukan di dalam ruangan. Berikut ukuran lapangan Bola Tangan:

  • Panjang : 40 meter.
  • Lebar 20 meter.
  • Wilayah freethrow atau lemparan bebas memiliki jarak : 9 meter
  • Goal line : 6 meter.
  • Jarak titik penalti : 7 meter.
  • Pada bagian tengahnya terdapat lingkaran dengan radius 9,15 meter yang mana pada bagian tengahnya terdapat titik awal lemparan permainan.
  • Di setiap sudut lapangan harus dilengkapi dengan bendera yang memiliki tinggi 1,5 meter.

Gambar Lapangan Bola Tangan :

Ukuran Lapangan Bola Tangan
@tutorialspoint.com

Ukuran Gawang Bola Tangan

Tiang gawang terbuat dari bahan kayu dengan lebar 12,5 cm serta dilengkapi jaring, untuk ukuran gawang bola tangan memiliki lebar 7,32 m yang dihitung dari sebelah dalam tiang gawang dan tinggi 2,44 m yang dihitung dari sebelah dalam mistar gawang, berikut ini detailnya :

  • Tinggi : 2 meter.
  • Lebar : 3 meter

Ukuran Bola Tangan dan Beratnya :

Bentuk bola dalam permainan bola tangan berbentuk bulat, memiliki tekstur berbintik sehingga tidak licin dan tidak mengkilap, dan hanya memiliki satu warna. Lapisan luar dari bola berbahan kulit, karet atau bahan lain yang sesuai. Ukuran bola tangan dan jenis materialnya yang digunakan memiliki beberapa kriteria sebagai berikut:

  • Ukuran Bola Tangan Putra Usia 16 tahun keatas :
    Diameter 58-60 cm dan berat 425-475 gram
  • Untuk putri berusia 14 tahun keatas serta putra berusia 12-16 tahun :
    Diameter 54-56 cm dan berat 325-375 gram
  • Untuk putri berusia 8-14 tahun serta putra berusia 8-12 tahun :
    Diameter 50-52 cm dan berat 290-330 gram

Gambar Gawang Bola Tangan :

Ukuran Gawang Handball
@tutorialspoint.com

Peraturan Permainan Bola Tangan

Dalam permainannya terdapat peraturan yang harus dimengerti dan dipatuhi oleh setiap pemain, berikut peraturannya :

Jumlah Pemain Bola Tangan.

  • Dalam satu tim memiliki pemain sebanyak 14-16 orang yang mana 7 orang merupakan pemain inti dan sisanya adalah pemain cadangan. Seperti halnya sepak bola, permainan ini dilakukan dalam 2 babak dengan durasi 35 menit untuk putra dan 30 menit untuk putri pada masing-masing babaknya. Wasit yang bertugas mengatur jalannya pertandingan hingga akhir adalah 2 orang.

Selain peraturan terkait teknis, ada beberapa peraturan permainan bola tangan yang harus dipatuhi selama jalannya pertandingan diantaranya:

  • Bagi penjaga gawang, boleh melempar dengan berbagai cara dan membawa bola di sekitar wilayahnya saja dan akan terkena hukuman jika membawanya ke luar wilayah, serta tidak boleh menahan bola selama 3 detik. Bola yang berada di area gawang merupakan hak dari penjaga gawang
  • Pemain bertahan, dilarang memasuki area penjaga gawang, dan jika itu terjadi maka hukumannya adalah lemparan 14 meter
  • Lemparan sudut akan dilakukan apabila bola keluar lapangan permainan
  • Gol, terjadi apabila seluruh bagian atau lebih banyak bagian bola yang melewati garis dan ketika gol terjadi permainan akan dimulai kembali pada titik permainan awal
  • Offside, terjadi apabila terdapat 7 pemain bertahan termasuk kiper sedangkan posisi bola dalam penguasaan tim bertahan, terdapat 6 pemain penyerang saat posisi bola ada di tim penyerang
  • Pelanggaran, terjadi apabila mendribel bola lebih dari 3 kali, memegang bola namun tidak bergerak selama 3 detik, melempar bola dan menangkapnya kembali sebelum ada sentuhan dari lawan ataupun teman. Pelanggaran juga terjadi jika secara sengaja melempar bola ke pemain lawan, memasuki wilayah kiper. Dan melakukan hal-hal yang cenderung pada kekerasan.

Baca juga: Macam macam Permainan Bola Kecil

Teknik Dasar Bola Tangan :

Tidak jauh berbeda dengan permainan bola basket, teknik dasar bola tangan juga terdiri dari passing atau mengoper bola , dribble atau menggiring bola, catching atau menangkap bola, dan shooting atau menembak bola serta teknik defense atau bertahan.

  • Teknik passing.
    Dilakukan dalam upaya mengontrol bola. Dengan adanya teknik ini variasi serangan dapat dibuat sehingga mampu mencetak angka. Teknik ini terdiri dari dua jenis yakni dengan menggunakan satu tangan dan menggunakan dua tangan.
    Passing dengan menggunakan satu tangan terdiri dari gerakan melompat, operan samping, dan operan belakang, sementara passing dengan menggunakan dua tangan dilakukan guna menangkap operan setinggi dada, untuk operan atas kepala, operan pantulan, ayunan bawah serta operan yang bergulir di tanah.
  • Teknik dribbling.
    Dilakukan dalam upaya membawa bola ke area pertahanan lawan dengan berlarian di lapangan sembari membawa bola. Dribbling yang bagus membutuhkan kemampuan tangan yang elastis serta tidak kaku sehingga akan lebih mudah saat memantulkan bola.
  • Teknik catching.
    Dilakukan dalam upaya penyerangan ataupun bertahan dari serangan musuh sekaligus merupakan teknik dasar yang harus dimiliki setiap pemain bola tangan. Teknik ini membutuhkan insting yang tinggi baik itu pada bola tinggi, rendah, ataupun pendek sehingga diperlukan latihan keras agar kerja sama tim menjadi lebih kompak.
  • Teknik shooting.
    Merupakan teknik yang paling efektif dilakukan dalam upaya mencetak angka ke gawang lawan. Teknik ini memerlukan tenaga yang kuat sehingga biasanya dilakukan oleh para pemain yang berada di garis depan dengan lemparan yang kuat.
    Teknik ini memiliki berbagai jenis diantaranya jump shoot dengan melompat, standing throw shot dengan menendang sekencang-kencangnya, side shot dengan tendangan menyamping, the dive shot dengan membelakangi gawang dan melompat, reverse shot dengan membalikkan tubuh dan flying shot dengan melompat bertumpu kaki kiri.
  • Teknik defense.
    Dilakukan dalam upaya menghadang pergerakan lawan. Teknik ini membutuhkan konsentrasi dan taktik, tubuh yang besar dan fisik yang kuat serta stamina ekstra.

Cara Bermain Bola Tangan

Seperti halnya sepak bola yang hanya boleh melakukan dribble dengan kaki, cara bermain bola tangan juga hanya bisa dilakukan dengan menggunakan tangan. Bola hanya boleh menyentuh daerah tangan, kepala, badan, paha dan lutut, selain itu bola harus dipantulkan atau dilempar ke pemain lain setelah pemain yang memegang bola berjalan maksimal 3 langkah. Kemudian menahan bola hanya bisa dilakukan selama 3 detik.

Baca juga : Macam macam permainan Bola Besar

Demikian adalah informasi terkait olahraga bola tangan, banyak manfaat yang bisa diperoleh dari permainan ini diantaranya meningkatkan ketahanan kardiovaskular, menjaga kesehatan jantung, membakar kalori serta lemak yang ada dalam tubuh, meningkatkan fokus dan rasa percaya diri, menjaga badan agar tetap prima, serta masih banyak lagi manfaat-manfaat lainnya.