Ukuran Lapangan Futsal Standar Nasional & Internasional Beserta Gambarnya

Ukuran Lapangan Futsal Standar Nasional & Internasional – Ada banyak sekali bentuk-bentuk bidang olahraga berupa permainan yang menyenangkan.Futsal pun menjadi salah satu diantara aktifitas berolahraga itu yang menyerupai pertandingan sepak bola. Bahkan ada pula yang menyebut dengan nama mini soccer. Akan tetapi pada olahraga ini mempunyai ketentuan yang berbeda dari ukuran lapangan Futsal dan beberapa lainnya.

Ukuran Lapangan Futsal Standar Nasional & Internasional

Ukuran Lapangan Futsal Standar Nasional & Internasional

Olahraga yang satu ini pun telah diterapkan sejak lama, meskipun belum tercover dalam pertandingan dalam level internasional. Olahraga yang digemari oleh para remaja putra dan memang untuk kaum pria ini seringkali dijumpai di berbagai arena seperti di gedung olahraga setempat atau yang disebut dengan GOR. Tempat ini pun telah mengcover bentuk dan karakteristik lapangan yang sesuai untuk pertandingan futsal. Hingga nantinya para pemain bisa lebih bermain dengan aturan dan ketentuan yang tepat.

Berolahraga Futsal ini tak akan berlangsung tanpa ada lawan yang seimbang. Di dukung pula oleh adanya spesifikasi arena bermain yang sesuai. Dimana pada ketentuan sekaligus peraturan tersebut mencakup ukuran lapangan Futsal dan lainnya berikut ini.

Ukuran Lapangan Futsal Standar Nasional & Internasional :

• Luas lapangan pada panjang 25-43 meter dan lebarnya 15-25 meter
• Area pertandingan di permukaan yang rata atau tak abrasit
• Ada garis batas antara garis melintang pada bagian tengah lapangan, garis gawang di titik ujung dan di sisi gawang dalam lebar 8 cm.
• Luas lingkaran di bagian tengahnya ialah 3 meter.
• Wilayah penalti dalam jangkauan busur dengan luas 6 meter atas tiang gawang pada masing-masing kelompok. Kemudian titik pinalti yang pertama dari posisi tengah tepat di garis gawang dalam jangkauan 6 meter dan titik kedua berjarak 10 meter dari titik pertengahan garis gawang itu.
• Tinggi gawang 2 meter dan lebarnya ialah 3 meter
• Jumlah pemain 5 orang di setiap kelompok, jumlah pemain cadangannya paling banyak 7 orang tanpa ada limit dalam pergantian pemain lama dengan yang baru.
• Wasit ada dua yang berada di luar garis, jika ada permasalahan berupa pelanggaran, wasit dipersilahkan masuk ke arena lapangan.
• Lama pertandingan 2 x 20 menit dengan waktu istirahat 10 menit dan ada perpanjangan untuk bermain untuk hasil dari dua kali bertanding.

Ukuran Lapangan Futsal Standar Nasional & Internasional

Ukuran Lapangan Futsal Standar Nasional & Internasional

Terdapat beberapa ketentuan yang berbeda dari sepak bola meskipun futsal mirip sekali dengan olahraga tersebut.Titik-titik perbedaan tersebut tak membuat permainan ini dipermasalahkan, bahkan lebih diminati dengan alasan tertentu. Dimana jumlah yang lebih sedikit dari pemain, waktu tanding hingga ukuran lapangan Futsal tersebut dapat menarik perhatian tersendiri.

Baca juga : Teknik Cara Menyundul Bola Yang Baik dan benar

Bahkan tak sedikit pula yang telah terjun ke dalam pertandingan ini sebagai salah satu olahraga favorit. Tentunya sebagai prioritas masing-masing oleh pihak bersangkutan yang umumnya para remaja putra, bahkan anak-anak kecil pun menyukai olahraga ini.

Ukuran Lapangan Futsal di atas merupakan standar nasional dan Internasional, semoga artikel tersebut dapat bermanfaat untuk Anda yang ingin mengetahui ukuran lapangan futsal baik untuk membangun lapangan atau hanya sekedar menambah pengetahuan Anda.

Ukuran Lapangan Futsal Standar Nasional & Internasional Beserta Gambarnya | perpus | 4.5