10 Sejarah Dunia yang Hilang Patut Kamu Ketahui

Sejarah Dunia Yang Hilang
Sejarah Dunia Yang Hilang (salimarima.blogspot.com)

Perpustakaan.id – Dunia yang sangat luas ini menyimpan banyak sekali misteri sampai saat ini belum terpecahkan. Hal ini tentunya membuat rasa penasaran yang semakin tinggi terutama bagi Anda pecinta dunia sejarah dan memiliki rasa ingin tahu tinggi terhadap peradaban dunia. Berbicara tentang peradaban dunia, ternyata banyak orang yang belum tahu bahwa ada beberapa kota yang pernah dikenal dunia, namun saat ini telah menghilang begitu saja tanpa meninggalkan jejak sedikitpun. Termasuk tentang 10 sejarah dunia yang hilang akan dibahas dan dikupas tuntas dalam artikel ini.

Yang membuat rasa penasaran semakin menjadi karena hilangnya 10 sejarah dunia yang hilang ini terjadi secara misterius. Bahkan jejak merekapun ikut lenyap begitu saja. Hal ini memunculkan berbagai spekulasi terkait hilangnya beberapa kota misterius yang pernah dikenal dunia dan saat ini masih menjadi pertanyaan membingungkan bagi dunia. Berikut nama-nama kota yang pernah mengenal dunia dan menghilang tanpa jejak yang wajib Anda ketahui.

Sejarah Peradaban Dunia yang Hilang:

  1. Babilon Kuno.
  2. Angkor.
  3. Troy.
  4. Petra.
  5. MU atau Lemuria.
  6. Sodom dan Gamora.
  7. Machu Picchu.
  8. Pompeli dan Herculaneum.
  9. El Dorado.
  10. Atlentis.

1. Babilonia Kuno
Babilon Kuno merupakan ibukota dari dari Negara Babylonia yaitu kerajaan kuno ternama pada Mesopotamia. Namanya terkenal karena pemerintahan Raja Nebuchadnezzar. Hal utama yang membuat Babilon menjadi sangat terkenal dan layak disebut sebagai salah satu daftar sejarah dunia yang hilang, karena adanya harta misterius di dalamnya serta dikenal dengan nama Hanging Gordens atau Taman Patung.

Menurut cerita legenda yang beredar, konon dahulu kala, istri dari Raja Nebuchadnezzer II merindukan akan pemandangan rumahnya. Karena rasa cinta Raja yang begitu dalam kepada istri, akhirnya Raja membuatkan sebuah taman yang luar biasa indahnya dengan beberapa tingkat dan semua itu dibuat dalam kedalaman gurun pasir. Beberapa penulis kuno menyatakan bahwa taman itu pernah benar-benar ada di masa lampau, namun menurut bukti nyata mengatakan bahwa Taman Gantung itu tidak pernah ada dan tidak pernah ditemukan. Pernyataan itu dikuatkan dengan keadaan Babilon yang saat ini hanya tersisa puing dan reruntuhan peradaban Babilon.

2. Angkor
Membicarakan sejarah dunia yang hilang ini, dilanjutkan dengan misteri Kota Angkor yang kini menjadi salah satu nama daftar nama kota yang hilang di dunia. Angkor sendiri merupakan sebuah kota besar di Kambodia dan merupakan tempat berdiamnya kuil keagamaan terbesar di dunia yakni dikenal dengan nama Angkor Wat. Angkor Wat ini berada di antara abad ke 9 hingga abad ke 15. Angkor sendiri merupakan pusat kekuatan kerajaan Khmer Kambodia.

Baca juga: Sungai Terpanjang di Indonesia

Yang menjadi misterius dari Kota Angkor ini adalah hilangnya Kota Angkor bukan karena terjadinya bencana alam yang melenyapkannya ataupun penjajahan, namun hanya karena masyarakat Angkor pergi meninggalkan kota ini. Akibatnya Angkor menjadi dan ribuan kuil yang pernah ada mati di kedalaman hutan. Selama ratusan tahun kota ini menghilang dan baru ditemukan kembali pada abad ke 18. Kota Angkor yang masuk ke dalam sejarah dunia yang hilang ini merupakan kota terbesar di dunia pada zaman pre industry. Menurut rumor saat itu, alasan masyarakat meninggalkan tempat ini karena adanya ledakan populasi yang begitu hebat sehingga menjadikan kurangnya dukungan infrastruktur.

3. Troy
Troy merupakan sebuh kota legenda dimana menjadi pusat dari macam sejarah modern seperti sebuah tempat yang menjadi kediaman seorang Pahlawan dari Yunani Achilles dan merupakan kota dimana sebagai tempat terjadinya perang Kuda Trojan. Nama Troy sendiri dikenal leat syair Homer dalam sebuah sajak yang sangat terkenal saat itu yakni Iliad.

4. Petra
Petra merupakan salah satu daftar 10 sejarah dunia yang hilang sekaligus sebagai salah satu kota yang memiliki pemandangan paling menakjubkan di dunia. Bagi Anda penggemar film asing, pasti tidak asing saat mendengar nama film Transformer Revenge of The Fallen. Petra inilah yang menjadi lokasi syuting utama fil terkenal ini. Petra terletak di bagian selatan Jordan, dekat dengan Laut Mati. Kota ini ditinggalkan oleh penduduknya karena adanya bencana gempa bumi pada masa lampau dan membuat infrastruktur di dalamnya mengalami kerusakan hebat. Nama Petra sendiri merupakan nama kota hilang yang kemudian dibesarkan oleh seorang penjelajah yakni Ludwig Burckhardt pada abad ke 18 silam. Sejak saat itulah sebuah kota indah dengan pemandangan fantastik di pertengahan gurun pasir ini menghipnotis para ribuan turis datang dari berbagai negara asal.

5. MU atau Lemuria
Lemuria atau yang juga dikenal dengan sebutan MU merupakan sebuah daratan yang hilang dan lenyap dari muka bumi secara misterius. Oleh sebab itu tempat ini masuk dalam daftar 10 sejarah dunia yang hilang dan kini masih meninggalkan rasa penasaran. Misteri hilangnya MU atau Lemuria ini dikisahkan dalam kisah Atlantis MU yang merupakan sebuah pulau dengan nuansa Taman Eden dan juga sebagai surge tropis yang terletak di Pasifik yang kemudian tenggelam dan lenyap dari peradaban dunia.

6. Sodom dan Gamora
Dalam membahas 10 sejarah dunia yang hilang erat sekali kaitannya ketika membicarakan Sodom dan Gamora yang merupakan salah satu kisah paling dikenal terutama dalam dunia religi. Dikisahkan bahwa Sodom dan Gamora merupakan sebuah kota yang dipenuhi dengan orang-orang sangat berdosa, kemudian Tuhan menghukumnya dengan memunculkan hujan api yang kemudian melenyapkan kota ini.

7. Machu Picchu
Pada awalnya Kota Machu Picchu adalah salah satu peradaban dunia yang paling misterius hingga masuk ke dalam daftar 10 sejarah dunia yang hilang yang mengundang rasa penasaran dari hilangnya kota tersebut dari muka bumi. Menurut berbagai bukti yang dikumpulkan dari tindak penelitian, diperkirakan tempat itu memiliki lebih dari 140 struktur yang berbeda yang kemudian setiap strukturnya dipisahkan oleh tembok batu.
Tidak ada yang tahu dengan pasti apa tujuan dari keberadaan Machu Picchu ini. Beberapa pendapat mengatakan bahwa sebuah kota ini digunakan atau dimanfaatkan sebagai sebuah kuil suci, sebuah penjara hingga menjadi sebuah tempat tinggal sang Kaisar Pachacuti.

8. Pompeli dan Herculaneum
Pada tahun 79 Masehi, gunung berapi di Naples, Itali meletus dan menyebabkan waktu terhenti untuk Kota Roma. Tertimbun hingga kedalaman 60 kaki di abu dan bebatuan, tidak terkecuali Kota Pompeli atau Herculaneum ini. Selama ribuan tahun seribu tahun lebih kota ini menghilang dan terlupakan oleh sejarah manusia.

9. El Dorado
El Dorado digambarkan sebagai sebuah kerajaan yang dapat ditemukan di Amerika Selatan. Adanya rumor mengenai peradaban mereka menjadikan Kota El Dorado menjadi sangat terkenal dan masuk ke dalam 10 sejarah dunia yang telah hilang dengan berbagai mitos mengitari kota ini.

Baca juga: Sungai Terpanjang di Dunia

10. Atlentis
Daftar 10 sejarah dunia yang telah hilang adalah Kota Atlentis, sebuah kota modern yang menghilang di kedalaman laut. Awal mula jejak Atlantis sendiri muncul dari hasil karya Plantos, seorang filosofis Yunani Kuno Ternama.

Menarik sekali bukan membahas 10 sejarah dunia yang hilang ini?. Serasa terhipnotis dan hampir tidak percaya bahwa tempat yang awalnya benar-benar ada tetapi kemudian benar-benar menghilang tanpa meninggalkan jejak yang ikut lenyap tertelan bumi.