Macam Macam Gerakan Untuk Melatih Kekuatan Otot Kaki Lengkap dengan Gambarnya

Latihan kekuatan otot kaki

Macam-Macam Gerakan Untuk Melatih Kekuatan Otot Kaki – Sekarang ini banyak sekali jenis-jenis olahraga mulai dari atletik sampai air. hal tersebut tentunya dikarenakan adanya perkembangan dalam setiap cabang olahraga yang menghasilkan jenis olahraga baru. Setiap cabang tersebut tentunya memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan manusia.

Bagi sebagian orang terutama seorang atlet, gerakan dalam olahraga tersebut digunakan sebagai salah satu sarana untuk melatih otot terutama pada bagian kaki. Karena kaki memang menjadi bagian tubuh yang menopang seluruh badan. Jadi kaki harus memiliki kekuatan yang baik. Untuk itu, perlulah untuk melatih kekuatan otot kaki agar mendapatkan kaki yang kuat. Untuk mendapatkkan kaki yang kuat, sebaiknya lakukan gerakan yang dapat melatih kekuatan otot kaki di bawah ini.

Kumpulan Cara melatih Otot Kaki:

  1. Berjalan cepat.
  2. Berlari.
  3. Turun naik tangga.
  4. Squad.
  5. Squad jump.
  6. Lunges.
  7. Skipping.
  8. Sprint.
  9. High jump.
  10. Back kick.

1. Berjalan cepat
Berjalan cepat menjadi salah satu contoh latihan kekuatan otot kaki. Berjalan cepat ini merupakan olahraga yang sangat sederhana karena tidak memerlukan alat-alat maupun persiapan khusus. Perlu diingat bahwa berjalan cepat berbeda dengan berlari. Jika berlari harus mengangkat kaki ketika melangkah maka berjalan cepat ini tidak melakukan hal tersebut. Anda hanya perlu berjalan seperti biasa namun dengan kecepatan yang lebih cepat dari biasanya. Hal itu dapat membuat otot kaki Anda bisa mendapatkan kaki yang kuat.

Berlari
img: theperformanceseries.com

2. Berlari
Olahraga lari ini mungkin sudah menjadi hal yang biasa dilakukan. Perlu Anda ketahui dengan Anda berlari secara rutin maka otot kaki akan dilatih menjadi lebih kuat sehingga mampu menopang tubuh Anda walaupun tubuh yang berukuran besar. Sebaiknya dalam melakukannya harus secara bertahap. Mulai dengan melakukan lari dengan kecepatan konstan kemudian setelah kaki Anda sudah bisa beradaptasi dan pernafasan bisa diatur maka Anda bisa melakukan olahraga lari yang lainnya seperti sprint. Sehingga salah satu dari bentuk latihan kekuatan otot kaki diantaranya dengan berlari.

Baca juga: Macam Macam Unsur Kebugaran Jasmani

3. Turun naik tangga
Kegiatan turun naik tangga ini mungkin dianggap sebagai kegiatan yang tidak memiliki manfaat dan malah membuat lelah. Padahal aktivitas ini termasuk dalam gerakan yang dapat melatih kekuatan otot kaki. Karena dengan melakukan aktivitas ini maka akan membuat kaki terlatih untuk menopang beban dan akan membuat kaki menjadi lebih kuat. Untuk melakukan gerakan tersebut dapat dilakukan di tangga rumah masing-masing. Sebaiknya untuk hasil maksimal dan mendapat kaki yang indah ideal maka lakukan aktivitas ini secara rutin setiap pagi.

4. Squad
Olahraga ini sudah sangat dikenal dikalangan masyarakat, olahraga ini dilakukan dengan cara melakukan dari posisi berdiri ke posisi jongkok kemudian dilakukan dengan kaki secara bergantian. Hal tersebut sangat berdampak positif terhadap kekuatan otot kaki Anda. Jika Anda melakukan olahraga ini maka pada bagian paha akan terasa lebih kencang dan otot kakipun menjadi lebih kuat. Oleh karena itu, kaki akan memiliki kekuatan yang baik dalam menopang beban. Jadi olahraga squad ini bisa menjadi salah satu alternatif pilihan untuk jenis gerakan yang dapat melatih kekuatan otot kaki.

5. Squad jump
Squat jump ini termasuk dalam macam-macam gerakan yang dapat melatih kekuatan otot kaki. Squad jump ini merupakan gerakan yang berasal dari squad yang mengalami perkembangan. Hal yang membedakannya dengan olahraga squad yang biasa adalah pada olahraga ini ditambahi lompatan pada olahraga squad. Squad Jump dilakukan seperti melakukan olahraga squad biasa tetapi hanya ditambahi lompatan ketika melakukannya. Memang olahraga ini sedikit lebih sulit dan juga lebih banyak mengeluarkan tenaga. Tetapi gerakan ini juga memiliki manfaat yang lebih efektif dalam menguatkan otot pada kaki. Jadi, squad jump ini bisa menjadi salah satu pilihan yang baik untuk Anda.

Lunge
Lunges (img:t-nation.com)

6. Lunges
Mungkin nama lunges ini masih sangat asing di telinga Anda. Namun sebenarnya olahraga ini sering dilakukan ketika berada di sekolah ketika pelajaran olahraga. Gerakan ini biasanya dilakukan ketika pemanasan sebelum melakukan olahraga. Olahraga ini dilakukan dengan cara meluruskan kedua kaki. Kemudian salah satu kaki melangkah ke depan kemudian tekuk hingga lutut mencapai dan menyentuh lantai.

Sedangkan untuk kaki yang satunya membentuk sudut sembilan puluh derajat. Tahan posisi tersebut sampai beberapa detik kemudian setelah itu lakukan hal yang sama namun dengan posisi yang bergantian. Jika melakukan Lunges secara rutin maka dapat memperkuat otot pada kaki.

7. Skipping
Skipping ini lebih dikenal oleh masyarakat sebagai lompat tali. Lompat tali ini dulunya sering digunakan untuk bermain namun tali yang digunakan menggunakan karet. Skipping hanya dilakukan dengan cara melompat menggunakan tali sehingga olahraga ini termasuk olahraga yang ringan dan sederhana. Skipping ini sangat bermanfaat dan efektif untuk Anda yang ingin memperkuat otot kaki dan juga untuk membakar kalori yang ada dalam tubuh sehingga dapat membuat bentuk tubuh menjadi lebih ideal. Jadi skipping merupakan salah satu dari latihan kekuatan otot kaki pemain bola yang efektif dan efisien.

Baca juga: Olahraga Untuk meningkatkan Konsentrasi Otak

8. Sprint
Sprint ini merupakan olahraga lari pendek yang dilakukan dengan kecepatan yang tinggi. Hal tersebut akan membuat otot kaki menjadi lebih kuat dari sebelumnya. Sprint dilakukan dengan menggunakan jarak yang dekat yaitu sekitar tiga puluh meter sampai lima puluh ribu rupiah. Untuk melakukan sprint tentunya Anda membutuhkan kecepatan yang tinggi dengan begitu otot Anda akan menjadi terbiasa. Lakukan olahraga tersebut secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jadi olahraga ini bisa menjadi pilihan dari macam-macam gerakan yang dapat melatih kekuatan otot kaki.

9. High jump
High jump merupakan olahraga yang lebih dikenal dengan nama lompat tinggi. High Jump tentunya sudah sangat dikenal masyarakat karena olahraga ini sudah diperkenalkan sejak sekolah dasar. Dalam melakukan high jump memerlukan peralatan seperti tiang dan mistar yang digunakan sebagai batas lompatan. Biasanya lompat tinggi ini dilakukan di tempat yang berpasir.

Olahraga ini dilakukan dengan cara melompati mistar yang ada agar jangan sampai terjatuh. Selain itu perlunya pendaratan yang sempurna sehingga dapat menghindari terjadinya cedera. High jump ini kebanyakan mengandalkan kekuatan kaki sehingga sangat cocok dilakukan untuk melatih kekuatan kaki. Jadi olahraga ini termasuk dari gerakan latihan otot kaki dan paha.

Back Kick
Back Kick (img: comunidades.net)

10. Back kick
Merupakan salah satu olahraga yang masuk dalam cara melatih otot kaki. Olahraga ini dilakukan dengan cara melakukan tendangan ke arah belakang. Hal tersebut itulah yang akan membuat otot kaki menjadi terlatih sehingga menjadi lebih kuat. Lakukan back kick secara rutin sehingga hasil yang didapatkan juga membuat Anda merasa puas.

Bagi Anda yang ingin memperkuat otot kaki Anda maka perlulah untuk melakukan macam-macam gerakan yang dapat memperkuat kekuatan otot kaki. Ternyata begitu banyak olahraga sederhana yang bisa memberikan manfaat tersebut. jadi Anda hanya perlu memilih, olahraga mana yang cocok untuk keadaan yang dimiliki.