Profil Negara Indonesia Lengkap Dengan Wilayah Letak Geografisnya

Profil Negara Indonesia

Profil Negara Indonesia – Republik Indonesia atau yang lebih umum dikenal Indonesia adalah negara yang terletak di Asia Tenggara yang dilalui oleh garis Khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan benua Australia serta samudera Hindia dan Pasifik. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia dengan jumlah pulau sebanyak 17.504 buah, atau istilah yang sering disebut dengan nama nusantara.

Dengan populasi sebanyak 263 juta lebih, menjadikan Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar ke 4 di dunia setelah Tiongkok, India, dan Amerika Serikat. Bentuk pemerintahan Indonesia adalah republik, dengan DPR dan presiden dipilih secara langsung oleh rakyat setiap lima tahun sekali. Ibukota dari negara Indonesia adalah Jakarta, yang menjadi pusat pemerintahan sekaligus menjadi pusat ekonomi. Namun bagaimanakah profil negara Indonesia selengkapnya, berikut adalah penjelasannya mengenai profil negara Indonesia yang dibagi menjadi beberapa bagian bab.

Profil Negara Republik Indonesia:

1. Etimologi

Profil negara Indonesia yang pertama adalah membahas tentang asal usul nama Indonesia. Kata “Indonesia” berasal dari bahasa Yunani kuno yaitu kata Indus yang merujuk kepada sungai Indus yang berada di India dan kata “Nesos” yang memiliki makna pulau. Jadi kata Indonesia berarti suatu wilayah Kepulauan India. Di tahun 1850 yang bernama George Windsor Earl, yang merupakan seorang etnolog yang berasal dari Inggris, yang awalnya mengusulkan atau berendapat istilah Indunesia dan Melayunesia. Namun pada penulisan akademik Belanda, media India menulis negara Indonesia dengan istilah Kepulauan Melayu Timur, Hindia, atau Hindia Timur. Namun sejak tahun 1900, nama Indonesia menjadi lebih familiar di lingkungan akademik di luar Belanda, dan golongan nasionalis Indonesia menggunakannya sebagai bentuk ekspresi politik.

2. Wilayah Indonesia

Profil negara Indonesia selanjutnya yang dibahas adalah mengenai letak geografis Indonesia. Indonesia adalah negara kepulauan yang terletak di Asia tenggara. Memiliki 17.504 pulau yang berpenghuni maupun tidak yang tersebar di sekitar garis Khatulistiwa yang memberikan cuaca tropis pada negara Indonesia. Indonesia terletak pada koordinat 6 derajat lintang utara hingga 11 derajat lintang selatan, serta 95 sampai 141derajat bujur timur. Indonesia diapit oleh dua benua dan dua samudera. Indonesia terbentang sepanjang 3977 mil diantara 2 samudera yaitu Pasifik dan Hindia. Luas daratan Indonesia adalah 1.922.570 km persegi dan luas lautannya adalah 3.257.483 km persegi.

Baca juga: 10 Danau Terdalam di Indonesia

3. Politik dan pemerintahan

Profil negara Indonesia bila dipandang dari bentuk politik dan pemerintahannya, maka negara Indonesia menjalankan sistem presidensial multipartai yang demokratis. Sama halnya dengan negara-negara demokrasi lainnya yang ada di dunia, sistem politik Indonesia berdasarkan pada asas Trias politika, yaitu eksekutif, legislative, dan yudikatif.

4. Hubungan luar negeri dan militer

Profil negara Indonesia selanjutnya yang dibahas selanjutnya adalah mengenai hubungan luar negeri dan militer Indonesia. Berlawanan dengan sikap Presiden Soekarno yang anti imperialisme dan bersitegang dengan negara tetangga Malaysia. Hubungan luar negeri Indonesia pada zaman orde baru didasarkan pada ekonomi dan kerja sama politik dengan negara barat.

Indonesia menjaga hubungan baik dengan negara tetangganya dari wilayah benua Asia, bahkan negara Indonesia menjalin hubungan kembali dengan negara Tiongkok pada tahun 1990. Padahal sebelumnya Indonesia melakukan pembekuan hubungan diplomatik sehubungan dengan gejolak politik anti komunis pada awal pemerintahan Soeharto. Selain menjadi salah satu pendiri organisasi ASEAN, Indonesia juga menjadi anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa sejak tahun 1950. Selain itu, Indonesia juga menjadi pendiri Gerakan Non Blok dan Organisasi Kerjasama Islam atau sering kita sebut OKI. Tentara Negara Indonesia terdiri dari tiga angkatan bersenjata, yaitu TNI AD, TNI AU, dan TNI AL dengan jumlah personel aktif mencapai 400.000 prajurit.

Baca juga: Sungai terpanjang di Indonesia

5. Pendidikan

Sesuai dengan konstitusi yang berlaku di Indonesia menetapkan bahwa pemerintah pusat maupun daerah wajib mengalokasikan anggaran sebesar 20% untuk pendidikan di luar gaji maupun perjalanan dinas.

6. Ekonomi

Profil negara Indonesia dari segi ekonomi, maka negara Indonesia menganut sistem koperasi. Saat ini ekonomi Indonesia cukup stabil bila dibanding dengan beberapa dekade yang lalu, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2004 dan 2005 melebihi 5% dan diperkirakan akan tetap berlanjut.
Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang cukup stabil tersebut belum dapat dirasakan sepenuhnya secara merata karena masih banyak penduduk Indonesia yang masih hidup di bawah garis kemiskinan.

7. Agama

Islam adalah agama paling besar yang anut oleh penduduk Indonesia, penganut agama islam di Indonesia mencapai 85,2 % dari total jumlah penduduk seluruhnya. Sementara itu, penganut agama lain yang ada di Indonesia adalah Kristen Protestan sebanyak 8,9%, Hindu 1,8%, Budha 0,8% dan lain-lain sebanyak 0,3%. Selain agama tersebut juga terdapat Konghucu.

Baca Juga: Sejarah Singkat Bangsa Indonesia

8. Penduduk

Menurut sensus pada tahun 2016, jumlah penduduk Indonesia mencapai 263 juta jiwa. Lebih dari 150 juta penduduk Indonesia mendiami pulau Jawa, sehingga menjadikan pulai ini sebagai pulau terpadat di dunia. Sebagian penduduk Indonesia adalah bangsa Austronesia dan terdapat juga bangsa Melanesia, Polinesia, maupun Mikronesia.

Banyak penduduk Indonesia yang menyatakan dirinya dengan lebih spesifik dari suatu suku daerah, seperti suku Jawa, Sunda, Batak, Minang, Bali, Madura dan lain sebagainya. Selain itu juga ada penduduk minoritas pendatang dari etnis Asia lainnya, seperti etnis tionghoa, India, maupun Arab.
Mereka sudah lama datang ke Indonesia sejak abad ke 8 melalui jalur perdagangan, hingga akhirnya menetap di Indonesia.

9. Arsitektur

Arsitektur yang ada di Indonesia mencerminkan keragaman budaya, sejarah, dan geografi yang membentuk Indonesia seutuhnya. Ciri khas arsitektur kuno Indonesia dapat dilihat dari rumah-rumah adat yang ada di Indonesia.

Demikian uraian tentang profil negara Indonesia, dengan mengetahui wilaya Indonesia dan batas batasnya maka dapat menambah rasa cinta kita kepada bangsa Indonesia. Semoga dapat membuat kita semua semakin bangga menjadi seorang bangsa.