10 Danau Terdalam Di Indonesia Lengkap Dengan Gambar dan Penjelasannya

Posted on

Danau Terdalam di Indonesia

Danau Terdalam Di Indonesia – Menikmati liburan bersama keluarga di sebuah danau masih banyak diminati oleh orang Indonesia sebagai wisata alam yang menarik. Banyak destinasi danau yang ada di Indonesia yang menarik untuk dikunjungi. Dan sebagian besar berada di Indonesia adalah danau air tawar.

Perlu Anda ketahui bahwa kedalaman setiap danau itu berbeda, baik itu danau alami maupun buatan. Ada yang kedalamannya hanya berkisar 3–4 meter namun ada juga yang memiliki kedalaman hingga ratusan meter. Nah berikut ini ada Danau terdalam di Indonesia yang perlu Anda ketahui.

10 Danau Terdalam Di Indonesia:

  1. Danau Matano.
  2. Danau Toba.
  3. Danau Poso.
  4. Danau Dibawah.
  5. Danau Singkarak.
  6. Danau Ranau.
  7. Danau Towuti.
  8. Danau Segara Anak. (190 meter)
  9. Danau Maninjau, Sumatera Barat. (169 meter)
  10. Waduk Gajah Mungkur, JaTeng. (136 meter)

1. Matano

Danau Matano
@uploadphoto7

Danau yang terdalam di Indonesia pertama adalah danau Matano, tempat ini merupakan sebuah danau tektonik yang memiliki panjang mencapai 28 Km dan lebar 8 Km ini terletak di ujung timur provinsi Sulawesi Selatan, dan berbatasan langsung dengan Sulawesi Tengah. Tepatnya berkisar 50 Kilometer dari Ibukota Kabupaten Luwu Timur yaitu Malili. Matano memiliki kedalaman sekitar 1.969 kaki atau 590 M. Tempat ini berada di ketinggian 382 mdpl, sehingga kedalaman airnya kalau dihitung dari permukaan laut adalah 208 M. Menurut WWF danau Matano ini juga memiliki predikat sebagai danau terdalam di Asia Tenggara dan menjadi danau terdalam di dunia no 8.

Baca juga: Sungai Terpanjang di Indonesia

2. Toba

Danau Toba
(@danautoba_ku)

Siapa yang tidak kenal dengan Danau Toba, tempat yang menjadi sebuah keajaiban alam yang terletak di Pulau Sumatra ini. Sebuah lokasi yang mempunyai landscape yang Indah dan suasana yang sejuk menyegarkan membuat siapapun yang berkunjung bakalan betah untuk berlama-lama di sana. Danau Toba terletak 900 Mdpl dan memiliki panjang sekitar 100 Km lebar 30 Km dan termasuk kedalam danau tekno-vulkanik. Dan yang menjadikannya unik adalah terdapat sebuah pulau di tengahnya yang luasnya hampir sama dengan Negara Singapura. Danau Toba memiliki kedalaman sekitar 505 M atau 1.666 Kaki menjadikannya Danau terdalam kedua di Indonesia.

3. Poso

Danau Poso
(@ameliaputri5886)

Danau Poso merupakan sebuah danau terbesar ketiga yang ada di Indonesia dengan panjang 32 Km dan lebar 16 Km ini menjadi urutan ketiga setelah Toba dan Singkarak. Tempat ini berada di ketinggian 657 Mdpl dan memiliki kedalaman 510 dan menjadikannya urutan ke 3 juga dalam daftar danau terdalam di Indonesia. Danau ini mempunyai pemandangan yang sangat indah dengan perbukitan dan hutan yang mengelilinginya. Airnya sanat jernih meskipun dalam keadaan hujan. Dan yang menjadi keunikan di danau Poso ini adalah dengan adanya pasir berwarna kuning keemasan dan gelombang yang mirip dengan gelombang laut.

4. Dibawah.

Danau Dibawah
(@ihsanul_mufti)

Mungkin pertama kali Anda mendengar namanya terdengar sangat aneh karena memiliki nama danau Dibawah. Ini memang nama sebuah danau yang terletak di Kabupaten Solok, Sumatra Barat, dan bersama dengan danau Diatas yang menjadikannya sebagai danau kembar. Memiliki luas 11.2 km kemudian kedalaman mencapai 309 M dan berada di 1462 Mdpl. Tempat ini dikelilingi oleh bukit-bukit yang tinggi yang menjadikannya sangat indah dipandang dan dijadikan salah satu destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi ketika hari libur telah tiba.

5. Singkarak.

Danau Singkarak
(@wisata.sumbar)

7 Danau paling terdalam di Indonesia selanjutnya adalah danau Singkarak. Tempat ini terletak di dua kabupaten di provinsi Sumatra Barat, yaitu Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Solok. Danau Singkarak menjadi danau terluas ke-2 di Sumatra dengan luar 107,8 Km dan memiliki kedalaman 268 m. Singkarak Lake ialah sebuah hulu Batang Ombilin dan sebagian Air danau ini digunakan untuk menjadi penggerak generator PLTA Singkarak dan untuk mengaliri listrik di daerah Sumatra. Dan tergolong ke dalam danau tektonik karena dihasilkan dari proses tektonik dari sesar Sumatra.

6. Ranau.

Danau Ranau
(@iyon.lombok_s.pd)

Danau Ranau merupakan sebuah danau terbesar ke-2 di pulau Sumatra. Lokasinya terletak di sebuah perbatasan kabupaten Ogan Komering Ulu dan Kabupaten Lampung Barat ini tercipta karena gempa besar dan letusan dari gunung berapi yang menjadikan cekungan yang sangat besar. Danau Ranau terletak di daerah perbukitan yang menjadikannya sangat sejuk dan asri.

Danau ini terkenal dikalangan nelayan untuk mencari ikan seperti kepor, mujair, harongan dan kepiat. Di tengah danau Ranau terdapat sebuah pulau yang memiliki nama Pulau Marisa. Di pulau tersebut terdapat sebuah sumber air panas yang sering digunakan untuk mandi warga sekitar dan para wisatawan yang datang ke tempat tersebut. Danau Ranau memiliki kedalaman sekitar 229 m dan memiliki luar permukaan ari sebesar 125.9 Km dan terletak 540 Mpdl.

7. Towuti.

Danau Towuti
(@christopher_nalakarta)

Nama danau terdalam di Indonesia yang terakhir adalah danau Towuti, sebuah tempat yang terletak di Provinsi Sulawesi Selatan. Tepatnya terletak di Kecamatan Towutim Kabupaten Luwu Timur. Lokasi ini memiliki 5 buah pulau yang sangat indah yang terletak di tengahnya. 5 pulau itu yaitu Pulau Kembar, Pulau Bolong dan Pulau Loeha. Danau Towuti masuk kedalam taman wisata alam yang dikelola oleh BKSDA atau Balai Konservasi Sumber Daya Alam Provinsi Sulawesi Selatan dan dibawah naungan Departemen Kehutanan RI. Danau ini memiliki luas area permukaan 561 Km dan kedalaman maksimal adalah 203 m dan berada di ketinggian 293 Mdpl.

Baca juga: Danau terdalam di Dunia

Itu semua merupakan 7 Danau terdalam di Indonesia ini yang perlu Anda ketahui. Dan bisa dijadikan kedalam list liburan Anda bersama keluarga, karena liburan tidak harus selalu ke Pantai atau Gedung-gedung pencakar langit. Berwisata Alam sangatlah menyenangkan dan ikut dalam mengembangkan pariwisata Indonesia.