Danau Terdalam Di Dunia Lengkap Beserta Gambar dan Penjelasannya

Danau Terdalam di Dunia

Danau Terdalam Di Dunia – Danau merupakan sebuah cekungan yang berukuran besar di permukaan tanah yang diisi oleh air, ada danau air asin ada juga danau air tawar. Pembentukan sebuah danau bermacam-macam ada yang terbentuk secara alami seperti karena aktivitas vulkanik, ada juga karena pergeseran, patahan permukaan bumi dan danau buatan yang sengaja di buat.

Di Belahan dunia ini sangat banyak danau yang tersebar di berbagai negara, dan setiap danau pasti mempunyai keunikan tersendiri, dan kedalaman yang berbeda-beda. Nah berikut ini 10 daftar danau terdalam di Dunia yang perlu Anda ketahui untuk menambah wawasan.

Daftar 10 Danau Terdalam Di Dunia:

  • Baikal.
  • Tanganyika.
  • Laut Kaspia.
  • Danau Malawi / Danau Nyasa.
  • Issyk Kul.
  • Great Slave.
  • Crater.
  • Matano.
  • Toba.
  • Sarez.

1. Baikal

Danau Baikal
Baikal (@dudkina_olga.doc)

Danau Baikal merupakan danau terdalam dan tertua yang ada di Dunia. Danau ini merupakan salah satu warisan situs Dunia yang berada di Negara Rusia. Baikal Lake termasuk ke dalam kategori Danau Kontinental. Untuk kedalamannya dapat mencapai 1637 meter atau setara dengan 5.521 kaki.

Baca juga: 10 Sungai Terpanjang di Indonesia

2. Tanganyika

Danau Tanganyika
Tanganyika (@thedooogabides)

Nama danau terdalam kedua di dunia yang kedua adalah berada di Afrika Tengah, yaitu Danau Tanganyika. Tempat ini memiliki kedalaman dan luas yang diperkirakan menjadi danau terdalam kedua setelah Baikal di Siberia, Rusia. Danau ini memiliki kedalaman mencapai 1.470 meter.

3. Kaspia

Danau Kaspian
(@sluglympianz)

Danau terdalam ketiga di dunia setelah Baikal dan Tanganyika adalah laut Kaspia atau yang biasa juga disebut dengan Laut Mazandaran. Danau ini memiliki ciri-ciri yang seperti laut, yaitu memiliki air yang asin dan sangat luas. Sehingga tidak heran jika danau ini pun sering juga disebut sebagai laut. Luas Danau Kaspia ini kurang lebih 371.000 km kubik.

4. Malawi / Nyasa

Danau Malawi
(@ztm___)

Salah satu danau terdalam di dunia adalah danau Nyasa atau yang juga dikenal dengan Danau Malawi. Lokasi ini berada di Malawi, Mozambique, di negara Tanzania. Tempat ini termasuk ke dalam daftar danau yang terdalam di dunia karena memiliki kedalaman maksimal mencapai 706 meter.

5. Issyk Kul

Danau Issyk Kul
(@suri_shariff)

Danau terdalam di dunia selanjutnya adalah Issyk-kul yang berada di Negara Kyrgystan. Tempat ini memiliki kedalaman maksimal hingga 668 meter. Sehingga tidak heran jika danau ini disebut sebagai Danau ke-5 terdalam di Dunia setelah Nyasa di Malawi.

Baca juga: Sungai Terpanjang di Dunia

6. Great Slave

Danau Great Slave
(@coreymyersphotography)

Siapa yang tidak mengenal Great Slave di Kanada. Danau ini memiliki kedalaman maksimal mencapai 614 meter. Danau yang memiliki pemandangan yang indah ini juga menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik untuk Anda kunjungi saat di Kanada.

7. Crater

Danau Crater
(@seasonside)

Crater yang berada di wilayah Amerika Serikat menjadi danau terdalam di Dunia yang ketujuh. Danau ini memiliki kedalaman maksimal sekitar 594 meter. Danau ini berada di pegunungan Cascade, Oregon, Amerika Serikat.

8. Matano

Danau Matano
(@ceceng.mstkr)

Danau Matano merupakan Danau yang berada di wilayah Negara Indonesia. Danau tektonik ini memiliki ukuran panjang mencapai 28 kilometer dengan lebar mencapai 8 meter. Danau ini berada di urutan ke-delapan sebagai danau terdalam di dunia. Karena memiliki kedalaman maksimal mencapai 590 meter.

9. Toba

Danau Toba
(@tommyl1n)

Di urutan ke 9 ada danau Toba, merupakan salah satu dari dua perwakilan danau terdalam di dunia yang berasal dari Indonesia. Danau Toba terletak di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia ini mempunyai panjang berkisar 100 Km dan lebar 30 Km. Untuk kedalam dari danau Toba ini mencapai 1666 kaki atau 505 M.

10. Sarez

Danau Sarez
(@art.of.backpacking)

Posisi terakhir ditempati oleh danau Sarez yang letaknya berada di Negara Tajikistan, danau ini mempunyai luas area sebesar 79.7 Km dengan panjang mencapai 55.8 Km dan lebar 3.3 Km. kedalaman paling maksimal danau ini adalah 505 M. sehingga membuatnya masuk kedalam 10 Daftar danau terdalam di Dunia.

Bagaimana dengan penjelasan mengenai kedalam dari 10 danau terdalam di dunia tersebut, apa sudah jelas?. Kita harus berbangga, karena 2 dari 10 daftar danau tersebut ada yang dari Indonesia yaitu Matano (Sulawesi) dan Toba (Sumatera). Terima kasih semoga artikel di atas dapat menambah ilmu pengetahuan Anda.