Teknik Dasar Permainan Tenis Meja Beserta Gambarnya

Teknik dasar tenis meja

Teknik dasar tenis meja

Teknik Dasar Permainan Tenis Meja Beserta Gambarnya – Permainan Tenis meja adalah jenis olahraga yang termasuk dalam kategori permainan bola kecil. Hal ini dikarenakan dalam permainan tenis meja bola yang digunakan berukuran kecil. Dalam permainan ini terdapat dua kategori yang diperlombakan yaitu kategori ganda dan kategori tunggal baik pria maupun wanita. Namun dalam ganda terdapat ganda putri, putra dan ganda campuran.

Permainan tenis meja juga mempunyai sebuah teknik dasar yang harus dikuasi oleh setiap pemain. Karena hal tersebut merupakan yang terpenting untuk memperoleh permainan yang terbaik disetiap pertandingan. Berikut ini Teknik Dasar permainan Tenis meja yang harus dikuasai oleh setiap pemain.

Teknik Dasar Permainan Tenis Meja :

  1. Cara Menggunakan Bet (Teknik Grip)
  2. Teknik Stance atau teknik Bersiap Siaga
  3. Teknik Footwork atau teknik gerakan kaki
  4. Teknik Stroke (Pukulan).

Teknik Dasar Permainan Tenis Meja Beserta Gambarnya :

Teknik Dasar Cara Memegang Bet Tenis Meja

Teknik Dasar Cara Memegang Bet Tenis Meja (img:quora)

1. Teknik Dasar Cara Memegang Bet Tenis Meja
Cara menggunakan atau memegang bet dalam permainan tenis meja memang sangat penting, teknik ini akan membuat hasil pukulan yang berbeda beda. Dalam teknik memegang bet terdapat tiga macam yaitu Teknik Shakehand Grip (Seperti berjabat tangan), teknik penhold grip (seperti mencengkram pena) dan Teknik Seemiller Grip (teknik percabangan dari handshake).

– Teknik Shakehand Grip
Pada teknik ini biasanya digunakan para pemain tenis meja profesional dari benua Eropa, teknik ini memegang bet seperti ketika kita berjabat tangan. Dalam permainan kedua sisi bet digunakan, sehingga memudahkan kita untuk menerima atau melakukan smash.

– Teknik Penhold Grip
Teknik yang lebih sering disebut dengan teknik Asia, hal ini dikarenakan banyak pemain Asia yang menggunakan teknik ini. Caranya sama seperti kita memegang pena, dalam pelaksanaannya sisi bet yang digunakan hanya satu sisi saja. Dipilih sisi paling nyaman yang digunakan.

– Teknik Seemiller Grip
Teknik ini hampir sama dengan shakehand grip, namun mempunyai perbedaan pada jari telunjuk. Pada teknik ini jari telunjuk memegang seluruh bagian bet dan bet diputar ke arah badan dengan derajat sekitar 20 hingga 90 derajat.

Baca juga : Ukuran Lapangan Tenis Meja Standar Nasional dan Internasional

Setiap teknik diatas mempunyai kelebihan dan kekurangan, untuk teknik Seemiller Grip mempunyai kemudahan untuk melakukan pertahanan dan melakukan pukulan forehand. Sedangkan kekurangannya membuat kita lebih susah dalam melakukan serangan dengan pukulan backhand.

Teknik Square Stance dan Side Stance

Teknik Square Stance dan Side Stance (img:xiaolingonline)

2. Teknik Stance (Bersiap Siaga)
Teknik stance adalah teknik penempatan posisi badan, kaki dan tangan saat kondisi bertahan atau akan menyerang lawan. Gerakan ini sangat penting, karena berpengaruh pada kesiapan kita saat menerima serangan dan hasil pukulan saat melakukan serangan. Teknik Stance terbagi menjadi dua macam yaitu Square Stance dan Side Stance.

– Teknik Side Stance
Cara melakukan teknik side stance ini badan harus berada pada posisi menyamping kiri atau kanan. Posisi bahu lebih berada di dekat net saat melakukan serangan, untuk Anda yang menggunakan tangan kanan maka posisi bahu kanan Anda harus dekat dengan net saat Anda melakukan pukulan dengan teknik forehand.

– Teknik Square Stance
Teknik square stance adalah teknik posisi tubuh kita berada menghadap ke meja. Posisi ini merupakan posisi awal kita setelah menerima serangan dan juga menerima servis dari lawan. Untuk melakukan posisi ini usahakan satu kaki saja yang berpindah ke kanan, kiri, depan dan belakang. Hal tersebut memudahkan kita untuk melakukan gerakan ini, apalagi kita mempunyai kelincahan yang bagus.

Teknik Footwork

Teknik Footwork (img:iamactuary)

3. Teknik Footwork atau teknik gerakan kaki
Teknik Footwork adalah teknik gerakan kaki untuk mendekati arah bola baik ketika posisi menyerang atau bertahan. Gerakan kaki pada teknik Footwork ini bermacam macam, semua tergantung dari jarak datangnya bola. Jika bola masih dapat dijangkau dengan satu langkah, maka cukup kita berpindah sejauh satu langkah. Untuk teknik ini juga terdapat gerakan yang namanya two step.

Footwork Teknik

Footwork Teknik 2 (img:iamactuary.com)

Untuk melakukan Two step anda dapat sedikit menekuk lutut Anda, kemudian melakukan posisi kuda kuda dengan kedua kaki harus imbang. Setelah itu ujung kaki menjadi tumpuan seluruh berat badan Anda dan yang terakhir bila ingin melakukan sebuah serangan kearah kanan lawan maka berat badan bertumpu pada kaki bagian kanan.

Teknik Pukulan Tenis Meja

Teknik Pukulan Tenis Meja (img:myactivesg)

4. Teknik Stroke (Teknik Pukulan)
Teknik pukulan ini dilakukan saat bertahan atau menyerang, terdapat dua teknik pukulan yaitu forehand dan backhand. Kedua jenis pukulan tersebut dilakukan sesuai dengan kebutuhan saat pertandingan berlangsung, jadi kita harus dapat memastikan kapan kita melakukan pukulan forehand dan backhand.

Teknik dasar tenis meja beserta gambarnya di atas dapat Anda lakukan bersama teman Anda, selain itu Anda juga dapat melatih gerakan tanpa menggunakan bola. Salah satu kunci tenis meja adalah kemampuan kita membaca arah bola, timing dan mengecoh lawan. Itu dapat Anda kuasai jika sering berlatih dan melihat video latihan tenis meja.

Teknik Dasar Permainan Tenis Meja Beserta Gambarnya | perpus | 4.5
Leave a Reply