Ukuran Bola Basket

Posted on

Ukuran Bola Basket Standar Nasional Internasional – Permainan bola basket merupakan salah satu olahraga yang cukup populer di Indonesia. Hampir setiap ada tahun ada kompetisi Bola Basket baik tingkat Nasional maupun tingkat daerah.

Kategori permainan bola basket ini juga bervariasi, mulai tingkat SMP, SMA, Mahasiswa maupun tingkat profesional. Untuk tingkat profesional atau umum biasanya disebut dengan NBL atau National Basketball League.

Ukuran Bola Basket
Ukuran Bola Basket

Dalam setiap kategori tersebut juga mempunyai perbedaan aturan, mulai dari ukuran bola basket, berat bola basket dan beberapa peralatan lainnya. Hal itu dikarenakan memang dengan perbedaan usia akan berpengaruh juga dengan kemampuan setiap pemain. Oleh karena itu untuk pemain yang masih kecil maka menggunakan ukuran dan berat bola basket yang juga lebih kecil.

Ukuran bola basket standar Nasional maupun Internasional mempunyai besar ukuran yang sama. Namun yang membedakan adalah penggunaan bola basket pada usia tertentu. Karena tidak mungkin untuk usia anak SD diberikan bola yang seharusnya digunakan untuk tingkat SMA atau yang sudah profesional. Berikut ini ukuran bola basket pada liga Indonesia dan beberapa liga di dunia.

Ukuran Bola Basket :

Dalam setiap pertandingan bola basket, asosiasi atau organisasi yang melaksanakan mempunyai standar masing masing dalam pemilihan bola yang digunakan dalam pertandingan. Berikut ini beberapa ukuran bola basket yang digunakan oleh beberapa asosiasi dan organisasi bola basket yang ada di dunia.

Ukuran Bola Basket Nasional dan Internasional :

Dalam pelaksanaan pertandingan tingkat Nasional dan Internasional ukuran bola basket berikut ini yang digunakan.

  • Keliling Bola Basket : 75 cm – 78 cm.
  • Berat Bola Basket : 600 gr – 650 gr.
  • Tekanan : 4,26 – 4,61 psi.

Ukuran Bola Basket Standar FIBA :

  • Keliling :749 mm – 780 mm.
  • Berat Bola Basket : 567 gr – 650 gr.

Ukuran Bola Basket Standar NBA :

National Basketball Association atau NBA merupakan liga pertandingan Basket yang berasal dari Amerika. Liga ini merupakan liga basket yang paling bergengsi di dunia, banyak pemain bintang yang bermain di sini. Saat pertandingan berlangsung berikut ukuran bola yang digunakan.

  • Keliling : 749,3 mm – 755,65 mm.
  • Berat : 623,7 gr.

Ukuran Bola Basket Standar NCAA :

Pertandingan Basket yang dibawah naungan National Collegiate Athletic Association adalah pertandingan tingkat perguruan tinggi. Liga ini salah satu penyumbang pemain bintang yang ada di NBA, untuk dimensi bolanya sebagai berikut ini.

  • Keliling : 74,93 – 76,20 cm.
  • Berat : 567 – 623,7 gr.

Ukuran Bola Basket Pertandingan Resmi:

Dalam pertandingan resmi terdapat 3 jenis Ukuran Bola Basket yaitu Nomor 5, 6 dan 7, berikut ini penjelasannya.

  • Nomor 7.
    Ukuran untuk pertandingan profesional seperti liga basket NBA, Liga Basket Euroleague dan Pertandingan resmi yang diadakan oleh FIBA.
  • Nomor 6.
    Ukuran untuk pertandingan anak SMP atau tingkat menengah, karena ukurannya lebih kecil dari nomor 7 dan lebih ringan.
  • Nomor 5.
    Ukuran untuk pertandingan anak SD, karena ukurannya yang cocok untuk tahap belajar atau untuk pemula.

Baca juga : Sejarah Bola Basket

Bahan Bola Basket :

Dalam membuat bahan bola basket tidak boleh sembarangan, karena berpengaruh terhadap keselamatan dan kenyamanan saat bertanding. Bola basket terbuat dari bahan karet dan kulit atau mixing keduanya. Berikut ini beberapa bahan yang dapat digunakan untuk pembuatan bola basket.

  • PVC.
    Bahan dari Polivinil klorida sesuai dengan mereka yang baru belajar dan sesuai juga untuk pertandingan yang dilakukan di luar gedung. Namun untuk bahan ini menghasilkan bola basket yang cukup keras.
  • PU Leather.
    Bahan dari kulit imitasi menghasilkan bola dengan kekerasan yang sedang dan lebih lunak dibandingkan material PVC.
  • Full Leather.
    Bola basket dari material ini sangat nyaman saat dipegang, untuk pertandingan resmi dan liga basket di luar menggunakan material ini. Namun untuk di Indonesia kurang sesuai karena cuaca yang panas dapat mengakibatkan bola cepat rusak.

Baca juga : Ukuran Lapangan Bola Basket

Ukuran bola basket di atas merupakan ketentuan yang sudah diresmikan oleh FIBA dan PERBASI. Semoga artikel tersebut dapat menambah pengetahuan Anda mengenai olahraga basket dan dapat bermanfaat untuk Anda yang ingin membuat sebuah ajang atau kompetisi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *