Cara Menendang Bola

Posted on
Teknik Cara Menendang Bola Dengan punggung kaki pada Permainan Sepakbola (image wikihow)
Teknik Cara Menendang Bola Dengan punggung kaki pada Permainan Sepakbola (image wikihow)

Cara Menendang Bola dalam Permainan Sepakbola Beserta Gambarnya – Menendang bola dalam permainan sepak bola merupakan sebuah tindakan yang sangat penting dan diutamakan terlebih lagi jika menendang bola yang dilakukan menggunakan teknik yang tepat dan benar maka hal tersebut dapat memberikan banyak keuntungan dalam permainan sepakbola karena bisa menciptakan gol yang spektakuler.

Dalam permainan sepakbola dikenal beberapa teknik cara menendang bola dalam permainan sepakbola hal ini merupakan bagian teknik dasar yang sudah seharusnya dimiliki dan diketahui oleh para pemain bola tentunya. Namun bagi anda yang ingin mengetahui teknik terkait mengenai cara menendang bola yang baik dan benar anda bisa memperhatikan beberapa ulasan mengenai teknik menendang bola berikut ini.

Permainan sepak bola tidak pernah lepas dari yang namanya teknik menendang bola. Hal ini diutamakan karena dalam permainan sepak bola, bola diberi perlakuan dengan cara ditendang atau digiring dan hampir sepenuhnya dilakukan oleh kaki, entah itu kaki bagian luar, kaki bagian dalam atau punggung kaki  atau kura – kura kaki. Untuk lebih jelasnya lagi berikut beberapa ulasan mengenai teknik cara menendang bola dalam permainan sepakbola.

Cara Menendang Bola :

Prosedur dalam menendang bola terdapat tiga teknik yang dapat kita lakukan, semua ini juga dilakukan disaat momen yang tepat atau peluang saat bermain sepakbola, berikut 3 teknik menendang bola dalam permainan sepak bola.

Cara menendang bola menggunakan kaki bagian dalam :

Teknik menendang bola dengan kaki bagian dalam ini dilakukan dengan cara :

  1. Posisi tubuh harus benar.
    Posisikan tubuh terlebih dahulu yaitu menghadap arah bola
  2. Kemudian kaki yang akan digunakan untuk menendang sedikit ditekuk dan kaki tumpu menahan bola.
  3. Kaki dibuka kearah luar lalu ayunkan kaki kebelakang untuk bersiap menendang bola.
  4. Ayunkan kaki kedepan dengan sasaran utamanya adalah bola.
  5. Condongkan tubuh kebagian depan untuk menahan keseimbangan dan untuk membuat tendangan jauh.
  6. Pastikan saat menendang bola juga menggunakan kekuatan otot perut dan lakukan tendangan sekeras mungkin agar hasil tendangan dapat maksimal, namun Anda harus tetap rileks supaya hasil tendangan dapat terkontrol dan sesuai target
Teknik Cara Menendang Bola Dengan Kaki bagian dalam pada Permainan Sepakbola (image wikihow)
Teknik Cara Menendang Bola Dengan Kaki bagian dalam pada Permainan Sepakbola (image wikihow)

Cara menendang bola dengan kaki bagian luar :

Teknik menendang bola menggunakan kaki bagian luar mirip dengan teknik sebelumnya, yaitu :

  1. Posisikan badan sehingga dalam posisi siap.
  2. Arahkan tubuh ke arah bola letakan bola pada kaki tumpu, dan pastikan Anda menendang dengan kaki terkuat Anda.
  3. Gerakkan kaki kearah dalam agar bola terkena kaki bagian luar.
  4. Untuk tetap seimbang bantu dengan menggerakan tangan lalu ayunkan kaki kearah dalam dan tendang bola.
  5. Untuk mendapatkan kekuatan yang maksimal, sedikit condongkan badan kedepan dan gunakan tambahan kekuatan perut saat menendang.
  6. Dalam permainan sepakbola biasanya teknik ini dilakukan untuk mengover bola ke teman dalam jarak yang cukup dekat.

Baca Juga : Teknik Dasar Permainan Sepak Bola

Teknik menendang bola dengan punggung kaki atau kura-kura kaki :

Teknik ini dilakukan untuk menendang bola dalam jarak yang sangat jauh, cara menendangnya adalah sebagai berikut

  1. Pertama siapkan posisi tubuh terlebih dahulu agar menghadap bola, namun tetap rileks.
  2. Bola diletakan di kaki tumpu dan lutut sedikit ditekuk.
  3. Sebelum menendang bola Anda dapat melakukan gerakan kecil yang dapat merilekskan tubuh Anda.
  4. Saat menendang, gerakan pergelangan kaki kebawah agar bola menempel pada punggung kaki.
  5. Kemudian kaki diayunkan untuk menendang.

Cara Menendang Bola agar Masuk ke Gawang :

Tujuan dari permainan sepakb bola adalah memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak-banyaknya dan menghadang lawan agar tidak dapat mencetak gol ke gawang kita, berikut cara menendang bola yang efektif.

  1. Perhatikan Posisi Anda dengan Gawang Lawan.
    Sebelum melakukan tendangan saat permainan berlangsung pastikan Anda berada di posisi yang tepat, yaitu cukup ruang untuk melakukan tembakan, perhitungan akurasi tendangan dengan target masih terjangkau, kekuatan tembakan cukup kuat, dan arahkan pada posisi yang sulit dijangkau oleh kiper.
  2. Perhatikan Posisi Pagar Betis.
    Sebelum melakukan tendangan bebas Anda harus mengetahui dan memperkirakan gerakan pagar betis saat Anda menendang bola. Jadi sebelum pertandingan dimulai, pastikan Anda juga mempelajari kebiasaan lawan Anda. Jika pagar betis lawan Anda biasanya melakukan lompatan, Anda dapat mengarahkan tendangan ke pagar betis yang tidak cukup tinggi atau Anda dapat menendang dengan mendatar dibawah melewati lompatan dari pagar betis.
  3. Perhatikan posisi penjaga gawang.
    Saat melakukan tendangan ketika pertandingan berlangsung atau ketika bola mati yang perlu kita perhatikan adalah posisi kiper. Jika kiper berada di posisi yang cukup jauh dari gawang Anda dapat melakukan tembakan yang cukup tinggi dan melengkung ke gawang, sedangkan saat kiper berada di dekat gawang arahkan tendangan pada daerah yang sulit dijangkau oleh kiper. Anda juga dapat mempelajari terlebih dahulu kelemahan kiper lawan Anda sebelum pertandingan berlangsung.
  4. Lakukan Penumpuan Kaki yang Benar.
    Ketika menendang bola pastikan tumpuan Anda benar, jangan sampai peluang emas lepas karena kesalahan dalam melakukan penumpuan kaki. Lakukan tumpuan kaki di dekat bola, jangan terlalu jauh dan pastikan tepat. Karena salah menumpu akan membuat penendang terpeleset dan gagal menendang bola. Lakukan tumpuan pada daerah yang rata dan tidak licin, ketika ingin menendang bola mati Anda dapat memeriksa daerah sekitar bola sebelum melakukan tendangan.
  5. Tendang Bola dengan Kekuatan Maksimal.
    Saat menendang bola lakukan dengan kekuatan maksimal dan gunakan dorongan dari seluruh bagian tubuh, namun tetap seimbang. Kaki yang akan menendang diayunkan kebelakang, kemudian lakukan ayunan kedepan dengan lutut terlebih dahulu, dan lakukan tendangan dengan kaki bagian luar, dalam atau punggung sesuai dengan situasi. Untuk menambah keseimbangan dan kekuatan Anda dapat melakukan ayunan tangan saat menendang bola dan tambahan kekuatan otot perut.
  6. Lakukan Tendangan dengan Tenang.
    Ketegangan dalam menendang bola dapat mengakibatkan pemain menjadi grogi. Sehingga pastikan Anda tidak terburu-buru dalam melakukan tendangan.
  7. Latihan Menendang dengan Teratur.
    Untuk mendapatkan tendangan yang keras dan akurat pastinya tidak datang begitu saja, melainkan Anda harus melakukan latihan dengan teratur. Dengan latihan ini akan membuat insting Anda dalam mencetak gol akan lebih tajam, sehingga semakin sering Anda bermain sepakbola dan latihan maka Anda akan lebih profesional.
Teknik Cara Menendang Bola Dengan Kaki bagian Luar pada Permainan Sepakbola
Cara Menendang Bola Dengan Kaki bagian Luar pada Permainan Sepakbola (image walpaperhd99)

Beberapa teknik cara menendang bola dalam permainan sepakbola seperti di atas sangat penting untuk diketahui karena merupakan teknik dasar sebelum melakukan beberapa teknik berikutnya. Dalam permainan sepak bola perlu juga diasah ketangkasan dan kelincahan dalam mengotrol dan menghentikan bola agar permainan menjadi lebih baik dan berkelas.

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *