Tarian Betawi

Posted on

Tarian BetawiTarian Betawi merupakan tarian khas yang menjadi salah satu kesenian masyarakat kota Jakarta. Walaupun Jakarta termasuk kota metropolitan, kesenian seperti tari tradisional masih menjadi bagian dari warga Jakarta. Kesenian ini harus dilestarikan dan dijaga karena sebagai wujud identitas dan jati diri warga Jakarta.

Tari Betawi merupakan warisan yang perlu dilestarikan dipelajari, apalagi pusatnya berada di pusat Ibukota. Memang tantangannya besar seiring berkembangnya teknologi dan budaya ini sering dilupakan. Berikut perpustakaan online adalah macam-macam tarian betawi yang paling terkenal.

Macam Macam Tari Adat Betawi :

1. Tari Lenggang Nyai.

Tari Lenggang Nyai
@youtube

Tarian yang pertama adalah tari lenggang Nyai. Nama dari tarian ini diambil dari sejarah seorang wanita bernama Nyai Dasimah. Nyai Dasimah adalah wanita yang berasal dari Jakarta yang mencari pasangan hidup. Nyai Dasimah memiliki dua pilihan yakni laki-laki pribumi dan laki-laki Belanda. Terjadi kebingungan dalam diri Nyai Dasimah saat memilih pasangan namun akhirnya Nyai Dasimah memilih laki-laki Belanda.

Sepanjang kehidupannya dengan suami asal Belanda ini, Nyai Dasimah tidak dapat hidup tenang. Hal tersebut dikarenakan sang suami memiliki aturan yang sangat ketat. Nyai Dasimah merasa tidak memiliki kebebasan. Dari kisah ini kemudian terciptalah tari Lenggang Nyai yang diciptakan oleh Wiwiek Widiastuti.

Ciri khas tarian ini adalah music Gambang Kromong yang digunakan sangat unik. Selain itu, para penari yang terdiri dari wanita memakai kostum dengan warna merah. Warna merah ini melambangkan keberanian dan semangat.

2. Tari Zapin Betawi.

Tari Zapin Betawi
@jakarta-tourism.go.id

Tari Japin Betawi atau yang dikenal dengan nama Tari Zapin adalah salah satu tarian yang mengakulturasikan dua budaya. Tarian ini memiliki gerakan perpaduan antara budaya Melayu dan Arab. Berbeda dengan tarian lainnya, penari dalam tari Japin ini seluruhnya menggunakan kerudung.

Tema dari tari Japin Betawi ini juga sangat unik karena memiliki unsur edukatif. Banyak orang yang senang menonton pertunjukan tari Japin ini Tarian ini telah tersebar ke berbagai wilayah termasuk Malaysia. Hal ini dikarenakan sejarah tari Japin ini adalah asli Melayu yang kemudian dibawakan oleh para pedagang dari Arab. Para pedagang tersebut pada abad ke 16 memulai dakwah mereka dengan menggunakan tari Japin ini. Tersebarlah tarian ini ke beberapa negara termasuk Brunei yang memiliki dua jenis tari yakni Zapin Tar dan Zapin Laila Sembah.

Karena memiliki unsur Arab, maka tari Japin Betawi ini diiringi oleh music gambus dan marwas. Kedua alat musik ini termasuk alat music petik yang memberikan nada yang lembut sehingga cocok untuk tari Japin Betawi.

3. Tari Cokek.

Tari Cokek
@satuharapan.com

Tari Cokek adalah tari tradisional dari Betawi. Namun pada penampilannya, tari ini lebih mirip dengan budaya China. Hal tersebut dikarenakan wajah para penari yang menggunakan makeup berwarna putih tebal.

Menggunakan music Gambang Kromong sebagai pengiringnya, tarian ini juga masih kental dengan adat Betawi. Salah satunya adalah penggunaan kostum Kebaya Betawi oleh para penari. Tarian ini digunakan sebagai tari penyambut tamu dan semua penarinya adalah wanita.

Yang unik dari tari cokek ini adalah bagian gerakannya. Ada satu bagian di mana para tamu akan dipakaikan selendang di lehernya oleh para penari. Para tamu tidak diperbolehkan untuk menolak balutan selendang tersebut. Selanjutnya, para tamu pun diharuskan untuk mengikuti gerakan para penari dan menari bersama.

4. Tari Yapong.

Tari Yapong merupakan salah satu tarian yang biasa ditampilkan saat acara Ulang Tahun Jakarta. Tarian ini didirikan pada tahun 1975 oleh seorang budayawan bernama Bagong Kusudiardjo. Nama tarian ini memang sangat unik karena tidak ada sejarah yang melatarbelakangi pembuatan namanya.

Nama tarian ini terdiri dari dua kata yakni “ya” dan “pong”. Kata “ya” diambil dari lagu yang digunakan dalam tarian ini sedangkan kata “pong” diambil dari suara music yang mengiringi. Sehingga terbentuklah nama

yapong untuk tarian ini.

Tarian Betawi Yapong ini merupakan salah satu kesenian tari tradisional yang terus dilestarikan oleh masyarakat dan dinas terkait. Tarian ini diiringi oleh music dari rebana ketimpring, rebana biang, dan juga hadroh.

5. Tari Topeng Betawi.

Tari Topeng Betawi
jakarta-tourism.go.id

Tarian yang selanjutnya adalah tari topeng Betawi. Tarian ini adalah kesenian yang menggabungkan antara seni tari dan drama. Tarian ini seperti halnya pertunjukan teater namun disuguhkan dalam bentuk tarian. Pada awalnya, tari topeng ini adalah salah satu pertunjukan teater tradisional. Dalam pertunjukannya, ada seni tari yang diselipkan. Selain menjadi salah satu warisan budaya Betawi, tari topeng ini juga sudah mendunia.

Tari topeng ini juga sering ditampilkan pada acara khitanan dan juga pernikahan adat betawi. Tari ini dibawakan oleh para penari yang menggunakan topeng, di mana topeng tersebut tidak menggunakan tali ataupun karet. Topeng yang digunakan ini terbuat dari kayu yang dicat warna warni. Para penari harus menggigit bagian dalam topeng agar dapat melekat saat tari dilakukan.

Tari topeng ini diiringi dengan alat musik kempul, rebab, gong, kecrek, kromong tiga, kulanter, dan gendang besar. Terlihat peralatan music yang digunakan sangat lengkap dan juga banyak. Sedangkan untuk kostum yang digunakan para penari yakni baju adat Betawi.

6. Tari Sirih Kuning.

Tari Sirih Kuning
@tarisirihkuning.blogspot.com

Tari Sirih Kuning adalah tarian yang digunakan dalam upacara pernikahan adat Betawi. Dinamakan sirih karena pada tarian ini digunakan sirih dare berwarna kuning. Sirih ini diberikan kepada kedua calon pengantin. Gerakan dalam tari sirih kuning ini merupakan gerakan kombinasi dengan tari cokek.

Tarian ini menunjukkan adanya sepasang penari pria dan wanita. Pada zaman dahulu, tarian ini merupakan tarian betawi laki-laki dan perempuan, namun sekarang menjadi tari anak-anak. Tari ini pun tidak dilakukan berpasang-pasangan lagi.  Kini, tarian ini sering ditampilkan ketika ada acara besar ataupun acara adat. Music khas dari tari Sirih Kuning ini adalah Gambang Kromong.

7. Tari Kembang Lambang Sari.

Tari Kembang Lambang Sari
jakarta-tourism.go.id

Tari ini memiliki nama yang cukup panjang, tari kembang lambang sari. Sejarah dari tarian ini adalah kisah Bapak Jantuk Teater Topeng Betawi. Kisah tersebut menginspirasi sehingga terciptalah tari Kembang Lambang Sari ini. Kisah Bapak Jantuk adalah sebuah kisah yang sangat hebat yakni di mana seorang ayah yang sangat bahagia mengasuh anaknya. Rasa bahagia ini berubah menjadi suatu gerakan tari yang indah dan menarik perhatian.

8. Tari Lenggo Jingke.

Tari Lenggo Jingke
@youtube

Tari Lenggo Jingke merupakan salah satu nama tarian yang berasal dari bahasa Betawi. Arti dari lenggo jingke adalah melenggang dengan kaki yang berjinjit. Tari ini merupakan tari yang memiliki gerakan berdiri dengan ujung kaki yang berjinjit. Tarian ini biasa ditampilkan oleh para penari wanita yang berkelompok. Unsur pertama dari tarian ini adalah berjinjit sesuai dengan namanya.

Lihat juga: Rumah Adat Betawi Beserta Penjelasannya

9. Tari Nandak Ganjen.

Tari Nandak Ganjen
@medcom.id

Tarian ini mungkin sedikit tidak familier oleh orang luar. Nama tarian ini sangat unik yang terdiri dari dua kata, yakni nandak dan ganjen. Kata nandak berarti menari sedangkan kata ganjen berarti genit. Sehingga jika digabungkan, arti dari nandak ganjen adalah menari dengan genit dan lemah gemulai. Hal ini tersirat dari gerakan para penarinya yang lincah dan genit karena dibawakan oleh wanita remaja.

Baca juga: Nama Pakaian Adat Betawi

Tari Betawi ini haruslah dilestarikan karena banyak generasi muda yang memilih tari modern. Itulah beberapa macam tarian betawi dan keterangannya yang dapat menambah pengetahuan.