Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Diperbarui

Posted on

Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat DiperbaruiSumber daya alam yang tidak dapat diperbarui – Sumber daya alam merupakan segala sesuatu yang berada di alam, dengan ilmu pengetahuan kemudian dimanfaatkan oleh manusia. Sumber daya yang dapat diperbaharui dapat digunakan secara terus menerus dan tidak akan habis. Hal ini dikarenakan sumber daya alam tersebut dapat diperbaharui. Contohnya saja tanaman, jika diebang bisa tumbuh lagi dengan cara ditanami kembali.

Sedangkan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui akan habis jika digunakan secara terus menerus. Hal ini dikarenakan sumber daya alam tersebut tidak bisa berkembang biak ataupun tumbuh kembali. Selain itu sumber daya alam tersebut juga terbatas disediakan oleh alam. Sumber daya alam tersebut bisa juga dinamakan nonrenewable resource. Contohnya Logam, tambang bahan bakar fosil dan masih banyak lagi. Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan berikutnya.

10 Contoh Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Diperbarui:

1. Gas Alam.

Gas AlamSumber daya yang dapat terbentuk dari hasil dekomposisi material organik tumbuhan dan hewan yang terpapar pada suhu ekstrim dan tekanan dalam ribuan tahun. Hasil fotosintesis tumbuhan yang berupa energi ini disimpan kedalam bentuk karbon gas. Contohnya saja minyak, pada umumnya minyak tersebut dapat ditemukan pada cekungan atau lipatan batu-batuan pada permukaan bumi.

Untuk pengambilan gas alam sendiri berbeda dengan pengambilan minyak bumi walaupun sama dengan cara perpipaan dan pengeboran. Pipa yang digunakan berbeda-beda. Gas alam ini digunakan untuk kawasan industri yang memerlukan akses gas sebagai sumber energi. Selain itu digunakan juga untuk pembangkit tenaga listrik generasi baru. Hal ini dikarenakan tenang dengan gas ini lebih bersih dibandingkan dengan batubara dan minyak bumi.

2. Minyak Bumi.

Minyak bumi berasal dari fosil makhluk hidup yang ada di zaman purba. Proses terbentuknya minyak bumi sangat lama selain itu sulit untuk meregenerasi sehingga dikatakan sebagai sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Minyak bumi dapat ditemukan pada cekungan atau lipatan geomorfologis atau di dasar laut. Untuk dapat mengambilnya diperlukan pemipaan dan pengeboran.

Minyak bumi menjadi salah satu sumber daya alam penting dalam kehidupan manusia. Banyak aktivitas dan alat-alat yang merupakan produk dari minyak bumi. Minyak bumi memiliki peran penting dalam perekonomian dunia. Untuk itu beberapa negara dunia bekerjasama untuk menjaga harga minyak dan menjaga cadangan minyak. OPEC (Organization of petroleum exporting countries) menjadi salah satu cara untuk menjaga harga minyak stabil.

3. Batu bara.

Batu BaraSalah satu sumber energi yang dihasilkan oleh dekomposisi tumbuhan selama ribuan tahun. Karena proses regenerasi yang begitu lama batu bara ini tergolong sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Batu bara banyak digunakan oleh sejumlah negara untuk sumber energi utama. Hal ini dikarenakan harganya murah dan jumlah yang banyak. Selain itu digunakan juga untuk pembangkit listrik tenaga uap.

Sebagian negara berkembang masih menggunakan pembangkit listrik tenaga uap. Karena tidak harus menggunakan teknologi yang canggih, alat yang digunakan sederhana. Selain itu batu bara juga digunakan untuk menggerakan lokomotif uap dan kapal uap.

4. Emas.

Salah satu logam mulia yang sudah dikenal dan digunakan sejak zaman dulu. Mereka menggunakannya untuk pertukaran dan perdagangan. Emas termasuk sumber daya alam yang langka dan sulit ditemukan dalam jumlah yang banyak. Tetapi justru biaya untuk menjaganya yang mahal.

Emas memiliki sifat fisik yaitu mudah dibentuk, tidak mudah berkarat, penghantar listrik yang baik dan berkilau. Adanya sifat fisik tersebut membuat emas memiliki daya tarik untuk kolektor, bangsawan dan pedagang.

5. Besi.

Tentunya anda tidak asing lagi dengan besi, salah satu bahan konstruksi untuk membuat bangunan. Besi termasuk logam tapi bukan logam mulia. Tetapi logam ini memiliki sifat tersendiri dibandingkan dengan logam mulia. Besi ini bersifat kuat, kokoh dan mudah untuk dibentuk. Untuk itu besi cocok digunakan sebagai bahan konstruksi gedung tinggi dan perumahan.

Walaupun tergolong kuat dan kokoh besi juga memiliki kelemahan yaitu berkarat dan mudah untuk teroksidasi. Dibutuhkan perawatan untuk menghindari kelemahan tersebut. Salah satunya dengan mengubahnya menjadi baja tahan karat.

6. Aluminium.

AluminiumTahukah anda badan pesawat itu berasal dari apa? Ternyata berasal dari aluminium yang kuat dan ringan. Mungkin ada yang berfikir jika badan pesawat terbuat dari besi? Tentunya akan susah untuk terbang karena terlalu berat. Logam yang mudah dibentuk, anti karat, ringan dan kuat serta dapat bertahan dalam suhu yang ekstrim yaitu aluminium.

Pemurnian dan pengolahan dari galian bauksit ini akan menghasilkan aluminium. Pada saat penggalian aluminium yang didapat tidak hanya aluminium tetapi mineral dan galian yang lain. Contoh benda yang berasal dari aluminium banyak sekali. Contoh kecilnya alat-alat dapur seperti penggorengan, panci, pisau dan lainnya.

7. Intan.

Benda berharga selain emas adalah intan. Keduanya sama-sama langka atau terbatas. Hal ini dikarenakan Intan dapat terbentuk jika situasi panas dan tekanannya ekstrim. Daerah yang memiliki keadaan tersebut yaitu daerah yang jauh berada di dalam perut bumi. Untuk itu sulit mendapatkan kristal Intan.

Para penambang Intan sejauh ini masih fokus pada lubang magma gunung api yang sudah tidak aktif lagi. Adanya lubang-lubang magma tersebut terdapat kristal Intan yang berasal dari mantel bumi. Pertambangan Intan yang cukup terkenal yaitu Orapa dan Jwaneng dj Botswana dan internasional serta Jubilee di Rusia.

8. Air Akuifer.

Air ini umumnya terdapat pada cekungan lipatan-lipatan batuan. Air akuifer merupakan air yang dibatasi oleh lapisan impermeable sebelum airnya dapat digunakan. Sebenarnya air akuifer ini seperti air biasa yang dapat diperbaharui.

Hanya saja ada air akuifer yang tidak dapat diperbaharui. Dengan demikian setelah airnya habis, airnya tidak bisa mengisi dengan sendirinya. Selain itu ada juga air akuifer yang membutuhkan waktu ribuan tahun untuk dapat mengisinya kembali. Untuk itu prosesnya lama jika dibandingkan dengan penggunaannya.

9. Material nuklir/radioaktif.

RadioaktifTentunya anda tidak asing bukan dengan istilah nuklir. Biasanya berhubungan dengan pembangkit listrik. Kenapa harus menggunakan nuklir? Hal ini dikarenakan nuklir memiliki sumber energi yang sangat besar. Namun perlu anda ketahui juga kalau bahan bakar reaktor dan material radioaktif tersebut dapat habis dan tidak bisa digunakan kembali. Untuk itu perlu adanya penghematan energi menggunakan nuklir.

10. Batu granit.

Salah satu satu SDA Yang Tidak Dapat Diperbarui adalah batu granit. Untuk mendapatkan terbentuknya batuan ini butuh waktu yang lama. Hal ini bermula dari batuan yang kecil kemudian mengeras karena suhu tinggi pada bagian atas dan suhu rendah pada bagian bawah secara terus menerus. Selain itu batu granit juga bisa didapatkan dari magma yang berada di atas permukaan.

Lihat juga: 10 Contoh Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbarui

Sumberdaya Alam Yang Tidak dapat Diperbarui ini harus benar benar kita jaga kelestariannya dan dalam penggunaanya kita tidak boleh sembarangan serta boros. Karena juga sudah habis maka kita tidak dapat memanfaatkannya lagi.