Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbarui

Posted on

Sumber Daya Alam Yang Dapat DiperbaruiSumber daya alam yang dapat diperbarui adalah sumber daya yang dapat diolah dan dipergunakan kembali. Entah diolah kembali dengan campur tangan manusia, maupun memperbarui secara alami dan tanpa adanya campur tangan manusia. Pada jenis sumber daya alam ini mempunyai kuantitas yang melimpah dan tidak terbatas. Berikut ini merupakan daftar dari sumber daya alam yang dapat diperbarui.

10 Contoh Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbarui:

1. Air.

AirContoh sumber daya alam dapat diperbarui yang pertama yaitu air. Air ini merupakan sumber kehidupan untuk semua makhluk hidup, mulai dari tumbuhan, hewan dan manusia. Jumlah kuantitas dari air ini sangat melimpah dan tidak pernah berkurang. Apa lagi tingkat komposisi air yang ada di Bumi mencapai ±70 % dan sisanya adalah daratan.

Dari semua komposisi air yang ada, ⅔ dari jenis air berupa air laut / air asin. Sisanya merupakan jenis air tawar baik yang berupa cair maupun gletser / membeku. Selain kuantitas air yang sangat melimpah, air dapat diperbarui. Ada banyak cara untuk memperbaharui air, seperti penjernihan. Namun ada sebuah jenis air yang sama sekali tidak dapat diperbarui yaitu air akuifer.

2. Udara.

UdaraUdara merupakan salah satu jenis sumber daya yang dapat diperbarui. Udara yang dimaksud di sumber daya alam ini yaitu oksigen. Oksigen menjadi kebutuhan pokok bagi manusia dan juga hewan untuk bernapas. Tetapi ada sebuah spesies hewan yang tidak membutuhkan oksigen yaitu bakteri anaerob.

Dalam upaya pembaruan sumber daya ini yaitu melalui tumbuhan. Tumbuhan bernapas dengan gas karbon dioksida. Kemudian gas karbon dioksida akan disaring dan dikeluarkan dalam bentuk oksigen.

3. Sinar Matahari.

Sinar MatahariSinar matahari termasuk ke dalam jenis sumber daya yang dapat diperbarui karena kuantitas yang tidak dapat terhitung. Lalu keberadaan dari sinar matahari tidak dapat digantikan dengan sumber daya alam apapun juga.
Sinar matahari mempunyai peran yang sangat penting bagi kehidupan alam semesta. Bukan hanya di Bumi, namun juga seluruh planet dan benda angkasa lain yang masih termasuk ke dalam galaxy matahari.

Fungsi utama dari sinar matahari merupakan sumber cahaya kehidupan. Selain itu sinar matahari juga kini dimanfaatkan sebagai energi pembangkit untuk berbagai macam kehidupan, terutama manusia.

4. Tanah.

TanahUntuk contoh sumber daya alam dapat diperbarui lain yaitu tanah. Tanah menjadi sumber daya alam yang juga mempunyai peran sangat penting bagi kehidupan. Mulai dari manusia, hewan dan tumbuhan. Tanah merupakan sebuah rumah bagi semua makhluk. Misalnya tumbuhan membutuhkan tanah untuk tumbuh. Manusia membutuhkan tanah untuk membangun rumah, bercocok tanam dan lain sebagainya. Begitu pula untuk hewan yang juga membutuhkan tanah untuk kelangsungan hidup.

Hal yang menjadi faktor untuk tanah menjadi salah satu sumber daya yang dapat diperbarui yaitu tanah dapat diolah dan dibuat. Setiap daun, pohon, bangkai dan lain – lain yang telah jatuh di dalam tanah akan menyatu dengan tanah. Hingga akhirnya akan berubah menjadi tanah. Jadi jumlah tanah pun sangat tidak terbatas.

5. Tumbuhan.

TumbuhanContoh lain dari sumber daya yang dapat diperbarui yaitu tumbuhan. Selain tergolong ke dalam makhluk hidup, tumbuhan juga termasuk ke dalam sumber daya yang dapat diperbarui. Jumlah dari tumbuhan pun sangat tidak terbatas dan jumlah dari tumbuhan pun dapat bertambah setiap tahunnya.

Manusia mempunyai peran besar dalam penyedia sumber daya alam tumbuhan ini. Sebab manusia akan terus menanam berbagai macam tumbuhan dan tidak akan pernah berhenti. Selain itu tumbuhan juga sangat penting bagi kehidupan. Dimana tumbuhan menjadi sumber makanan bagi hewan dan manusia.

6. Hewan.

HewanHewan juga mempunyai peran besar dalam kehidupan seperti halnya tumbuhan. Beberapa spesies hewan pun juga sangat bermanfaat bagi kehidupan, khususnya untuk manusia. Dimana beberapa spesies hewan dapat digunakan sebagai sumber makanan untuk manusia dan juga hewan itu sendiri. Beberapa spesies hewan juga sangat bermanfaat bagi tumbuhan, misalnya dapat membantu proses penyerbukan.

Faktor yang menjadi hewan termasuk ke dalam jenis sumber daya yang dapat diperbarui, sebab hewan dapat berkembang biak / regenerasi. Dari hasil perkembangbiakan tersebut akan muncul beberapa spesies baru dan membuat keberadaan serta jumlah hewan dapat stabil.

7. Biomassa.

BiomassaPengertian dari biomassa yaitu bangkai / sisa makhluk hidup yang tidak bernyawa lagi / mati. Entah itu tumbuhan, hewan dan manusia serta termasuk potongan / bagian yang berasal dari makhluk hidup.

Biomassa mungkin terdengar sangat tidak berguna karena hanya sebuah bangkai yang tidak berguna sama sekali. Tetapi biomassa juga tergolong ke dalam sumber daya yang dapat diperbarui. Karena dari bangkai tersebut, dapat dimanfaatkan dan digunakan.

Contoh dari pemanfaatan biomassa yaitu sisa dari serbuk kayu yang dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan mebel. Kotoran hewan yang menjadi bahan dasar pupuk organik. Kulit / bulu hewan yang digunakan sebagai pembuatan pakaian, sepatu, tas dan lain sebagainya.

8. Nuklir.

NuklirNuklir menjadi sumber energi alam buatan. Proses dari pembuatan nuklir melalui suatu pemecahan atom. Biasanya nuklir digunakan sebagai sumber daya pembangkit listrik. Walaupun termasuk ke dalam sumber daya buatan, tetapi nuklir masih tergolong ke dalam sumber daya alam. Hal ini disebabkan oleh nuklir yang pada dasarnya diambil dari alam. Kemudian, nuklir juga masuk ke dalam sumber daya yang dapat diperbarui.

Karena kuantitas nuklir tidak akan pernah ada habisnya. Dalam catatan, manusia masih memanfaatkan dan membutuhkan energi nuklir ini. Mungkin jika sumber daya nuklir telah tidak dipergunakan lagi, ada suatu kemungkinan keberadaan dari nuklir tidak lagi dapat dijumpai.

9. Bahan Bakar Minyak.

Bahan Bakar MinyakBahan bakar minyak menjadi sumber daya alam yang saat kini mempunyai pengaruh besar terhadap kehidupan. Pemanfaatan dari bahan bakar ini menjadi sangat besar sebab perkembangan teknologi transportasi yang hampir sebagian besar menggunakan bahan bakar dalam pengoperasiannya.

Bahan bakar minyak ini terdapat beberapa jenis. Kuantitas dari sumber daya alam ini tidak terbatas. Karena itu, bahan bakar minyak termasuk ke dalam sumber daya yang dapat diperbarui.

10. Logam.

LogamLogam menjadi sumber daya alam yang cukup istimewa. Karena harga dari logam lebih mahal daripada sumber daya alam lain. Pemanfaatan dari logam sangat berpengaruh terdapat perkembangan teknologi. Terutama untuk alat modern dan aksesoris.

Logam ini juga termasuk ke dalam jenis sumber daya yang dapat diperbarui karena jumlah logam yang terdapat di bumi cukup melimpah dan tidak terbatas. Selain itu logam juga dapat didaur ulang dengan memanfaatkan alat yang rusak dan tidak dapat digunakan lagi. Jadi jumlah dari logam tidak akan ada habisnya.

Selain 10 daftar dari sumber daya alam yang dapat diperbarui di atas, masih ada banyak lagi sumber daya lain yang dapat diperbarui. Walaupun jumlah dari jenis sumber daya ini tidak terbatas, tetapi pemanfaatannya harus efektif dan tidak dieksplorasi secara berlebihan.