Pengertian Logistik

Posted on
Pengertian Logistik

Kegiatan logistik dimasa pandemi semakin meningkat, seperti yang dilansir dari dephub.go.id kegiatan logistik di Indonesia meningkat sekitar 7 % dari tahun lalu. Peningkatan ini memang dikarenakan kebiasaan belanja masyarakat secara online juga meningkat.

Dengan berkembangnya kegiatan logistik, tidak ada salahnya kita juga belajar tentang dunia usaha ini. Karena jika melihat tren kebiasaan baru, masyarakat akan semakin terbiasa berbelanja online sehingga kegiatan pengiriman barang juga meningkat. Pada kesempatan ini kami akan berbagi dengan Anda tentang beberapa pengetahuan tentang logistik yang kami lansir dari Blog Trawlbens.

Pengertian Logistik

Logistik adalah salah satu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang pendistribusian suatu barang dimulai dari proses penyimpanan, kemudian penyaluran, maintenance atau pemeliharaan serta penghapusan. Memang pengertian logistik ini sangat bermacam macam, namun beberapa ahli juga memberikan pengertian tersendiri, berikut penjelasannya.

  • Donald Walters.
    Menurut Donald Walters pada buku “Research Trends in Management” Logistik adalah sebuah fungsi itu melibatkan pemindahan, pengaturan pergerakan barang, serta penyimpanan barang dalam proses pengiriman dari pengirim awal (initial sender), kemudian melalui (supplay chain) pemasok dan hingga ke (final customer) pelanggan akhir.
  • Burg in Lysons.
    Pada buku yang sama, “Research Trends in Management” Burg in Lysons juga menjelaskan jika pengertian logistik adalah sebuah integrasi dari proses pengadaan, kemudian transportasi, manajeman stok (inventory management) dan aktivitas pergudangan dalam menyediakan suatu ala atau cara hemat/efektif dalam memenuhi kebutuhan customer/pelanggan dari internal atau eksternal.
Kegiatan Logistik

Kegiatan Logistik

Dalam pelaksanaannya terdapat beberapa aktivitas atau kegiatan yang dilakukan, berikut ini kegiatannya.

  • Pelayanan Pelanggan.
    Aktivitas ini dilakukan untuk memberikan pelayanan kepada pelanggan yang menggunakan jasa. Pelayanan dilakukan dengan untuk membantu dan membimbing customer jika ada kendala dalam menggunakan jasa. Dalam pelaksanaannya harus mampu menjelaskan secara rinci, Bahasa yang jelas dan sopan serta harus selalu profesional.
  • Peramalan Permintaan.
    Merupakan kegiatan yang memprediksi atau meramal tingkat permintaan produk untuk jangka waktu tertentu di masa mendatang.
  • Inventory Management
    Sebuah sistem yang digunakan untuk mengelola sebuah persediaan, mulai dari klasifikasi atau jenis barang persediaan dan juga menjaga pencatatan persediaan barang secara akurat.
  • Komunikasi Logistik.
    Adalah sebuah jaringan yang utama dalam semua proses kegiatan logistik dan pelanggan dari perusahaan.
  • Material Handling.
    Sebuah cara untuk melakukan penanganan suatu barang/material, mulai dari proses pemindahan, perlindungan, dan penyimpanan sehingga material/produk tersebut tetap terjaga kualitasnya.
  • Proses Pemesanan.
  • Packaging/Pengemasan.
    Proses perlindungan produk atau barang dengan cara dikemas dengan suatu alat agar produk makanan atau non pangan dapat tetap awet dan terlindungi dengan baik.
  • Parts and Service Support/Komponen dan Pelayanan Pendukung.
  • Seleksi tempat Produksi/Pabrik dan tempat Penyimpanan.
  • Purchasing.
    Kata purchasing adalah kata dari Bahasa Inggris yang artinya pembelian. Dengan penjelasan secara umum purchasing kegiatan pembelian barang/jasa yang dilakukan oleh perusahaan atau perorangan untuk melengkapi kebutuhannya.
  • Reverse Logistics.
  • Transportasi.
    Menurut Wikipedia, transportasi adalah perpindahan barang atau manusia dari suatu lokasi ke lokasi lainnya menggunakan tenaga manusia atau dengan tenaga mesin.
  • Warehousing & Storage (Pergudangan dan Penyimpanan).

Tujuan Logistik.

Logistik mempunyai tujuan agar barang atau jasa dapat tersedia tepat waktu dan pada tempat atau lokasi yang diinginkan. Tujuan logistik juga terbagi menjadi 3 yaitu Operasional, Keuangan, dan Keamanan berikut ini penjelasannya.

  • Operasional.
    Tujuan ini adalah terjaganya kebutuhan barang yang diperlukan dalam beberapa hari, sehingga persediaan yang ada tidak terlalu banyak dan tidak kurang.
  • Keuangan.
    Jika berbicara tentang keuangan pastinya tujuannya adalah keuntungan, sehingga dalam tujuan keuangan barang yang didistribusikan minim cacat/rusak sehingga tidak ada ganti rugi terhadap barang yang rusak dan keuntungan tercapai.
  • Keamanan.
    Siapapun yang membeli dan mengirim barang pasti menginginkan keamanan atau jaminan barangnya dalam kondisi baik. Sehingga tujuan keamanan disini adalah memastikan jika barang yang dikirim atau dibeli sesuai dengan kriteria, baik dari kemasan maupun dari barang tersebut.
Manfaat Logistik

Manfaat Logistik.

Setiap kegiatan selalu ada manfaatnya, begitu juga logistik. Lalu apa manfaat logistik ? Logistik mempunyai manfaat sebagai penjamin keamanan dan pemenuhan kebutuhan konsumen. Hal ini dimulai dari perencanaan, penyimpanan, penanganan, proses pengiriman dan barang sampai sesuai dengan spesifikasi.

Baca juga : Pengertian CV Persekutuan Komanditer

Jenis jenis jasa Logistik di Indonesia

Jasa Logistik di Indonesia sangat beraneka ragam, salah satunya adalah Kargo Logistik yang dilakukan oleh trawlbens. Berikut ini beberapa jenis jasa logistik yang kami rangkum dari berbagai sumber.

  • Layanan Pengiriman Jalur Udara.
  • Pengiriman Melalui Jalur Darat.
  • Jasa Pengiriman melalui Jalur Laut.
  • Packing dan Pindahan.
  • Pergudangan.
  • Penanganan Pengiriman Khusus.

Demikian sedikit pengetahuan tentang Logistik, semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda dibidang logistik.