10 Negara Maju di Dunia Lengkap Beserta Keterangannya

Posted on

Negara Maju

Negara maju adalah sebuah sebutan yang diperuntukan bagi bangsa yang sudah menikmati taraf hidup yang relative tinggi dengan berbagai macam teknologi tinggi dan ekonomi yang merata bagi semua masyarakatnya. Bangsa dengan pendapatan per kapita yang tinggi belum tentu dapat dikatakan sebagai negara maju, karena banyak indeks yang harus diperhitungkan untuk dapat dikatakan sebagai negara maju.

Tidak hanya harus memiliki pendapatan yang tinggi, Human Development Index atau yang kita sebut HDI harus diperhatikan agar memenuhi syarat sebagai negara maju. Ciri ciri negara maju diantaranya yaitu sebagian besar pendapatannya harus didapat dari sektor industry, angka kematian yang kecil, tingkat pendidikan masyarakat yang tinggi, iptek yang telah dikuasai, dan lain sebagainya. Berikut perpustakaan.id akan berbagi mengenai daftar 10 negara maju  beserta penjelasannya yang dapat dijadikan contoh bagi Indonesia.

Nama Nama Negara Maju di Dunia:

  1. Jepang.
  2. Inggris.
  3. Amerika Serikat.
  4. Selandia Baru.
  5. Swedia.
  6. Kanada.
  7. Islandia.
  8. Irlandia.
  9. Belanda.
  10. Jerman.

Contoh Negara Maju dan Penjelasannya:

1. Jepang
Negara kepulauan yang secara geografis terletak di satu benua dengan bangsa kita dan memiliki iklim yang cenderung dingin ini termasuk ke dalam negara yang terbilang maju. Jepang memiliki jumlah penduduk lebih dari 130 juta pada tahun 2016 ini mempunyai HDI sebesar 0.903. Secara geografis Negara maju Jepang terletak di kawasan Asia Timur, tepatnya di sebelah timur dari China dan semenanjung Korea. Negara Jepang memiliki 4 pulau besar yaitu Pulau Hokkaido, Honshu, Shikoku, dan Kyushu. Sementara secara astronomis, Jepang terletak pada 30 derajat hingga 47 derajat lintang utara dan 128 derajat hingga 146 derajat bujur timur. Penduduk Jepang terkenal memiliki etos kerja tinggi, pekerja keras, dan disiplin yang kuat. Hal tersebut juga mendorong kemajuan Jepang di segala bidang, terutama sektor perekonomian tersebut.

2. Inggris
Inggris mempunyai HDI 0.909 mempunyai jumlah penduduk sebesar 70 juta. Tak hanya mempunyai daya tarik di bidang fashion, Inggris juga menyimpan banyak sejarah dalam dunia arsitektur dengan beberapa desain jembatan yang sangat eksotik nan megah. Selain itu, di Inggris juga terdapat banyak tempat wisata yang banyak menarik wisatawan asing. Bentuk pemerintahan Negara Inggris adalah monarki parlementer. Kepala pemerintahan Inggris dipegang oleh perdana menteri, sedangkan kepala negara dijabat oleh seorang ratu. Dalam sektor ekonomi, Inggris merupakan negara industri yang maju, terutama dalam bidang teknologi, ilmu pengetahuan, dan juga sastra.

Baca juga: Negara Terkecil di Dunia

3. Amerika Serikat
Amerika Serikat atau yang lebih umum dikenal dengan Amerika adalah sebuah negara republik konstitusional federal yang terletak di kawasan Amerika utara. Amerika merupakan negara termaju di dunia dalam segala bidang sehingga negara ini mendapat julukan negara super power.  Amerika dengan jumlah penduduk mencapai 321 juta ini memiliki HDI 0.920. Amerika memiliki pendapatn per kapita yang cukup tinggi yaitu 47.400 US Dollar. Kegiatan industry terpenting dari negara ini antara lain, industri pesawat terbang, industri mobil, tekstil, industri pertambangan, serta industri perfilman yang terkenal yaitu di Kota Hollywood.

4. Selandia Baru
Selandia Baru memiliki nilai HDI sebesar 0.915 dan pendapatan per kapita sebesar 37.807 US Dollar menjadikan negara ini termasuk dalam daftar negara maju yang ada di bumi bagian selatan selain Australia. Beberapa komoditas ekspor yang mampu menunjang perekonomian negara ini antara lain produk susu, buah, daging, dan lain-lain.

5. Swedia
Negara yang terletak di semenanjung Skandinavia ini memiliki jumlah penduduk sekitar 10 juta jiwa. Swedia memiliki tingkat pengangguran yang sangat kecil. Negara dengan pendapatan per kapita 50.272 USD pada tahun 2015 ini memiliki nilai HDI 0.913. Pendapatan per kapita Swedia juga terus naik dari tahun ke tahun. Swedia sendiri terkenal memiliki banyak pantai eksotik yang mempunyai jalur perdagangan laut super sibuk di dunia.

6. Kanada
Negara yang terletak di sebelah utara Amerika Serikat ini mempunyai nilai HDI 0.920. Tak hanya menyandang gelar negara maju, Negara yang beribu kota Ottawa ini juga salah satu negara terkaya di dunia dengan berlimpahnya sumber daya alam yang dimilikinya.  Selain itu, Kanada memiliki banyak destinasi wisata yang mendunia seperti air terjun Niagara serta beberapa destinasi seperti taman dan gunung yang menjadi pilihan utama wisatawan internasional yang mengunjungi negara tersebut.

7. Islandia
Islandia merupakan negara Nordik yang terletak di sebelah barat laut dari benua Eropa. Dengan jumlah penduduk yang kecil yaitu 230.823 jiwa dan HDI 0.921 serta pendapatan per kapita sebesar 50.173 USD membuat Islandia menjadi salah negara paling maju di seluruh dunia saat ini. Selain itu, Islandia dikenal dengan sebagai negara dengan keanekaragaman hayati yang lumayan banyak, tercatat sekitar 1300 spesies serangga menghuni negara ini.

8. Irlandia
Negara dengan ibu kota Dublin ini mempunyai sistem pemerintahan republik parlementer yang mana kepala negara dipilih oleh rakyat dan peran parlemen menjadi yang paling penting di Irlandia. Negara dengan HDI 0.923 dan jumlah penduduk sekitar 5 juta jiwa ini mampu menunjukkan pribadi yang bisa mengangkat negaranya termasuk ke dalam negara maju.

9. Belanda
Belanda adalah bangsa yang terkenal dengan kincir angin dan juga bunga tulipnya. Belanda merupakan negara yang hanya 20% daratan ini hidup setidaknya hanya 1 meter di atas permukaan laut. Belanda mempunyai HDI 0.924 dengan jumlah penduduk sekitar 23 juta jiwa ini merupakan salah satu pendiri dari uni Eropa.

Baca juga: Sejarah Dunia Yang Hilang Paling Terkenal

10. Jerman
Jerman merupakan negara paling berpengaruh di benua Eropa. Negara dengan jumlah penduduk lebih 82 juta jiwa ini memiliki HDI 0.926 dan pendapatan per kapita sekitar 46.896 USD membuat Jerman memiliki kesejahteraan masyarakat yang sangat baik.

Contoh negara maju di dunia memiliki indeks pembangunan manusia sangat tinggi sehingga masyarakatnya mampu hidup sejahtera dibanding dengan negara lain yang ada dunia. Bangsa Indonesia sendiri termasuk dalam negara berkembang, oleh karena itu mari kita saling memperbaiki dan terus belajar untuk memajukan Indonesia