Pengertian dan Cara Melakukan Gerakan Senam Lantai Sikap Lilin Dengan Benar

Pengertian dan Cara Melakukan Gerakan Senam Lantai Sikap Lilin Dengan Benar – Senam lantai sikap lilin adalah sebuah gerakan senam yang dilakukan di atas matras dengan gerakan kaki tegak berada di atas sedangkan kepala berada dibawah sehingga menyerupai lilin. Untuk mengawali gerakan ini badan terlentang terlebih dahulu kemudian secara perlahan kaki diangkat ke atas dengan otot perut dan bantuan tangan.

Senam Lantai Sikap Lilin

Sikap Lilin (img:sabutkelapaberkaret.wordpress.com)

Senam lantai sikap lilin ini harus dilatih secara rutin agar mendapatkan hasil maksimal dan bentuk tubuh yang ideal. Untuk melatih sikap lilin diperlukan beberapa gerakan utama agar bisa mencapai gerakan sikap lilin yang sempurna. Karena tidak semua orang dapat melakukan gerakan ini, apalagi bagi mereka yang mempunyai berat badan yang berlebih.

Gambar senam lantai sikap lilin yang nanti akan dibagikan dapat kalian praktekkan di rumah, namun pastikan jika peralatan seperti matras dan pakaian olahraga juga tidak boleh dilupakan. Jika untuk pemula tidak ada salahnya meminta bantuan kepada teman atau saudara untuk membantu menggerakkan tubuh sebagai awalan jika masih belum kuat. Berkut ini cara melakukan gerakan sikap lilin dengan benar.

Baca juga : Macam macam gaya lompat jauh

Cara Melakukan Gerakan Sikap Lilin dengan Benar :

1. Untuk sikap lilin awalan jongkok. Ambil sikap jongkok, setelah itu letakkan kedua tangan di atas matras dan badan membentuk sebuah segitiga sama sisi. Kemudian gerakan dahi di antara tangan kanan dan kiri, harus ditengah tengah agar seimbang saat melakukan pengangkatan.
2. Angkat kedua kaki dan pinggul keatas, bagi Anda yang baru melakukan senam ini dapat meminta bantuan orang lain untuk melakukannya agar tidak terjadi cedera. Setelah itu Anda dapat berdiri seperti lilin yang tegak keatas. Untuk mendapatkan keseimbangan gunakan kedua tangan sebagai penyangga.
3. Untuk sikap lilin awalan terlentang. Anda harus tidur terlentang dan kedua kaki lurus rapat, sedangkan kedua tangan lurus berada di samping kanan dan kiri.
4. Padangan lurus keatas, setelah itu angkat kedua kaki dan pinggul bantu menggunakan tangan untuk dorongan kaki ke atas. Kaki harus rapat dengan didorong menggunakan tangan yang berbentuk seperti siku. Pastikan jika kaki dan pinggul Anda lurus, setelah itu jaga keseimbangannya.
5. Saat melakukan pendaratan atau menurunkan kaki harus pelan pelan, hal tersebut agar tidak terjadi cedera.

Tujuan senam lantai sikap lilin adalah untuk melatih keseimbangan tubuh dan menjaga tubuh tetap sehat. Selain itu juga senam lantai merupakan salah satu dasar untuk senam kategori lainnya. Namun sebelum melakukan senam lantai sikap lilin, pastikan anda melakukan pemanasan terlebih dahulu Semoga tutorial cara melakukan senam lantai sikap lilin di atas dapat membantu Anda.

Pengertian dan Cara Melakukan Gerakan Senam Lantai Sikap Lilin Dengan Benar | perpus | 4.5
Leave a Reply