Sikap Lilin

Posted on

Cara Melakukan Gerakan Senam Lantai Sikap Lilin Dengan Benar – Pengertian Senam lantai sikap lilin adalah sebuah gerakan senam yang dilakukan di atas matras dengan gerakan kaki tegak berada di atas sedangkan kepala berada dibawah sehingga menyerupai lilin. Untuk mengawali gerakan ini badan terlentang terlebih dahulu kemudian secara perlahan kaki diangkat ke atas dengan otot perut dan bantuan tangan.

Senam Lantai Sikap Lilin
Sikap Lilin (img:sabutkelapaberkaret.wordpress.com)

Senam lantai sikap lilin ini harus dilatih secara rutin agar mendapatkan hasil maksimal dan bentuk tubuh yang ideal. Untuk melatih sikap lilin diperlukan beberapa gerakan utama agar bisa mencapai gerakan sikap lilin yang sempurna. Karena tidak semua orang dapat melakukan gerakan ini, apalagi bagi mereka yang mempunyai berat badan yang berlebih.

Gambar senam lantai sikap lilin yang nanti akan dibagikan dapat kalian praktekkan di rumah, namun pastikan jika peralatan seperti matras dan pakaian olahraga juga tidak boleh dilupakan. Jika untuk pemula tidak ada salahnya meminta bantuan kepada teman atau saudara untuk membantu menggerakkan tubuh sebagai awalan jika masih belum kuat. Berkut ini cara melakukan gerakan sikap lilin dengan benar.

Cara Melakukan Gerakan Sikap Lilin dengan Benar :

Dalam melaksanakan gerakan sikap lilin terdapat dua awalan yaitu dengan awalan jongkok dan awalan terlentang, berikut ini cara melakukannya :

1. Sikap lilin awalan jongkok.

  • Ambil sikap jongkok, setelah itu letakkan kedua tangan di atas matras dan badan membentuk sebuah segitiga sama sisi. Kemudian gerakan dahi di antara tangan kanan dan kiri, harus ditengah tengah agar seimbang saat melakukan pengangkatan.
  • Angkat kedua kaki dan pinggul keatas.
    Bagi Anda yang baru melakukan senam ini dapat meminta bantuan orang lain untuk melakukannya agar tidak terjadi cedera. Setelah itu Anda dapat berdiri seperti lilin yang tegak keatas. Untuk mendapatkan keseimbangan gunakan kedua tangan sebagai penyangga.

2. Sikap lilin awalan terlentang.

  • Anda harus tidur terlentang dan kedua kaki lurus rapat, sedangkan kedua tangan lurus berada di samping kanan dan kiri.
  • Padangan lurus keatas, setelah itu angkat kedua kaki dan pinggul bantu menggunakan tangan untuk dorongan kaki ke atas. Kaki harus rapat dengan didorong menggunakan tangan yang berbentuk seperti siku. Pastikan jika kaki dan pinggul Anda lurus, setelah itu jaga keseimbangannya.
  • Saat melakukan pendaratan atau menurunkan kaki harus pelan pelan, hal tersebut agar tidak terjadi cedera.

Baca juga : Macam macam gaya lompat jauh

Manfaat Sikap Lilin:

Jika kita secara konsisten berlatih sikap lilin maka kita akan mempunyai banyak manfaat bagi tubuh kita, berikut ini beberapa manfaat sikap lilin.

  • Tubuh Lebih Seimbang.
    Beberapa gerakan yang ada dalam sikap lilin membutuhkan keseimbangan, hal ini menuntut dalam melakukan gerakan ini kita harus konsentrasi dan berlatih keseimbangan tubuh. Dengan latihan secara konsisten maka tubuh kita juga akan lebih seimbang dan juga pastinya dapat membantu performa kita dalam bekerja.
  • Otot Perut Lebih Terbentuk.
    Gerakan sikap lilin memerlukan kekuatan otot perut, sehingga jika konsisten berlatih maka otot perut terbentuk dengan baik dan pastinya akan membuat tubuh lebih indah dan lebih sehat.
  • Membentuk Kelenturan Tubuh.
    Gerakan yang ada di sikap lilin ini akan membuat tubuh lebih lentur, karena seperti yang kita ketahui gerakan tubuh dituntut mampu untuk bergerak dan ditekuk dengan baik. Dengan kelenturan tubuh yang baik ini menandakan jika otot kita juga masih normal, dan itu merupakan hal penting bagi kesehatan serta menunjang aktifitas sehari-hari.
  • Tubuh Lebih Sehat.
    Semua olahraga jika dilakukan secara teratur dan sesuai porsi pasti akan membuat tubuh lebih sehat, sama dengan halnya sikap lilin ini. Jika konsisten berlatih maka tubuh juga akan lebih sehat karena kita akan sering berkeringat dan meregangkan otot serta sendi yang kaku.

Tujuan Sikap Lilin :

Fungsi senam lantai sikap lilin adalah untuk melatih keseimbangan tubuh dan menjaga tubuh tetap sehat. Selain itu juga senam lantai merupakan salah satu dasar untuk senam kategori lainnya.

Namun sebelum melakukan senam lantai sikap lilin, pastikan anda melakukan pemanasan terlebih dahulu Semoga tutorial cara melakukan senam lantai sikap lilin di atas dapat membantu Anda. Lihat juga Cara melakukan Gerakan Sikap Kayang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *