Sejarah Singkat Bangsa Indonesia Sebelum Sampai Kemerdekaan

Sejarah Singkat Indonesia – Sebagai warga negara Indonesia yang baik, sudah sepatutnya untuk mengetahui Sejarah singkat indonesia. Berdasarkan sejarah yang ada, Indonesia adalah wilayah yang dihuni oleh berbagai jenis manusia purba. Beberapa manusia purba yang diketahui ada di Indonesia adalah Homo floresiensis dan Pithecanthropus erectus. Setelah masa prasejarah, sejarah tentang Indonesia bisa dilihat dari adanya catatan dari China yang berisi tentang informasi bahwa Kerajaan maritim yang paling berkuasa pada zaman dulu adalah Kerajaan Sriwijaya.

Sejarah Indonesia

Sejarah Indonesia

Kerajaan yang menjadi pusat dalam mendalami agama Budha ini memiliki kekuasaan di Selat Malaka hingga laut Sumatera sejak abad ke 7 sampai dengan 13. Dinasti Syailendra yang berasal dari Kerajaan Mataram diketahui membangun Candi Borobudur yang terletak di Jawa Tengah. Candi Borobudur dikenal dengan arsitekturnya yang bercorak Budha. Kemudian diikuti dengan adanya pembangunan Candi Prambanan oleh Raja Rakai Pikatan yang merupakan keturunan Sanjaya. Candi Prambanan dibangun dengan corak Hindu.

Sejarah Singkat Indonesia Sampai Merdeka :

Sejarah singkat Indonesia selanjutnya adalah pada masa Kerajaan Majapahit yang berhasil menguasai kepulauan Nusantara pada tahun 1294. Kemudian, agama islam mulai masuk dan berkembang melalui adanya kegiatan perdagangan. Sampai dengan saat ini, islam adalah agama mayoritas masyarakat Indonesia. Hingga sekarang, agama Islam, Hindu, dan Budha berkembang di tanah air dan mempengaruhi masyarakat dari segi budaya dan cara hidup. Sejarah berlanjut ketika Marco Polo yang merupakan orang berkebangsaan Eropa menginjakkan kaki pertama kali di Sumatera.

Bangsa Spanyol dan Portugis diketahui sempat menguasai kepulauan yang diketahui memiliki banyak sekali rempah-rempah ini. Pada tahun 1596 pertama kalinya kapal Belanda berlabuh di laut Jawa Barat dan mulai menancapkan hagemoninya. Selama lebih dari 3 abad, Belanda menjajah kepulauan di tanah air hingga akhirnya berdirilah sebuah pemerintahan bernama Hindia Belanda. Sejak saat itu, terjadi pemberontakan yang dilakukan oleh masyarakat tanah air untuk melawan para penjajah.

Sejarah singkat berdirinya bangsa Indonesia juga mencatat bahwa Jepang sempat menjajah kepulauan Indonesia. Setelah adanya “Perang Asia Timur Raya”, dimana Amerika menyatakan akan memerangi Jepang pada 8 Desember 1941 di Pusat Pertahanan Amerika Serikat bernama “Pearl Harbour”. Selanjutnya, pemerintah Hindia Belanda juga ikut dengan sekutu untuk menyatakan perang dengan Negara Jepang. Pada awalnya, Jepang datang ke Indonesia untuk melumpuhkan pasukan Belanda. Lalu Jepang menguasai berbagai daerah di Indonesia. Wilayah Jepang semakin menjadi-jadi ketika mereka berhasil menguasai Batavia (sekarang Jakarta) pada 5 Maret 1942. Belanda yang semakin terdesak dengan adanya serangan Jepang akhirnya “menyerah tanpa syarat”. Mulanya, masyarakat Indonesia merespon baik kedatangan militer Jepang. Hal ini dapat dilihat adanya sikap yang kooperatif dari tokoh-tokoh Nasional seperti Ir. Soekarno dan juga Moh Hatta.

Baca juga : Peristiwa Bersejarah di Indonesia yang paling terkenal

Pada awal mula Sejarah singkat lahirnya bangsa Indonesia, Pemerintah Jepang terlihat aktif memberi kebaikan kepada rakyat Indonesia dengan membentuk berbagai organisasi masyarakat. Padahal dibalik kebaikannya tersebut, Jepang memiliki kepentingan di Indonesia. Beberapa organisasi yang diketahui dibuat oleh pemerintah Jepang adalah Pusat Tenaga Rakyat (PUTERA), Gerakan Tiga A, Seinendan, Jawa Hokokai, Fujinkai, Keibodan, MIAI, Heiho, dan Badan Penyelidik Usaha Usaha Persiapan Kemerdekaan RI (BPUPKI) yang dibentuk pada pemerintahan Perdana Menteri Tojo pada tahun 1943.

BPUPKI kemudian dibubarkan dan diganti menjadi PPKI atau Dokuritsu Junbi Inkai. PPKI bukanlah organisasi yang dibentuk oleh Jepang, melainkan panitia yang dibentuk berdasarkan hasil kesepakatan dan juga perjuangan para toko nasional yang berperan dalam kemerdekaan. Kekalahan Jepang saat melawan Amerika membuat negara ini semakin terpojok. Melihat hal tersebut, generasi muda Indonesia memanfaatkan kesempatan ini untuk memproklamasikan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945. Demikianlah Sejarah singkat Indonesia, semoga bermanfaat untuk Anda.

Sejarah Singkat Bangsa Indonesia Sebelum Sampai Kemerdekaan | perpus | 4.5