Peta Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Beserta Jenis dan Gambarnya

Peta Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Beserta Gambarnya РLokasi Indonesia sangat unik dan strategis. Benua Asia dan Australia berada disisi utara dan selatan serta Samudera Hindia dan Pasifik yang mengelilingi. Hal tersebut menyebabkan peta persebaran flora dan fauna di Indonesia memiliki karakter khusus. Penelitian terhadap pola flora dan fauna ini dilakukan oleh Ilmuwan bernama Wallace dan webber.

Peta Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia

Peta Persebaran Flora di Indonesia

Penelitian menunjukkan bagian Indonesia sebelah barat merupakan daratan yang terpisah dari Asia atau dikenal dengan nama Dangkalan Sunda. Laut-laut di sekitarnya memiliki kedalaman yang rendah hingga sedang. Oleh karena itu, sebagian besar hewan dan tumbuhan memiliki kemiripan dengan yang berada di Asia daratan. Sebaliknya, daratan bagian timur disebut dengan nama Dangkalan Sahul yang di masa lalu bergabung dengan benua Australia. Kemiripan flora dan fauna dapat disaksikan dengan jelas. Untuk mengetahui peta persebaran flora dan fauna di Indonesia lebih lanjut, simak ulasan berikut ini

Peta Persebaran Fauna di Indonesia

Peta Persebaran Fauna di Indonesia

Pembagian dan Peta Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia :

1. Asiatis
Fauna dan flora asiatis memiliki kesamaan dengan benua Asia. Contoh fauna adalah badak, harimau, gajah, dan kera. Gajah memiliki habitat di Sumatera, Jawa, dan Bali meskipun kini hanya Sumatera yang masih menjadi habitat alaminya. Spesies gajah lain juga ditemukan di India dan Thailand, bahkan dijadikan maskot negara tersebut. Harimau juga merupakan hewan asli Asia yang tersebar dari daratan Siberia, Asia Selatan, Asia Timur, hingga Asia Tenggara. Harimau Jawa dan Sumatera merupakan jenis harimau yang dilindungi.

Peta persebaran flora dan fauna di Indonesia juga mencakup tumbuhan. Contoh tumbuhan tipe asiatis adalah jati, meranti, kayu besi, rotan, pinus dan beringin. Jati merupakan tumbuhan asli yang hanya ada di daerah tropis, terutama Indonesia bagian barat. Kayu besi adalah tumbuhan asli Kalimantan yang juga mirip dengan beberapa tumbuhan sejenis di Asia selatan.

2. Australia
Mamalia berkantung merupakan hewan khas tipe Australia. Indonesia bagian timur mencakup wilayah Papua dan Maluku. Kesamaan fauna tampak dari beragam jenis burung dengan bulu indah, serta hewan marsupial atau berkantung. Contoh hewan tipe Australia adalah kuskus. Cendrawasih, kakatua, rusa, kanguru, dan kasuari. Peta persebaran flora dan fauna di Indonesia juga melibatkan flora daerah Australia.

3. Bagian tengah
Bagian tengah Indonesia merupakan area yang terpisah dari Asia dan Australia. Wilayahnya mencakup sebagian Kalimantan, Sulawesi dan Nusa Tenggara. Anoa adalah hewan endemik Indonesia yang tidak ditemukan di darah manapun. Selain itu, kadal raksasa komodo juga merupakan hewan yang hanya terdapat di pulau komodo dan beberapa pulau sekitarnya. Jika dilihat secara sepintas, fauna daerah tengah memiliki ciri gabungan antara barat dan timur. Untuk flora, tumbuhan juga beragam yang dipengaruhi oleh perbedaan ekosistem. Daerah nusa tenggara memiliki padang rumput yang kering. Selain itu, tumbuhan lain dari daerah tengah adalah cengkeh, akasia, anggrek, kayu hitam, kayu putih, dan cendana. Bagian barat Maluku juga terpengaruh tipe flora bagian tengah.

4. Non lokal
Anda pasti mengenal pisang dan mangga. Pernahkah anda bertanya asal dari pisang, mangga, dan singkong? Semua tumbuhan tersebut bukan berasal dari Indonesia. Mereka tidak masuk dalam kategori Asia, tengah, atau Australia. Pisang merupakan tumbuhan dari wilayah tropis di Amerika selatan. Tumbuhan tersebut dibawa pada masa Belanda lalu dikembangbiakkan.

Saat ini, banyak tumbuhan-tumbuhan yang sudah beradaptasi dengan iklim Indonesia dan dibudidayakan secara turun temurun. Anda mengenal banyak tumbuhan industri seperti tebu, kopi, kakao, dan sebagainya. Mereka bukan tumbuhan asli Indonesia. Pada peta persebaran flora dan fauna di Indonesia, keberadaan tumbuhan-tumbuhan tersebut tidak dapat dipisahkan dari sejarah pertanian Indonesia.

Peta Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Beserta Jenis dan Gambarnya | perpus | 4.5
Leave a Reply