Pengertian Populasi dan Sampel Serta Teknik Sampling Menurut Para Ahli Adalah

Pengertian Populasi Dan Sampel Serta Teknik Sampling pada dasarnya tidak begitu sulit jika Anda dipelajari dengan baik. Populasi sendiri adalah wilayah generalisasi yang di dalamnya terdiri dari subyek-subyek atau obyek yang memiliki karakteristik atau kuantitas tertentu yang telah ditentukan oleh peneliti. Obyek/subyek tersebut akan diteliti untuk kemudian dipelajari dan diambil kesimpulannya.

Yang dimaksud dengan populasi disini bukanlah manusia atau makhluk hidup saja. Tapi bisa juga benda mati atau kelompok lainnya. Disamping itu populasi juga bukan hanya sekedar kuantitas yang ada pada subyek atau obyek yang dipelajari, melainkan meliputi sifat-sifat dan karakteristik yang dimiliki oleh subyek atau obyek tersebut.

Pengertian Populasi

Pengertian Populasi

Pengertian Lengkap Populasi dan Sampel Serta Teknik Sampling :

Bahkan jika peneliti mau, satu orangpun bisa dipakai menjadi populasi. Hal ini dikarenakan setiap orang memiliki karakteristik dan ciri yang berbeda mulai dari cara berbicara, hobi, makanan kesukaan dan lain sebagainya. Pengertian tentang populasi menurut para ahli, misalnya adalah Arikunto yang mengatakan bahwa populasi merupakan keseluruhan dari objek penelitian. Sementara Ismiyanto berpendapat bahwa populasi merupakan keseluruhan totalitas objek penelitian yang bisa berupa benda, orang ataupun suatu hal yang dapat memberikan informasi penelitian dalam bentuk data.

Pengertian Lengkap Populasi Dan Sampel Serta Teknik Sampling saling berkaitan satu sama lainnya. Pasalnya untuk mengambil sampel, dibutuhkan populasi yang akan dijadikan sebagai obyek atau subyek penelitian. Lantas, apa pengertian dari sampel? Sampel merupakan sebagian dari kuantitas karakteristik atau ciri yang dimiliki oleh populasi. Sampel juga bisa dikatakan sebagai sebagian kecil dari populasi yang diambil oleh peneliti berdasarkan prosedur tertentu sehingga bisa diperoleh populasi yang mewakilinya.

Perlu diketahui bahwa dalam melakukan penelitian, para peneliti membutuhkan sampel untuk diambil informasinya. Karena keterbatasan biaya atau tenaga yang dimiliki, tidak mungkin peneliti mempelajari dan mengambil informasi dari semua populasi yang ada. Oleh karena itu, peneliti biasanya mengambil sampel yang akan dijadikan sebagai perwakilan dari populasi untuk diambil datanya. Dalam hal ini, peneliti tidak boleh sembarangan dalam mengambil sampel dari populasi yang ada. Sampel populasi yang diambil dam dicatat peneliti harus benar-benar representatif dan mewakili populasi yang ada. Pengertian Lengkap Populasi Dan Sampel Serta Teknik Sampling ini sangat menarik bukan? Lalu, apa yang dimaksud dengan teknik sampling?

Baca juga : Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia

Teknik Sampling adalah teknik yang dilakukan untuk pengambilan sampel. Ada banyak macam teknik pengambilan sampel untuk menentukan sampel populasi mana yang akan dipakai dalam kegiatan penelitian. Sekedar informasi, teknik sampling sendiri dikelompokkan menjadi dua bagian yakni teknik non-probability sampling dan probability sampling. Non probability sampling merupakan teknik yang pada dasarnya tidak memberikan kesempatan atau peluang yang sama untuk setiap anggota populasi agar dipilih menjadi sampel penelitian. Salah satu contoh teknik Non probability sampling adalah sampling Sistematis yaitu teknik pengambilan sampel yang didasarkan dengan urutan anggota populasi yang sebelumnya sudah diberi nomor urut.

Sementara probability sampling merupakan teknik sampling yang dalam pengambilan sampelnya masih memberikan kesempatan atau peluang pada semua anggota populasi untuk dijadikan sebagai anggota sampel. Contoh dari teknik ini adalah simpel random sampling yakni pengambilan sampel secara acak tanpa memerhatikan golongan atau strata dari populasi tersebut.

Demikianlah ulasan mengenai Pengertian Lengkap Populasi Dan Sampel Serta Teknik Sampling. Dengan adanya informasi ini, semoga menambah wawasan Anda.

Pengertian Populasi dan Sampel Serta Teknik Sampling Menurut Para Ahli Adalah | perpus | 4.5