10 Jenis Olahraga Untuk Meningkatkan Konsentrasi Otak Dan Kesehatan

Jenis Olahraga Meningkatkan Konsentrasi

Olahraga Untuk Meningkatkan Konsentrasi – Olahraga merupakan suatu kegiatan yang biasa dilakukan, karena olahraga memang sangat dibutuhkan untuk kesehatan manusia. Hal itu dikarenakan olahraga ini memiliki berbagai manfaat yang positif terhadap manusia. Mulai dari untuk meningkatkan kekebalan tubuh, untuk melancarkan peredaran darah sampai untuk meningkatkan konsentrasi.

Berbicara mengenai manfaat dari olahraga konsentrasi, banyak sekali olahraga yang dapat dilakukan yang salah satunya adalah olahraga catur. Catur ini memang membutuhkan konsentrasi yang cukup tinggi dalam melakukannya. Namun, untuk mengetahui lebih jauh lagi mengenai jenis olahraga untuk melatih konsentrasi, maka akan dijelaskan dibawah ini.

Olahraga Untuk Meningkatkan Konsentrasi:

  1. Catur
  2. Lari
  3. Jalan
  4. Panahan
  5. Sepeda
  6. Berenang
  7. Meditasi
  8. Senam otak
  9. Beladiri
  10. Basket

1. Catur
Konsentrasi memang sangat perlu untuk dimiliki. karena dengan memiliki konsentrasi yang tinggi maka orang dapat berfikir secara fokus dan juga lebih jernih. Bagi yang kurang bisa berkonsentrasi maka sebaiknya melakukan kegiatan yang mampu melatih otak dan konsentrasi Anda seperti melakukan catur. Catur ini merupakan permainan yang sudah sangat familiar dikalangan masyarakat.

Catur biasanya menang digunakan sebagai suatu selingan ketika sedang ada waktu senggang. Namun perlu Ada ketahui bahwa catur ini bukan sekedar permainan biasa. Namun, catur ini merupakan jenis olahraga untuk meningkatkan konsentrasi. Karena dalam permainan catur ini memang dituntut untuk berpikir keras untuk melakukan strategi agar tidak kalah. Catur memang bermanfaat untuk mengembangkan kecerdasan emosional, mencegah pikun dan yang terpenting adalah dapat mengoptimalkan kinerja dari kedua otak yaitu otak kanan dan otak kiri.

2. Lari
Mungkin Anda akan berpikir apa hubungan lari dengan konsentrasi. Lari ini memang merupakan olahraga yang sering dan mudah dilakukan. Lari ini memiliki berbagai manfaat seperti menghilangkan stres, meningkatkan kebugaran , dan juga menjaga kesehatan badan. Manfaat tersebut itulah yang akan membuat konsentrasi bisa meningkat. Selain itu, ada sebuah penelitian yang telah meneliti lebih jauh mengenai olahraga lari. Hasil dari penelitian tersebut menjelaskan bahwa dengan berlari maka pertumbuhan sel di dalam hipocamus menjadi bertambah. Area tersebut merupakan wilayah atau bagian otak yang memiliki tugas dan tanggung jawab dalam proses kinerja memori dan belajar. Jadi dapat disimpulkan bahwa lari merupakan jenis olahraga untuk melatih konsentrasi.

3. Jalan
Jalan merupakan kegiatan yang sudah dilakukan setiap hari oleh semua orang. Hal itu bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan dan kewaspadaan dalam otak. Oleh karena itu berjalan merupakan jenis olahraga untuk melatih konsentrasi. Untuk hasil yang optimal, Anda dapat melakukan olahraga ini secara rutin pada pagi hari. lakukan dengan kisaran waktu lima belas sampai tiga puluh menit setiap harinya. Jadi dengan begitu, konsentrasi akan meningkat dan semua tugas yang Anda miliki dapat terselesaikan dengan mudah dan dalam waktu yang cepat. Maka, sangat disarankan bagi Anda untuk melakukan olahraga ini.

Baca juga: Macam macam olahraga Air

4. Panahan
Untuk melakukan olahraga ini memang memerlukan pengorbanan. Karena untuk melakukan olahraga yang satu ini membutuhkan peralatan yang terbilang cukup mahal. Sehingga olahraga ini jarang dilakukan oleh masyarakat. Namun, hal tersebut sebanding dengan manfaat yang akan didapatkan. Karena dengan melakukan olahraga panahan ini maka akan meningkatkan konsentrasi dan juga kecerdasan otak. hal tersebut dilatarbelakangi karena dalam memanah, orang akan dituntut untuk membidik sasaran dengan tepat. Hal itulah yang membuat konsentrasi menjadi bertambah. Oleh karena itu, panahan menjadi salah satu Jenis olahraga untuk melatih konsentrasi.

5. Sepeda
Bersepeda merupakan olahraga yang sering dilakukan oleh masyarakat. karena biasanya sepeda menjadi alat transportasi untuk pergi ke suatu tempat yang jaraknya tidak terlalu jauh. Olahraga ini juga merupakan salah satu olahraga yang menyenangkan untuk dilakukan. Hal tersebut membuat sepeda bermanfaat untuk menghilangkan stress pada otak. Hal tersebut akan berdampak pada meningkatnya konsentrasi dalam berpikir. Jadi bisa dikatakan bahwa bersepeda merupakan jenis olahraga untuk melatih konsentrasi. Lakukan olahraga tersebut secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Berenang
Siapa yang sering melakukan olahraga yang satu ini? Biasanya olahraga renang dilakukan hanya sekedar sebagai hobi, untuk melatih pernafasan atau juga untuk menambah tinggi badan. Namun sebenarnya olahraga ini juga memiliki manfaat lain yaitu dapat meningkatkan konsentrasi. Hal tersebut dikarenakan olahraga ini melakukan koordinasi yang baik sehingga akan menghasilkan gerakan yang apik dan juga dinamis. Sehingga otak akan terlatih dan dapat meningkatkan konsentrasi. Jadi bagi Anda yang ingin memilih jenis olahraga untuk melatih konsentrasi maka jawabannya adalah berenang.

7. Meditasi
Meditasi merupakan olahraga yang sangat ringan untuk dilakukan. Konsep utama dari olahraga ini bukanlah mengosongkan pikiran Anda melainkan memusatkan pikiran Anda pada satu hal saja. Sehingga jika Anda melakukan meditasi dengan tepat dan benar maka akan memberikan manfaat yaitu dapat meningkatkan konsentrasi. Jadi Anda akan dilatih untuk memusatkan pikiran Anda pada satu pekerjaan sehingga membuat pikiran menjadi lebih tenang dan nyaman. Oleh karena itu, meditasi merupakan jenis olahraga untuk melatih konsentrasi yang bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

8. Senam otak
Apa Anda pernah melakukan senam otak? jika Anda pernah melakukannya maka Anda termasuk orang yang beruntung. Karena dengan melakukan senam otak ini akan membuat peredaran darah menuju otak menjadi lancar, meningkatkan memori, dan juga meningkatkan kinerja otak. Untuk melakukan senam otak ini Anda tidak memerlukan apapun. Cukup gunakan kedua tangan Anda seperti salah satu contohnya adalah letakkan satu tangan ke atas kepala dan satu tangan lagi di bagian perut. Kemudian lakukan gerakan menepuk kepala dan mengelus perut secara bersamaan. Lakukan hal tersebut dengan terus meningkatkan kecepatannya.

Itulah salah satu seman otak yang dapat Anda lakukan. Namun, sebenarnya masih banyak gerakan yang bisa dilakukan untuk senam otak ini. Lakukan secara rutin setiap harinya untuk hasil yang maksimal. Senam otak ini bisa menjadi salah satu jenis olahraga untuk melatih konsentrasi pilihan Anda.

9. Beladiri
Dalam melakukan olahraga beladiri ini bukan hanya persiapan fisik saja tetapi juga mengfokuskan pikiran. Hal tersebut tentunya sangat bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi Anda. olahraga beladiri ini menjadi salah satu jenis olahraga untuk melatih konsentrasi yang bisa Anda pilih. Jika Anda melakukan olahraga ini maka Anda akan mendapatkan segudang manfaat mulai dari dapat meningkatkan konsentrasi, menyehatkan badan, dan juga dapat melakukan perlawanan ketika dalam keadaan terancam.

Baca juga: Macam Macam Olahraga Beladiri

10. Basket
Olahraga ini merupakan salah satu olahraga yang sudah familiar dan diminati oleh masyarakat. Dalam melakukan olahraga ini dibutuhkan stamina yang baik dan juga konsentrasi yang baik pula. karena di dalam permainan ini Anda harus melakukan beberapa gerakan sekaligus seperti mendribel bola sambil berlari dan melakukan shooting. Hal tersebut ternyata bermanfaat dalam mengembangkan fungsi otak dan juga melatih konsentrasi Anda. Jadi, bagi Anda yang ingin memilih jenis olahraga untuk melatih konsentrasi maka sebaiknya memilih olahraga yang satu ini.

Olahraga memang merupakan kegiatan yang diperlukan untuk meningkatkan kebugaran tubuh. Selain itu, ternyata olahraga juga bisa meningkatkan konsentrasi dalam berpikir. Jenis olahraga untuk melatih konsentrasi ini banyak macamnya mulai dari yang sederhana seperti berjalan sampai yang memerlukan biaya seperti memanah. Jadi Anda bisa bebas memilih yang disesuaikan dengan keadaan Anda.

10 Jenis Olahraga Untuk Meningkatkan Konsentrasi Otak Dan Kesehatan | perpus | 4.5
Leave a Reply