15 Gunung Tertinggi di Indonesia Lengkap Beserta Lokasi dan Ketinggiannya

Daftar Gunung Tertinggi di Indonesia, Indonesia merupakan negara yang letaknya di ring of fire atau cincin api dunia. Hal itu menyebabkan negara ini memiliki banyak gunung berapi dan rawan gempa bumi. Gunung-gunung di Indonesia pun juga masih banyak yang aktif dari dulu hingga saat ini dan salah satunya adalah Gunung Merapi. Lalu apa saja gunung tertinggi di Indonesia? Di bawah ini Anda akan mendapatkan jawabannya.

Gunung Tertinggi di Indonesia

Gunung Tertinggi di Indonesia @instagram national geographic

Letak geografis Indonesia yang berada di antara 2 benua dan 2 samudera menjadikan negara ini sangat kaya akan keunikan alamnya. Gunung merupakan salah satu keajaiban alam yang bisa ditemui di bumi pertiwi ini. Ada ratusan gunung yang berdiri tegak di tanah air dan beberapa di antaranya adalah paling tertinggi di antara lainnya. Berikut ini daftar gunung tertinggi di Indonesia yang wajib Anda ketahui.

Gunung Tertinggi di Indonesia :

No Gunung Ketinggian Lokasi
1 Cartenzs Pyramid (4.884 mdpl) Puncak jaya, Papua
2 Gunung Puncak Mandala (4.760 mdpl) Kabupaten bintang, Papua
3 Gunung Puncak Trikora (4.750 mdpl) Papua barat, Papua
4 Gunung Ngga Pilimsit (4.717 mdpl) Papua
5 Gunung Yamin (4.595 mdpl) Papua
6 Gunung Kerinci (3.805 mdpl) Jambi, Sumatera
7 Gunung Rinjani (3.726 mdpl) Lombok, NTB
8 Gunung Semeru (3.676 mdpl) Lumajang, Malang, Jawa Timur
9 Gunung Sanggar (3.564 mdpl) NTB
10 Gunung Latimojong (3.478 mdpl) Enrekang, Sulawesi Selatan
11 Gunung Slamet (3.428 mdpl) Kabupaten Banyumas, Brebes, Tegal, Purbalingga, dan Pemalang ;
Jawa Tengah
12 Gunung Sumbing (3.371 mdpl) Wonosobo, Temanggung, dan Magelang; Jawa Tengah
13 Gunung Raung (3.344 mdpl) Bondowoso, Jmber, Banyuwangi ; Jawa Timur
14 Gunung Lawu (3.265 mdpl) Magetan ; Jawa Timur & Karanganyar; Jawa Tengah
15 Gunung Merbabu (3.145 mdpl) Magelang, Boyolali, Salatiga, dan Semarang ; Jawa Tengah

Selain daftar urutan gunung tertinggi di Indonesia yang dalam tabel tersebut, dibawah ini juga dijelaskan beberapa gunung beserta perilaku masyarakat yang tinggal di gunung tersebut.

Puncak Carstensz (Puncak Jaya) 4.884 mdpl
Gunung tertinggi di Indonesia yang pertama dan merupakan yang paling tinggi adalah puncak Carstensz Pyramid yang ada di Papua. Masyarakat Indonesia sendiri sudah mengenalnya sejak lama dan familiar dengan nama Puncak Jaya. Tinggi gunung ini adalah 4.884 mdpl dan di puncaknya diselimuti oleh salju abadi. Ini merupakan keajaiban yang dimiliki oleh negara yang dilewati oleh garis khatulistiwa karena terdapat salju abadi di sana. Keindahan dari Puncak Carstensz tidak hanya terkenal di Indonesia saja tetapi juga tersohor hingga mancanegara dan sering didaki oleh pendaki gunung internasional.

Baca juga : Ilmu Pengetahuan Umum

Gunung Kerinci 3.805 mdpl.
Gunung Kerinci memang lebih tinggi dari Semeru karena memiliki ketinggian 3.805 mdpl. Selain itu gunung tersebut juga merupakan gunung tertinggi di Sumatera tepatnya berada di Jambi. Yang menjadikan Gunung Kerinci ini menarik adalah fasilitasnya begitu lengkap. Bagaimana tidak? Di sana Anda bisa menemukan penginapan, rental mobil untuk sampai ke jalur pendakian.

Gunung Semeru 3.676 mdpl
Daftar gunung tertinggi di Indonesia berikutnya adalah Gunung Semeru yang berada di Jawa Timur. Gunung ini pun juga disebut sebagai atapnya Pulau Jawa karena merupakan gunung tertinggi di Jawa. Semeru dikenal sebagai gunung yang memiliki jalur pendakian dengan pemandangan indah seperti Oro-Oro Ombo dengan taman lavendernya kemudian Ranukumbolo yang tersohor dengan danau jernihnya. Gunung ini pun semakin terkenal setelah adanya film 5cm yang mengekspos keunikan yang ada di gunung tersebut.

Gunung Rinjani 3.626 mdpl
Salah satu gunung yang paling tinggi di Indonesia berikutnya adalah Gunung Rinjani yang berada di Kabupaten Lombok Utara, NTB. Gunung ini memiliki ketinggian 3.626 mdpl dan juga memiliki jalur pendakian yang eksotis seperti adanya air terjun Tiu Kelep dan danau Segara Anak yang begitu indah.

Gunung Slamet 3.428 mdpl
Gunung di Jawa Tengah ini merupakan salah satu gunung tinggi di Indonesia. Gunung Slamet dikenal sebagai gunung yang cocok bagi pendaki yang suka dengan tantangan. Pasalnya, gunung ini memiliki jalur pendakian yang cukup ekstrim dan sangat menguras tenaga, terutama jika pendakian via jalur Baturraden (Purwokerto).

15 gunung tersebut merupakan yang tertinggi di Indonesia. Banyak orang yang mendaki gunung tersebut untuk melihat keindahan Indonesia dari atas. Kelima gunung itu memiliki keunikan serta keistimewaan masing-masing yang menjadi ciri khasnya. Dengan mengetahui daftar gunung tertinggi di Indonesia tentunya Anda menjadi tahu dan bisa dijadikan informasi atau pun referensi dalam mendaki.

15 Gunung Tertinggi di Indonesia Lengkap Beserta Lokasi dan Ketinggiannya | perpus | 4.5