Macam Macam Gaya Lompat Jauh Serta Teknik Dasar Dan Penjelasannya

Macam Macam Gaya Lompat Jauh

Gaya Lompat Jauh

Macam Macam Gaya Lompat Jauh Dan Penjelasannya – Dalam perlombaan atau kompetisi olahraga yang digelar resmi oleh pemerintah pasti akan ada kategori lomba lompat jauh. Kategori lomba lompat jauh ini selalu masuk dalam jenis lomba seperti PON, Porprov atau porkab. Oleh karena ini banyak di sekolah baik SD, SMP maupun SMA mulai melatih para siswa untuk melakukan latihan lompat Jauh.

Salah satu gaya lompat jauh yang banyak dipelajari adalah lompat jauh teknik melayang. Namun jika Anda ingin menjadi atlet lompat jauh profesional, Anda harus mengetahui semua gaya lompat jauh. Hal tersebut dikarenakan jika Anda menguasainya dengan baik, maka saat melakukan pertandingan Anda akan dapat mendapatkan jarak yang maksimal atau terjauh.

Pada kesempatan ini Perpustakaan online akan berbagi dengan Anda tentang Macam macam gaya lompat jauh yang biasanya digunakan saat perlombaan. Silahkan pilih gaya yang sesuai dengan kemampuan dan menurut Anda paling cocok Anda gunakan saat perlombaan, berikut ini detailnya.

Macam Macam Gaya Lompat Jauh :

  1. Gaya jongkok. (Gaya ortodok)
  2. Gaya berjalan di udara. (Walking in the air)
  3. Gaya menggantung. (Schnepper/hang style)

Gaya Lompat Jauh Beserta Teknik dan Penjelasannya :

Lompat Jauh Gaya jongkok

Lompat Jauh Gaya jongkok (img:brianmac)

1. Gaya Jongkok
Gaya jongkok lompat jauh adalah teknik lompat jauh yang diawali dengan lari secepat mungkin dari awal lintasan dan tidak mengurangi kecepatan hingga melakukan tumpuan saat melompat. Saat melakukan tolakan badan lebih digerakkan, kemudian awali dengan ujung tumit, telapak kaki dan ujung kaki setelah itu kedua kaki digerakkan ke depan. Saat berada di udara tangan lurus kedepan beserta badan setelah itu gerakkan tangan kebelakang. Saat mendarat pastikan menggunakan ujung tumit kemudian berat badan lebih condong kedepan, jangan sampai badan jatuh kebelakang karena dapat mengurangi jarak lompatan.

Lompat Jauh Gaya Berjalan di Udara

Lompat Jauh Gaya Berjalan di Udara (img:brianmac)

2. Gaya Berjalan di Udara
Teknik gaya berjalan di udara adalah teknik lompat jauh yang hampir sama dengan gaya jongkok baik saat melakukan awalan, tolakan atau tumpuan dan mendarat. Namun yang membedakan adalah saat berada di udara, pada teknik ini Anda harus mampu mengayunkan kaki seperti orang berjalan saat berada di udara. Oleh karena itu teknik ini dinamakan dengan gaya berjalan di udara.

Baca juga : Ukuran Lapangan Lompat Jauh

Lompat Jauh Gaya menggantung

Lompat Jauh Gaya menggantung (img:brianmac)

3. Gaya Menggantung
Teknik gaya menggantung adalah teknik lompat jauh dengan posisi badan melenting kedepan kemudian posisi tangan berada di samping telinga serta posisi kaki rapat dibelakang saat berada di udara. Untuk teknik awalan, tolakan/tumpuan dan mendarat sama dengan kedua teknik di atas. Untuk melihat jelas silahkan liat masing masing gambar tersebut.

Macam macam gaya lompat jauh di atas dapat Anda latih sesuai dengan gaya yang Anda inginkan. Untuk mendapatkan lompatan yang maksimal Anda harus melatih otot kaki dengan sering berlari atau melompat, karena hal tersebut akan membantu saat melakukan tolakan agar lompatan yang diperoleh maksimal.

Macam Macam Gaya Lompat Jauh Serta Teknik Dasar Dan Penjelasannya | perpus | 4.5
Leave a Reply