Kunjungi 3 Perpustakaan di Surabaya Ini Untuk Tingkatkan Ilmu Komunikasi

Posted on
Perpustakaan di Surabaya

Surabaya merupakan salah satu kota terbesar yang ada di Indonesia, ibukota Provinsi Jawa Timur ini merupakan kota terbesar kedua setelah Jakarta. Memang jika kita berkunjung ke Surabaya kita akan menjumpai banyak Industri dan juga kampus yang mempunyai rangking 10 besar di Indonesia.

Kota Surabaya juga menyediakan banyak fasilitas umum dibidang pendidikan yang dapat diakses secara gratis oleh warga Surabaya atau luar Surabaya. Salah satu fasilitas yang penting untuk dunia pendidikan adalah Perpustakaan, dengan adanya perpustakaan yang dapat diakses secara gratis dan mempunyai fasilitas yang baik merupakan prestasi tersendiri bagi kota Surabaya.

3 Perpustakaan di Surabaya :

Bagi Anda yang gemar membaca dan mencari pengetahuan baru, berikut ini ada 3 perpustakaan umum di Surabaya yang dapat di akses secara gratis dengan fasilitas yang membuat pembaca nyaman dan dapat konsentrasi penuh.

C2O Library & Collabtive

Perpustakaan ini cocok bagi Anda yang ingin belajar dan berkarya secara bersamaan, karena di tempat ini selain mempunyai ribuan buku referensi juga mempunyai fasilitas ruang kerja bersama atau yang sering kita sebut dengan istilah coworking space. Jadi selain memperoleh ilmu baru di sini Anda juga dapat menjalin relasi dengan pengunjung lainnya untuk mengembangkan karya Anda.

Selain Coworking Space dan buku, tempat ini juga mempunyai banyak agenda seperti pemutaran film, jelajah kota, mengadakan festival, loka karya, diskusi buku dan kegiatan positif lainnya. Lokasi C2O Library & Collabtive berada di Jl. Doktor Cipto No.22, DR. Soetomo, Kecamatan Tegalsari. Untuk jam bukanya mulai pukul 11.00 hingga 21.00 WIB.

Taman Ekspresi

Meskipun sebuah taman, namun terdapat fasilitas perpustakaan yang mempunyai koleksi buka yang lengkap. Beberapa jenis buku yang terdapat pada perpustakaan ini adalah buku tentang sosial budaya, religi, novel, buku pendidikan sekolah dan banyak buku dengan topik lainnya.

Selain buku, perpus ini juga menyediakan akses wifi secara gratis. Ini menjadi salah satu daya tarik masyarakat untuk berkungkung kesini, karena mereka selain dapat belajar buku cetak para pengunjung juga dapat membaca melalui referensi yang ada di Internet. Untuk jam buka perpustakaan ini mulai pukul 07.30 – 16.00 WIB hari Senin-Minggu.

Perpustakaan Balai Pemuda Surabaya

Lokasi perpustakaan ini berada di pusat kota Surabaya tepatnya di Balai Pemuda. Untuk Anda yang berkunjung di sini, Anda dapat menikmati fasilitas sebuah agenda yang bernama Wisata Buku, isi dari agenda ini adalah untuk mengenalkan buku dan fasilitas yang ada di perpustakaan kepada para pengunjung agar lebih giat dan rajin untuk membaca buku serta menambah literasi di Perpustakaan.

Di sini tidak hanya untuk anak pelajar, namun ada juga kegiatan bagi ibu dan anaknya untuk mengikuti kelas parenting yang tentunya sangat bermanfaat untuk proses mendidik dan tumbuh kembang anak.

Itu beberapa perpustakaan di Surabaya yang dapat Anda akses secara gratis. Dengan adanya fasilitas tersebut, kita harus memanfaatkannya dengan baik karena dengan kemajuan teknologi saat ini kita juga harus mengimbangi dengan menambah ilmu pengetahuan dan belajar berkomunikasi dengan baik.

Karena jika mempunyai komunikasi yang baik kita dapat mengembangkan karir dengan baik juga, selain itu dengan komukasi yang baik akan memberikan beberapa manfaat berikut ini.

  • Teamwork Lebih Solid.
    Dalam sebuah teamwork yang solid pasti ada komunikasi yang baik antara pemimpin dan anggotanya. Dengan komunikasi ini akan lebih meningkatkan efektifitas setiap kegiatan atau projek yang dikerjakan dalam tim.
  • Lebih Produktif.
    Produktifitas pastinya didasari juga oleh cara berkomunikasi, dengan komunikasi yang efektif maka akan membuat setiap individu lebih produktif dalam menghasilkan sebuah karya.
  • Terus Mampu Berinovasi.
    Setiap perusahaan harus mampu berinovasi jika ingin terus berkembang dan bersaing diera saat ini. Inovasi yang dilakukan oleh perusahaan biasanya diawali dengan adanya komunikasi yang baik antara staff dan atasan, dengan adanya komunikasi yang baik sehingga staff tidak takut untuk menyampaikan ide-idenya untuk inovasi dan kemajuan perusahaan.

Kenapa Harus Belajar Komunikasi ?

Ilmu Komunikasi

Dengan mengetahui beberapa manfaat ilmu komunikasi di atas pastinya kita ingin meningkatkan kemampuan ilmu komunikasi yang kita miliki. Bagi Anda yang berada di daerah Surabaya, Anda dapat belajar di Universitas Komunikasi dekat Surabaya. Universitas tersebut adalah Universitas Bina Nusantara Malang.

Universitas BINUS Malang ini mempunyai Jurusan Ilmu Komunikasi, di sini mahasiswa akan memperoleh materi tentang Kewirausahaan, Penelitian, Community Development, dan tentunya program magang yang merupakan salah satu elemen penting agar mahasiswa belajar langsung di tempat kerja.

Untuk prospek kerja dari alumni BINUS sangat relevan dengan kemajuan teknologi saat ini. Beberapa prospek kerja dari mahasiswa BINUS Jurusan Ilmu Komunikasi adalah menjadi seorang Jurnalis, Penulis, Kameramen, Sutradara, Reporter, MC dan salah satu profesi favorit saat ini yaitu menjadi seorang Youtuber atau Video Blogger.

Seperti yang kita ketahui dalam Jurusan Ilmu Komunikasi pastinya mahasiswa akan terbiasa dengan kegiatan membuat konten, melakukan pengambilan gambar dan video, editing, dan pastinya mampu melakukan public speaking dengan baik.

Dengan berbekal ilmu komunikasi dan ilmu kewirausahaan untuk mengembangkan bisnis saat kuliah pastinya menjadi bekal yang berharga bagi alumni untuk merintis bisnisnya untuk meraih kesuksesan, dan sesuai dengan tujuan Universitas saat ini yang menciptakan lulusan lebih banyak untuk menjadi seorang Wirausaha dibandingkan dengan seorang mencari pekerjaaan.

Profil Alumni.

Untuk alumni, Universitas Bina Nusantara sudah mencetak banyak entrepreneur sukses yang mampu memberikan lapangan pekerjaan bagi banyak orang, sebut saja CEO dari Tokopedia, Wiliam Tanuwijaya. Pria kelahiran Pematang Siantar ini merupakan alumni BINUS Angkatan 1999, dengan kegigihannya dan ilmu yang didapat selama kuliah dia berhasil menciptakan salah satu marketplace terbesar di Indonesia.

Selain Wiliam, terdapat pula alumni BINUS yang mampu menciptakan salah satu portal belajar Bahasa Inggris terbesar di Indonesia yaitu Tyovan Ari Widagdo. Selain mereka masih banyak lagi cerita alumni BINUS yang sukses di bidang bisnis.

Tidak hanya menjadi seorang wirausahawan, alumni dari Universitas Bina Nusantara juga banyak yang bekerja di perusahaan multinasional. Sebut saja Jessica Handojo, perempuan ini merupakan alumni BINUS yang mampu bekerja di bidang software Engineer di Google Tokyo. Dengan berbekal ilmu pemograman dan kecerdasan buatan saat kuliah, wanita ini mampu bersaing dengan para pemogram handal dari seluruh penjuru dunia.

Baca juga: Pakaian Adat 34 Provinsi di Indonesia

Tidak hanya dibidang Bisnis Digital, alumni jurusan ilmu komunikasi juga ada yang berhasil menjadi Direktur di Karya Indonesia Konstruksi. Karena dalam bekerja tidak hanya skill kompetensi yang berpengaruh, namun ilmu komunikasi juga sangat penting. Dengan komunikasi yang mumpuni maka akan mampu membangun relasi, mampu memberikan pelayanan yang terbaik, dan juga dapat melakukan sinergi yang luar biasa antar perusahaan.

Bagaimana sudah tertarik untuk bergabung untuk Jurusan Ilmu Komunikasi ? kalau tertarik langsung saja bergabung dan bertemu orang-orang Sukses yang ada di Sana.