Pakaian Adat Jawa Tengah Pria dan Wanita Serta Keterangannya

Posted on

Pakaian Adat Jawa Tengah

Pakaian Adat Jawa Tengah, Seperti yang diketahui bahwa negara Indonesia adalah negara Kepulauan yang terdiri dari beberapa pulau. Pada masing-masing pulaunya pun memiliki ciri khas yang berbeda baik dari adat istiadat maupun budaya, tak terkecuali dengan pulau Jawa. Pulau Jawa sendiri merupakan salah satu pulau di Indonesia yang memiliki jumlah penduduk paling padat.

Di Pulau Jawa terdapat salah satu daerah yang sampai sekarang masih menjunjung tinggi nilai adat istiadat dan budaya setempat, daerah tersebut yaitu Jawa Tengah. Jawa Tengah merupakan salah satu wilayah di Pulau Jawa yang letaknya berbatasan dengan Daerah Istimewa Yogyakarta di bagian barat dan Jawa Timur di bagian timur.

Budaya yang terdapat di daerah Jawa Tengah pun tidak jauh berbeda dengan yang terdapat di daerah lainnya yaitu terdiri dari beberapa elemen penyusunan yang salah satunya adalah Pakaian Adat. Mungkin sebagai dari Anda sudah pernah tahu bahkan pernah memakai Baju Adat Jawa Tengah, namun kebanyakan orang belum tahu apa saja Nama Pakaian Adat Jawa Tengah yang sering di pakai oleh masyarakat setempat. Oleh karena itu, berikut akan dijelaskan seperti apa pakaian adat yang berasal dari Jawa Tengah.

Baju Adat Jawa Tengah:

Jawi Jangkep

pakaian adat jawa tengah
@qlapa

Sebelum membahas tentang pakaian adat terlalu jauh, tentunya pembahasan tidak hanya membahas satu orang saja, pria saja ataupun wanita saja. Tetapi memang sebaiknya dibahas secara keseluruhan. Perlu Anda ketahui bahwa Baju Adat Jawa Tengah Pria dan Wanita memiliki nama dan motif yang berbeda. Jawi Jangkep merupakan salah satu pakaian adat khusus pria. Pakaian ini merupakan pakaian resmi yang berasal dari Jawa Tengah.

Jawi Jangkep terdiri dari atasan yang berupa baju beskap yang biasanya memiliki motif bunga, sedangkan untuk bawahannya berupa kain jarik yang dililitkan pada ikat pinggang yang tersedia. Selain itu tadi, untuk menambah kesan tampan dan mempesona perlu ditambahkan beberapa aksesoris pelengkap, seperti keris, alas kaki, blangkon untuk penutup kepala dan bunga melati yang dililitkan di bagian leher.

Kebaya.

Kebaya
@grosirkebaya

Selanjutnya adalah pakaian adat yang biasa digunakan oleh wanita. Sebagian dari Anda mungkin tidak asing dengan nama pakaian yang satu ini karena hampir di seluruh daerah d Pulau Jawa untuk pakaian adat wanita memiliki nama yang sama. Kita ambil contoh salah satu Pakaian Adat Jawa Barat khusus wanita juga bernama kebaya walaupun keduanya memiliki motif dan bentuk yang berbeda. Pada umumnya kebaya dibuat dari bahan beludru, kain sutera brokat, kain katun, dan nilon yang memiliki warna cerah menyala.

Kebaya sendiri terdiri dari atasan berupa kebaya, kemben, kain tapih pinjung dan stagen. Sedangkan untuk bagian bawah sama halnya dengan jawi jangkep yaitu berupa kain jarik. Pada bagian kepalanya terdapat konde yang diperindah dengan bunga melati pada bagian atas. Selanjutnya untuk menambah kesan keindahan ditambahkan beberapa aksesoris seperti cincin, kalung, gelang, subang dan kipas. Perlu Anda ketahui bahwa dalam penggunaan pakaian ini harus diatur sedemikian rupa yang disesuaikan dengan status sosial orang tersebut.

Batik.

Batik
@fashionsmodern

Merupakan busana wajib dari dulu hingga sekarang. Sehingga tidak salah jika batik lebih populer dibandingkan dengan pakaian adat yang lainnya. selain untuk mencarinya pun sangat mudah karena saat ini batik bisa ditemukan dimanapun dan kapan pun.

Kanigaran.

Kanigaran
@silontong

Kanigara merupakan salah satu pakaian adat yang diperuntukkan untuk para golongan bangsawan. Pakaian ini paling sering dipilih oleh calon pengantin karena pakaian ini memiliki nilai dan makna yang sangat tinggi dan kental.

Surjan dan Beskap.

Beskap
@dewisundari

Merupakan jenis pakaian adat yang digunakan oleh laki-laki. Perlu diketahui bahwa di daerah Yogyakarta surjan digunakan sebagai pakaian beberapa pegawai di perusahaan ataupun lembaga.

Basahan.

Mungkin istilah yang satu ini masih begitu asing ditelinga Anda. Pakaian ini khusus digunakan oleh wanita pada saat acara pernikahan.

Baca juga: Baju Adat Jawa Timur

Makna dan Filosofi.

Suatu daerah memiliki cerita yang tentunya tidak sama dengan daerah lainnya. Sama halnya dengan pakaian adat, masing-masing daerah mempunyai model dan corak yang berbeda yang biasanya sesuai dengan sejarah dari daerah tersebut. Makna Baju Adat Jawa Tengah yaitu pakaian kebaya memiliki makna dan filosofi tersendiri. Filosofi kebaya menurut masyarakat Jawa Tengah, yaitu memiliki arti sebuah simbol kepatuhan, kehalusan dan tindak tanduk yang selalu diikuti dengan sikap yang lemah lembut.

Lalu mengapa kebaya dipakai dengan dililiti kain jarik? Hal tersebut pun memiliki makna bahwa seorang wanita yang menggunakan lilitan kain jarik akan merasa kesulitan untuk bergerak dengan cepat, bukan berniat untuk membatasi setiap gerak wanita. Namun ini sebagai simbol bahwa seorang perempuan harus bisa diatur dan identik dengan pribadi yang lemah lembut.

Perbedaan Baju Adat Solo dengan Jawa tengah

pakaian adat solo
@mahligaiindonesia

Lalu, apakah baju adat Jawa Tengah Solo sama dengan pakaian yang ada di Jawa Tengah? Pada umumnya baju yang dipakai baik di Jawa Tengah maupun Solo memiliki model dan corak yang sama. Namun yang membedakan antara keduanya yaitu dari bahan yang digunakan. Seperti yang diketahui bahwa di Jawa Tengah khususnya Solo memiliki budaya dalam menetapkan pakaian yang akan dikenakan seseorang.

Penetapan penggunaan pakaian tersebut dilihat dari status sosial orang tersebut. Apakah masuk dalam golongan bangsawan, kaum menegah atau kaum jelata. Sebelumnya Jangan berpikir negatif terlebih terhadap kaum jelata ini. Justru kaum ini adalah kaum yang sangat menjunjung tinggi dalam hal nilai adat istiadat dan budaya namun di apresiasikan ke dalam pakaian yang memiliki model atau bentuk yang sederhana.

Selanjutnya untuk semakin mengenalkan apa saja pakaian adat yang ada dipulau Jawa. Berikut ini akan sedikit ditunjukkan Nama Pakaian Adat Suku Jawa yang wajib untuk Anda ketahui.

  • Pakaian Mantenan dari Jawa Timur.
    Sesuai namanya Jenis pakaian yang satu ini sering digunakan untuk acara pernikahan di daerah Jawa Timur.
  • Pakaian Cak dan Pakaian Ning dari Jawa Timur.
    Anda pernah melihat kontes pemilihan Cak dan Ning di kota Surabaya? Jika pernah pastinya Anda melihat pakaian yang di gunakan oleh semua finalis Cak dan Ning. Perlu Anda ketahui bahwa pakaian yang dikenakan tersebut merupakan pakaian Cak dan Ning dari Jawa timur.
  • Pakaian Jawi Jangkep dan Kebaya dari Jawa Tengah
    Jawi Jangkep merupakan pakaian resmi yang dikenakan oleh pria, sedangkan kebaya pakaian resmi yang dikenakan oleh wanita. Pakaian ini sering di pakai acara resmi di daerah Jawa Tengah.
  • Pakaian Pengantin adat Jawa Tengah.
  • Pakaian Adat untuk Kaum Bangsawan dari Jawa Barat.
  • Pakaian adat untuk Kaum Menengah dari Jawa Barat.
  • Pakaian adat untuk kaum jelata dari Jawa Barat

Baca juga: Baju Adat Jawa Barat

Itu tadi sedikit gambaran dan penjelasan tentang adat istiadat dan budaya khususnya yang berkaitan dengan pakaian adat yang ada di Jawa Tengah. Semoga informasi tersebut dapat menjawab kebingungan Anda mengenai bentuk pakaian adat dan makna serta filosofi dari pakaian adat Jawa Tengah.