Misteri Gunung Semeru Yang Masih Belum Banyak Diketahui

Gunung Semeru

Gunung semeru merupakan gunung tertinggi di pulau jawa, yaitu memiliki ketinggian 3676 m di atas permukaan air laut. Gunung ini menjadi salah satu destinasi pendakian favorit bagi pecinta alam. Medan yang lumayan sulit dan misteri yang tersimpan di dalamnya, tak menyurutkan niat para pendaki untuk tetap menaklukkan gunung semeru ini. Keindahan panorama alam yang memukau menjadi salah satu hal yang menarik untuk dilewatkan.

Seperti halnya gunung-gunung lain di Indonesia, Gunung yang berada di jawa timur Tepatnya di kabupaten Lumajang ini, Merupakan salah satu gunung yang menyimpan banyak misteri. Sebuah kepercayaan masyarakat yang diyakini secara turun menurun yang tidak diketahui pasti kebenarannya. Karena hal hal mistis yang dipercayai adanya tersebut hanya diketahui oleh orang-orang tersentu saja.

Bagi anda yang mengalami kejadian mistis pasti akan merasa percaya, akan tetapi bagi yang tidak mengalaminya sendiri bisa percaya bisa tidak karena bagi anda belum menemukan sebuah bukti. Berikut perpustakaan akan berbagi beberapa misteri gunung semeru yang dipercayai oleh masyarakat sekitar.

Misteri Gunung Semeru:

1. Ikan Mas Ranukumbolo

Ranu kumbolo merupakan sebuah danau gunung yang berada di kaki gunung semeru di pegunungan tengger. Luasnya mencapai 15 hektar. Danau ini memiliki keindahan yang masih asri dan indah. Ranu Kumbolo merupakan bagian dari taman nasional Bromo Tengger. Selain keindahan alam yang dimilikinya, Ranu kumbolo juga dikenal sebagai danau yang angker. Terdapat berbagai misteri yang diyakini oleh masyarakat sekitar. Salah satunya adalah larangan untuk menangkap Ikan di Danau Ranu Kumnolo Ini.

Terdapat jenis ikan mas yang menurut keyakinan masyarakat adalah jelmaan dari dewi-dewi yang ditugaskan untuk menjaga danau ini. Ikan ini juga tidak diketahui asala muasalnya. Tiba-tiba saja di atas gunung terdapat sebuah danau dengan ikan masnya. Jika anda melanggar keyakinan tersebut dengan menagkap ikannya, niscaya akan mendapatkan peristiwa yang aneh-aneh yang bisa anda temui.

2. Mbah Dipo

Mbah dipo merupakan juru kunci dari gunung Semeru. Juru Kunci merupakan seseorang yang dianggap memiliki kekuatan untuk bisa berkomunikasi dengan gunung. Seorang Juru kunci biasanya tau tanda-tanda alam yang diberikan oleh gunung akapan gunung akan meletus dan lain sebagainya. Seperti halnya bah marijan yang terkenal sebagai juru kunci gunung merapi, Mbah Dipo merupakan juru kunci gunung Semeru ini. Dahulu kala apabila terjadi gunung meletus, orang-orang akan lebih mempercayai mbah dipo dari pada pemerintah. Akan tetapi sayangnya mbah dipo kini sudah tiada.

Terdapat sebuah wasiat yang diberikan oleh mbah dipo sebelum wafatnya, yaitu larilah ke arah sungai saat gunung meletus. Entah apa maksud yang terkandung dari wasiat tersebut. Sampai saat ini, Kebenaran tentang wasiat tersebut belum bisa dijelaskan. Anda boleh meyakininya, boleh tidak.

3. Hantu Wanita Ranu Kumbolo

Selain misteri tentang Ikan Mas yang merupakan jelmaan dari dewi-dewi penjaga danau Ranu Kumbolo, Di area Danau Ranu Kumbolo ini juga terkenal dengan misteri seorang hantu wanita yang sering menampakkan diri di sekitar danau tersebut.

Penampakan hantu wanita yang diyakini penunggu danau ranu kumbolo tersebut sering ditandai dengan munculnya kepulan kabut asap yang tebal. Cukup membuat bulu kudu merinding bukan? Akan tetapi anda tidak usah merasa khawatir, karena jika anda tidak mengganggu keberadaan mereka biasanya mereka juga tidak akan mengganggu keberadaan manusia. Mereka mahluk astral sama-sama diciptakan dan memang berdampingan.

4. Arcopodo

Arcopodo merupakan salah satu misteri yang terdapat di Gunung Semeru. Arcopodo merupakan patung kembar yang dipercaya oleh masyarakat merupakan pendirinya yaitu prajurit kerajaan majapahit. Namun keberadaan patung tersebut tidak bisa dilihat oleh sembarang orang, hanya orang-orang tertentu saja yang memiliki kemampuan untuk bisa melihat patung arcopodo ini.

Terdapat berbagai versi dari orang yang pernah melihat keberadaan arcopodo ini. Ada yang berpendapat bahwa patung tersebut sebesar anak kecil, akan tetapi ada pula yang berpendapat bahwa patung arcopodo sebesar raksasa sehingga bisa terlihat dari jarak jauh. Area patung arcopodo ini merupakan area yang luas dan lapang pos terakhir sebelum mencapai puncak mahameru.

Baca juga: Gunung Tertinggi di Dunia

5. Kelik

Kelik merupakan kawasan yang berada di jalur pendakian gunung semeru yang berisi sebuah keramik dengan memiliki ukuran 2 x 60 cm yang tertancap di tepi danau ranu kumbolo. Satu berwarna hitam satunya lagi berwarna putih. Meskipun memiliki ukuran yang berbeda akan tetapi kedua batu keramik tersebut dibangun dengan maksud yang sama yaitu untuk mengenang mereka yang meninggal dunia saat mendaki gunung Semeru ini, yang merupakan gunung tertinggi di pulau Jawa.

Saat melewati kawasan ini sering kali para pendaki untuk berdiri sejenak untuk mengenang dan mendoakan mereka yang telah pergi lebih dulu. Selain itu juga memberikan refleksi diri agar selalu hati-hati saat melakukan pendakian, terlebih saat mendaki gunung semeru yang memiliki medan yang cukup terjal dan sulit. Sebenarnya tujuan mendaki bukanlah mencapai puncak akan tetapi untuk bisa kembali lagi dengan selamat.

Beberapa pendaki yang meninggal saat mendaki gunung semeru adalah Soe Hok Gie dan Idan Lubis, keduanya meninggal karena menghirup gas beracun pada gunung ini. Selain itu terdapat beberapa pendaki lain yang juga meninggal karena sakit atau faktor kelelahan. Yang menjadi misteri disini adalah, seringnya terjadi kesurupan di kawasan kelik ini. Sehingga lumayan cukup membuat merinding saat berada di kawasan ini.

Keberadaan mahluk-mahluk astral memang benar adanya. Di alquran pun sudah dijelaskan bahwa allah telah menciptakan manusia dan jin di alam semesta ini. Sebagai manusia, sebaiknya tetap selalu berbuat baik dan tidak semena- mena dalam memperlakukan alam. Alam memiliki penjaganya dan tentu saja sang penjaga akan marah jika anda melakukan hal hal yang dianggap mengganggunya.

Alam memberikan sebuah kehidupan yang sangat baik. Tidak sepantasnya sebagai manusia anda merusak alam dengan membuang sampah sembarangan di atas gunung atau merusak keasrian alam. Mendaki gunung boleh asalkan jangan merusak keindahan alam yang dimilikinya. Jika anda merusak, maka mereka mahluk astral pun akan murka.

Baca juga: Gunung Tertinggi di Indonesia

Ketika mendaki gunung semeru sebaiknya persiapkan mental dan fisik tubuh anda. Pastikan kondisi tubuh anda berada dalam keadaan yang sehat dan benar-benar fit. Selain itu para pendaki hendaklah lebih sopan, karena banyak sekali kejadian-kejadian yang di luar nalar manusia yang terjadi karena ulah sendiri yang tidak sopan terhadap alam. Pastikan perlengkapan logistic anda juga lengkap agar anda tidak merasa kelaparan yang tentu saja akan membayakan untuk diri anda.

Selain itu, jagalah kebersihan, perilaku membuang sampah sembarangan di kawasan taman nasional juga semakin marak dilakukan oleh pendaki. Tak ayal, pada musim liburan panjang, akan ditemukan banyak sekali sampah-sampah selalu menumpuk di Ranu Kumbolo atau Kalimati, serta sepanjang perjalanan menuju puncak mahameru. Perlu dibuat sebuah kebijakan baru yang mengatur jumlah pendaki maupun sampah yang akan dibawa pendaki, agar keindahan alam ranu kumbolo dan gunung semeru tetap bisa dinikmati hingga anak cucu nanti.