10 Peristiwa Bersejarah di Indonesia Yang Paling Terkenal

Peristiwa Sejarah di Indonesia yang Paling Terkenal – Jika Anda menyukai hal-hal yang mengenai sejarah,pastinya Anda akan tahu apa saja peristiwa yang paling bersejarah yang ada di Indonesia. Namun, untuk Anda yang baru ingin mengetahui hal tersebut, dibawah ini akan disebutkan tentang 10 peristiwa sejarah di Indonesia yang sudah terkenal. Kejadian-kejadian yang terjadi tentunya sangat berpengaruh dalam kemajuan negara kita tercinta ini.

Peristiwa Bersejarah Nasional

Peristiwa Bersejarah Nasional

Peristiwa bersejarah di Indonesia memang sangat menarik untuk dibahas, selain mengingat jasa para Pahlawan hal tersebut juga dapat membuat kita lebih cinta terhadap tanah Air. Oleh karena itu Anda dapat membaca beberapa sejarah atau peristiwa yang terjadi di Indonesia sebelum dan sesudah merdeka berikut ini.

10 Peristiwa Sejarah Nasional Sebelum dan Sesudah Merdeka:

  1. Proklamasi 17 Agustus 1945
    Peristiwa ini merupakan kejadian yang paling penting dalam sejarah Indonesia. Hal ini dikarenakan dengan adanya proklamasi yang dibacakan oleh Presiden RI Ir.Soekarno ini sebagai gerbang kemerdekaan negara Republik Indonesia dari jajahan-jajahan negara lain yang telah menimpa kita lebih dari 350 tahun.
  2. Berdirinya Budi Utomo
    Ternyata, dengan adanya organisasi Budi Utomo ini menjadi salah satu penyebab Indonesia merdeka dengan lebih cepat yaitu pada tanggal 17 Agustus 1945. Organisasi ini juga merupakan organisasi persatuan nasional pertama yang memperjuangkan kemerdekaan. Oleh karena itu, kejadian ini menjadi salah satu 10 peristiwa sejarah di Indonesia yang wajib Anda ketahui.
  3. Kongres Sumpah Pemuda
    Para pemuda memiliki semangat perjuangan yang luar biasa untuk mencapai kata merdeka pada zaman penjajahan dulu. Dengan demikian, mereka bergabung pada beberapa organisasi kepemudaan dan mencetuskan ide tentang identitas bangsa. Yang pada akhirnya terjadilah kongres Sumpah Pemuda 1 dan 2 yang selalu dikenang masyarakat Indonesia. Pada kejadian ini pula lagu Indonesia Raya pertama kalinya diperdengarkan.
    Baca juga: Jenis Jenis Sejarah
  4. Peristiwa G30s/PKI 1965
    Kejadian pada peristiwa gerakan 30 September oleh Partai Komunis Indonesia menjadi salah satu 10 peristiwa sejarah di Indonesia yang tak pernah terlupakan. Banyak korban yang tewas di peristiwa ini contohnya adalah pahlawan revolusi Indonesia sendiri. Bahkan dari kejadian ini juga menyebabkan adanya orde baru dari Presiden Soeharto.
  5. Lepasnya Timor Timur
    Pada masa di bawah pimpinan Presiden Habibie ada gejolak politik yang terjadi pada kelompok Fretilin yang mencoba memisahkan salah satu wilayah Indonesia dari negaranya, yaitu Timor Timur. Pada akhirnya provinsi tersebut pun mendirikan negaranya sendiri yang pada saat ini bernama Timor Leste pada tahun 1999.
  6. Konferensi Meja Bundar
    Setelah Indonesia berhasil merdeka, Belanda kembali datang ke Indonesia sehingga negara kita perlu berjuang untuk tetap mempertahankan kemerdekaannya. Oleh sebab itu, diadakan sebuah Konferensi Meja Bundar untuk mendapatkan pengakuan kedaulatan negara Indonesia oleh PBB.
  7. Dekrit Presiden 1959
    Pada tanggal 5 Juli 1959, Presiden Ir. Soekarni mengeluarkan keputusan atau lebih dikenal dengan sebutan Dekrit Presiden. Adapun isi dari keputusan ini yaitu untuk memberlakukan kembali Undang-Undang Dasar 1945, membubarkan Konstituante dan adanya DPAS serta MPRS.
  8. Peristiwa Trisakti
    10 peristiwa sejarah di Indonesia yang ada salah satunya adalah peristiwa Trisakti. Kejadian ini terjadi pada tahun 1998 yang berawal dari meninggalnya empat orang mahasiswa yang ada di Indonesia karena tertembak. Oleh sebab itu, muncul adanya pemberontakan karena hal tersebut dan hal lain seperti perekonomian warga dan tingginya kriminalitas yang ada.
  9. Pemilu Pertama 1955
    Peristiwa bersejarah di Indonesia yang lainnya adalah pemilu pertama yang terjadi pada tahun 1955. Indonesia dapat memilih sendiri Konstituante dan anggota DPR yang akan menjabat pertama kalinya setelah sepuluh tahun proklamasi.
  10. Peristiwa 10 November
    Peristiwa ini terjadi pada tahun 1945 yang disebabkan tidak adanya pengakuan dari tentara sekutu mengenai kemerdekaan Indonesia. Sehingga menyebabkan pertumpahan darah yang banyak dari warga Surabaya untuk membela tanah air.

10 Peristiwa Bersejarah di Indonesia tersebut kami rangkum berdasarkan yang terkenal. Namun sebenarnya Sejarah Indonesia itu sangat banyak, mulai dari perjuangan para Pahlawan melawan penjajah hingga era reformasi saat ini. Semoga bermanfaat.

10 Peristiwa Bersejarah di Indonesia Yang Paling Terkenal | perpus | 4.5