Tarian Riau Beserta Gambar dan Penjelasannya Lengkap

Posted on

Tarian Riau

Tarian Riau – Budaya masyarakat Riau tidak dapat dipisahkan dengan budaya masyarakat etnis melayu di tanah air. Tidak heran jika budaya Riau sering dikenal dengan budaya Melayu. Ada berbagai peninggalan sejarah melayu yang dapat Anda pelajari. Seperti rumah adat, pakaian adat, upacara adat, tarian hingga senjata yang dulu pernah digunakan.

Tarian tradisional Riau menjadi salah satu kebudayaan yang membuat Indonesia semakin kaya akan budayanya. Sehingga kita harus mempelajari jenis tarian berasal dari Riau, berikut ini perpustakaan.id akan bagikan untuk Anda tentang adat Riau.

Tarian Adat Riau:

1. Tari Zapin.

tari zapin
@blogkulo

Salah satu Tarian Melayu yang cukup terkenal yaitu tari Zapin. Tarian ini dulunya ditarikan di atas tikar madani dan tikar tidak boleh bergeser atau bergoyang sedikitpun ketika sedang menari. Tarian Zapin banyak dipengaruhi oleh budaya arab dan tata nilai. Tarian juga mempertontonkan gerakan kaki cepat yang mengikuti pukulan gendang.
Selain itu, tarian Zapin dulunya juga hanya di peruntukkan bagi penari laki-laki saja. Namun dengan perkembangan zaman, kini tari zapin lebih mudah dan dapat diperagakan oleh laki-laki dan perempuan.

Pakaian Tarian Tradisional Melayu yang dikenakan penari laki-laki yaitu mengenakan baju kurung cekak musang, oleat, songket, seluar dan kopya yang ditambah dengan bros. Sedangkan kostum penari wanita yaitu baju kurung, labuh, kain songket, kain samping, selendang tudung manto, anting-anting, kalung, kembang goyang, dan riasan sanggul lipat dan conget.

2. Tari Zapin Matahari.

tari zapin matahariTari Zapin Matahari merupakan tarian khas yang berasal dari Kecamatan Pelalawan, Kabupaten Pelalawan, Riau. Tarian yang satu ini mengisahkan kisah cinta sepasang muda mudi di desa Kuala Tolam. Kemudian mereka menikah dan hidup bahagia. Namun sangat disayangkan bahwa kebahagiaan mereka hanya sementara.

3. Tari Tandak.

Tari tandak dikenal sebagai tari pergaulan yang sangat digemari oleh masyarakat Riau. Tarian ini merupakan penggabungan antara seni tari dan sastra. Tari Tandak memiliki ciri khas yaitu saling berbalas pantun antara kelompok laki-laki dan perempuan. Lagu pantun tersebut berisi sesuatu yang ada di bumi ataupun tentang kehidupan sehari-hari.

Tari Tandak dapat dipentaskan oleh laki-laki dan perempuan ketika malam hari. Tarian sebagai ajang silaturahmi antara pemuda-pemudi maupun pasangan suami istri. Selain itu, tarian ini juga melambangkan ikatan-ikatan yang terjalin antar teman beda kampung dan menciptakan rasa aman antar kampung.

Lihat juga: Tarian Sulawesi Tenggara Beserta Gambarnya

4. Tari Melemang.

tari malemang
@gpswisata

Tari Melemang merupakan paduan unsur tari, musik dan menyanyi yang mengisahkan tentang kehidupan kerjaan. Tarian Riau ini dipentaskan oleh 14 orang penari dimana masing-masing memainkan perannya. Tari melemang kini menjadi pertunjukan hiburan rakyat dengan durasi sekitar satu jam.

Melemang artinya berdiri sambil membongkokkan badan ke belakang. Dari sinilah begitu nampak kecakapan dan kegesitan para penari. Misalnya dalam memainkan uang receh atau sapu tangan yang mereka pegang.

5. Tarian Makyong.

Tarian Makyong menjadi salah satu tarian sebagai sebuah pertunjukan khas Melayu. Tarian Melayu Asli ini diperkirakan sudah ada di Riau hampir satu abad yang lalu. Makyong akan diselenggarakan setelah para petani memanen padi. Uniknya dari tari Makyong yaitu penampilan penari menggunakan topeng dan diiringi beberapa alat musik. Seperti gendang, tetawak dan rebab.

6. Tarian Gamelan.

tari gamelan
@gpswisataindonesia.info

Tarian Gamelan dikenal di Riau dan Lingga dalam kurun ke 17. Awalnya tarian ini merupakan persembahan pertama kali pada khalayak ramai pada tahun 1811 ketika ada upacara persandingan Tengku Husain.

7. Tari Suku Melaut Teluk Meranti.

Tari Suku Melaut Teluk Meranti
@budaya-indonesia.org

Tarian Suku Melaut Teluk Meranti berpijak di Kabupaten Pelalawan Riau, khususnya suku Laut di Kecamatan Teluk Meranti. Sehingga tarian ini dinamakan sebagai Tari Suku Melaut Teluk Meranti. Properti yang diingankan pada tarian yaitu ambong. Ambong merupakan alat untuk mengumpulkan dan membawa kelapa (Niau).

Tari digambarkan bahwa ambong yang dijadikan properti ini dapat dimainkan sesuai dengan kebiasaan masyarakat suku laut dalam memperlakukan ambong. Misalnya ambong dijunjung, dipukul, dihentak, digoyang, ditungkup dan digegar.

8. Tarian Joged Lambak.

Tarian Joged Lambak merupakan tarian yang sangat kental dengan budaya Melayu. Gerakan tarian lebih cenderung lemah gemulai dan lagu atau irama yang digunakan adalah irama joget. Misalnya Tanjung Katung, Serampang Laur, dan Anak Kala. Alat musik yang digunakan pada tarian yaitu gong, tetawak dan gendang.

8 Tarian adat Riau di atas Admin kumpulkan dari berbagai sumber, mari kita lestarikan budaya Indonesia. Mulai dari Tarian, Senjata, Peristiwa Sejarah di Indonesia, Rumah adat dan cagar budaya lainnya.