Pakaian Adat Jambi Lengkap dengan Keunikan, Gambar dan Penjelasan

Posted on

baju adat pengantin jambi

Pakaian Adat Jambi – Indonesia merupakan sebuah Negara yang memiliki beragam suku bangsa. Dengan berbagai suku bangsa ini, tentunya Indonesia juga kaya akan keberagaman kebudayaan yang unik dan menarik. Mulai dari tariannya, adat istiadat, musik, dan juga pakaian serta bahasa. Seluruh suku di Indonesia memiliki ciri khas budayanya masing-masing. Terutama daerah Jambi. Untuk penjelasan lengkapnya adalah sebagai berikut.

Nama Baju Adat Jambi:

Untuk pakaian adat Jambi, ada beberapa jenis pakaian yang ada. Dari segi fungsinya, Jambi memiliki dua jenis fungsi pakaian adat yakni pakaian adat sehari-hari dan pakaian adat resmi yang biasa dikenakan dalam acara-acara khusus. Untuk pakaian sehari-hari, biasanya masyarakat Jambi akan mengenakan pakaian yang sederhana dan tidak mencolok dibandingkan dengan pakaian resminya.

Untuk laki-laki, biasanya akan mengenakan celana berwarna hitam yang memiliki model melebar pada bagian betis dan dilengkapi dengan kopiah. Sedangkan untuk wanita, biasanya memiliki ciri khas yakni pakaian tanpa bagian lengan.

Baju Adat Jambi Anak:

baju adat jambi anakUntuk baju adat Jambi anak sebenarnya tidak jauh berbeda dengan baju adat Jambi untuk dewasa. Yang membedakannya hanyalah beberapa sentuhan dan warna-warna yang biasanya disesuaikan dengan usia anak-anak yang senang dengan warna cerah dan warna -Warni.

Pada baju adat Jambi untuk sehari-hari memang tidak terlalu terlihat perbedaan yang mencolok, keduanya memang hampir sama. Perbedaan yang lebih mencolok biasanya terlihat pada pakaian adat untuk acara resmi yang memiliki sentuhan warna dan aksesoris yang berbeda-beda.

Keunikan Pakaian Adat Jambi

Setelah sedikit mengenal pakaian adat untuk sehari-hari, kini saatnya Anda mengetahui keunikan pakaian adat Jambi resmi yang sangat kental dengan sentuhan budaya Melayu. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah nama pakaian adat Jambi dan keunikan baju adat Jambi yang biasa dikenakan pada acara-acara adat atau acara resmi di daerah Jambi.

Pakaian Adat Jambi Wanita.

pakaian adat wanita jambi
@fitinline

Untuk baju adat Jambi wanita biasanya terkenal dengan baju kurung. Baju jenis ini merupakan pakaian adat yang terbuat dari kain beludru. Lalu, biasanya akan dilengkapi dengan selendang, ikat pinggang, teratai dada atau tutup dada, dan juga pending. Pada bagian bawah, seorang wanita Jambi biasanya akan mengenakan selendang dan sarung songket merah yang ditenun dari benang sutra. Dan tak lupa sandal selop sebagai alas kaki. Untuk wanita Jambi biasanya menggunakan penutup kepala atau mahkota sebagai perhiasan kepala. Mahkota ini disebut pesangkon yang memiliki warna kuning dan berbentuk seperti duri pandan.

Baca juga: Pakaian Adat Batak

Sebagai penggenap baju adat Jambi modern, wanita Jambi juga akan dilengkapi dengan beberapa perhiasan tambahan yang sangat khas. Adapun beberapa aksesoris yang disematkan pada pakaiannya seperti, gelang, anting, cincin, dan juga kalung. Untuk gelang terdiri ada gelang tangan dan juga gelang kaki.

Untuk gelang tangan memiliki 4 jenis, seperti gelang buku beban, gelang kano, gelang kilat bahu, dan gelang ceper. Sedangkan pada gelang kaki, memakai gelang Nago Betapo dan gelang ular melingkar. Untuk bagian anting dan cincin, masing-masing terdiri dari dua macam. Lalu, akan ada tiga jenis kalung yang dikenakan, yakni kalung rantai Sembilan, kalung jayo, dan juga kalung tapak.

Saat ini, jenis pakaian yang satu ini biasanya dikenakan pada saat upacara sakral seperti pernikahan. Yang menjadi ciri khas pada pakaian adat ini adalah warna dan sentuhan kain songket yang menjadi khas tersendiri.

Warna yang terdapat pada baju adat Jambi wanita adalah merah. Warna merah lebih dominan pada pakaiannya, sedangkan warna emas berasal dari aksesoris dan pelengkap. Tak jarang, untuk pengantin wanita diberikan rangkaian bunga berwarna putih dengan bunga mawar merah yang disematkan pada bagian belakang telinga sebelah kanannya.

Pakaian Adat Jambi Pria

pakaian adat pria jambi
@retci angralia

Setelah mengetahui baju adat Jambi wanita, belum lengkap jika Anda masih belum mengenal pakaian adat pria Jambi. Sebenarnya, pakaian yang digunakan tidak jauh berbeda dengan pakaian adat wanita. Pada pakaian pria biasanya juga menggunakan baju kurung tanggung dengan lengan yang berukuran sedang. Baju kurung untuk pria memiliki panjang lengan yang hanya sampai siku saja. Oleh karena itu, baju kurung pria juga disebut sebagai baju kurung tanggung.

Di balik model baju adat ini ternyata memiliki makna tersendiri. Dengan pakaian lengan tanggung, diharapkan bahwa pria Jambi akan lebih cekatan dan lebih tangkas saat bekerja. Sama halnya dengan baju kurung wanita Jambi, baju kurung tanggung ini juga terbuat dari bahan beludru dengan tambahan dari benang emas yang membentuk motif kembang bertabur, melayu, pucuk rebung dan juga kembang berangkai. Ternyata penggunaan benang emas ini bukan tanpa alasan belaka. Warna emas dilambangkan sebagai kesuburan dan juga kekayaan.

Baju adat Jambi pria juga dilengkapi dengan perhiasan dengan sentuhan yang senada dengan yang dimiliki oleh baju adat wanita. Jika wanita Jambi mengenakan sebuah pesangkon, maka pria Jambi akan mengenakan lacak sebagai penutup kepalanya. Lacak ini terbuat dari kain beludru merah yang senada dengan baju kurung yang digunakan. Bentuknya harus tegak sehingga harus dipasangkan kertas karton di dalamnya.

Lecak ini dilengkapi dengan flora yang merupakan Bungo runci dan tali runci. Sedangkan untuk alas kaki pria tidak jauh berbeda dengan yang dimiliki wanita, yakni sandal selop warna hitam. Jika disandingkan sebenarnya memang tidak jauh berbeda antara pakaian wanita dan pakaian pria. Yang membedakannya hanyalah sentuhan aksesoris yang digunakannya saja.

Tak hanya hiasan pada kepala saja, baju adat Jambi untuk laki-laki juga dilengkapi dengan beberapa aksesoris. Pada bagian pinggang disematkan selendang dengan rumbai-rumbai pada bagian ujung dan disatukan dengan pending yang merupakan rantai logam sebagai sabuk pengikat. Lalu, sebuah keris juga disematkan pada bagian perut yang merupakan simbol kebesaran.

Tak hanya wanita yang mengenakan gelang, tetapi pria Jambi juga memiliki gelang sebagai pelengkap yang disebut sebagai gelang kilat bahu. Gelang ini adalah gelang logam yang memiliki lukisan naga kuning. Naga kuning mempunyai arti jika sang lelaki telah diberi kekuasaan.

Dari penjelasan di atas, tentunya Anda sudah sedikit mengenal dan memiliki gambaran tentang pakaian adat Jambi. Baju kurung merupakan sebuah baju adat Jambi yang dikenakan baik oleh pria maupun wanita. Namun, keduanya memiliki perbedaan bentuk seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Baca juga: Pakaian Adat Bangka Belitung

Biasanya pakaian adat Jambi memiliki warna merah sebagai warna dasar dan sentuhan warna emas sebagai aksesoris atau sentuhan pada pakaian adatnya. Selain warna merah, Anda juga bisa menemukan perpaduan antara warna merah muda dan juga hijau muda untuk pakaian adat dari Jambi. Sebenarnya, seiring waktu berjalan baju adat Jambi memiliki warna yang lebih bervariasi dan beragam namun juga tidak meninggalkan aksesoris logam emas yang memiliki makna tersendiri.

Itulah beberapa penjelasan tentang pakaian adat Jambi. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kalian tentang kebudayaan Indonesia. Sekian dan terima kasih!