10 Unsur Unsur Kebugaran Jasmani Lengkap Dengan Penjelasannya

Unsur Unsur Kebugaran Jasmani

Unsur Unsur Kebugaran Jasmani (greatist.com)

Unsur Unsur Kebugaran Jasmani – Setiap manusia tentu harus sehat rohaninya ataupun jasmaninya, kesehatan jasmani ini merupakan kebutuhan penting yang harus dimiliki supaya kehidupannya dapat dilalui dengan lancar. Kesehatan jasmani ini biasanya disebut dengan kebugaran jasmani. Dimana kebugaran jasmani adalah daya tahan tubuh seseorang.

Jika kebugaran jasmani tidak dimiliki maka orang tersebut akan terlihat lemas dan mudah terserang berbagai penyakit. Oleh karena itu perlunya untuk melatih kebugaran jasmani Anda agar hidup menjadi sehat. Dalam kebugaran jasmani ini ternyata terdapat sekitar sepuluh unsur-unsur kebugaran jasmani yang akan dijelaskan berikut ini.

Macam Macam Unsur Kebugaran Jasmani:

  1. Kecepatan Atau Speed
  2. Kekuatan Atau Strength
  3. Kelenturan Atau Flexsibility
  4. Daya Tahan Atau Endurance
  5. Kelincahan Atau Agility
  6. Keseimbangan Atau Balance
  7. Reaksi Atau Reaction
  8. Ketepatan Atau Accuracy
  9. Koordinasi Atau Coordination
  10. Daya Ledak Atau Eksplosive Power

1. Kecepatan Atau Speed
Unsur-unsur kebugaran jasmani yang pertama adalah kecepatan atau dalam bahasa Inggris disebut speed. Kecepatan ini memiliki arti sebagai suatu kemampuan yang mampu melakukan suatu gerakan dalam kurun waktu yang singkat. Sedangkan secara umun kecepatan adalah waktu yang diperlukan oleh seseorang dalam melakukan suatu gerakan yang berkesinambungan dan berbeda. Intinya adalah jika seseorang membutuhkan waktu yang sedikit maka semakin bagus kecepatan yang dimilikinya. Kecepatan menjadi sebuah kemampuan yang sangat diperlukan dalam beberapa cabang olahraga seperti sepak bola, lari atau perlombaan yang lain.

Dalam hal ini, kecepatan ternyata memiliki beberapa macam jenis yaitu ada kecepatan reaksi, kecepatan sprint dan kecepatan bergerak. Kecepatan yang dimiliki seseorang ternyata dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut diantaranya adalah keturunan, teknik, elastisitas otot, kemampuan menahan tahanan luar, waktu reaksi, dan yang terakhir kemauan dan konsentrasi. Untuk melatih kecepatan yang Anda miliki, Anda bisa mencoba beberapa latihan dasar seperti lari jarak dekat sekitar 40 sampai 60 meter, kemudian lari naik turun tangga atau bukit dan yang terakhir lari multistage. Sehingga dengan melakukan latihan tersebut akan membuat kecepatan yang Anda miliki bertambah.

2. Kekuatan Atau Strength
Kekuatan atau dalam bahasa inggris disebut strength ini merupakan salah satu unsur-unsur kebugaran jasmani. Jadi jika Anda memiliki kebugaran jasmani yang baik maka Anda juga memiliki kekuatan yang baik pula. Kekuatan sendiri memiliki pengertian sebagai suatu kondisi dimana penggunaan otot untuk memaksimalkan tenaga saat melakukan suatu kegiatan fisik. Untuk mendapatkan kekuatan yang bagus memang perlu adanya latihan yang rutin. Latihan-latihan yang bisa dilakukan untuk melatih kekuatan pada tubuh yaitu ada beberapa cara.

  1. Push up merupakan gerakan yang dilakukan untuk melatih kekuatan pada otot bagian lengan.
  2. Sit up merupakan gerakan yang dilakukan untuk melatih kekuatan pada otot perut.
  3. Back up merupakan gerakan yang dilakukan untuk melatih kekuatan pada bagian perut.
  4. Angkat beban merupakan kegiatan yang dapat melatih kekuatan otot pada bagian lengan.
  5. Squad jump adalah latihan yang dilakukan untuk melatih kekuatan tungkai dan juga otot perut.

3. Kelenturan Atau Flexsibility
Kelenturan atau yang dalam bahasa inggris disebut flexsibility merupakan suatu keadaan dimana adanya keleluasaan pada otot-otot tubuh terutama pada bagian persendian. Kelenturan ini menjadi salah satu unsur-unsur kebugaran jasmani dan juga menjadi salah satu hal yang diperlukan dalam setiap perlombaan cabang olahraga permainan maupun lainnya. Namun tentunya kelenturan yang digunakan dalam setiap cabang olahraga memiliki perbedaan dalam kadar pemakaiannya. Untuk melatih kelenturan tubuh Anda dapat melakukan beberapa latihan seperti berenang, melakukan yoga dan yang terakhir dengan melakukan senam.

4. Daya Tahan Atau Endurance
Setiap orang tentunya memerlukan yang namanya daya tahan atau dalam bahasa inggrisnya endurance. Daya tahan ini merupakan sebuah keadaan dimana seseorang dapat menggerakkan semua bagian tubuh dalam tempo yang berbeda secara efisien dan efektif tanpa merasakan rasa lelah dan juga sakit yang berarti. Sehingga daya tahan ini sangat diperlukan terutama untuk para altit. Jadi tidak salah jika daya tahan ini menjadi salah satu unsur-unsur kebugaran jasmani. Untuk melatih daya tahan ada beberapa latihan yang bisa dilakukan dengan melakukan olahraga ringan seperti lari atau jogging yang bisa Anda lakukan secara konsisten dengan waktu sekitar tiga puluh menit per hari.

5. Kelincahan Atau Agility
Kelincahan atau agility merupakan sebuah kemampuan seseorang untuk menyesuaikan gerakan dari posisi satu ke posisi yang lainnya seperti dari posisi kanan ke kiri, atau dari depan ke belakang dan sebagainya. Kelincahan ini sangat diperlukan dalam semua ke cabang olahraga terutama pada cabang olahraga sepak bola. Kelincahan ini juga menjadi salah satu unsur-unsur kebugaran jasmani. Jadi apabila Anda memiliki kelincahan yang baik maka tandanya Anda juga memiliki kesehatan jasmani yang baik pula. Untuk melatih kelincahan Anda, maka diperlukan latihan-latihan yang bisa dilakukan secara rutin seperti lari zigzag dan lari turun tangga.

6. Keseimbangan Atau Balance
Keseimbangan atau balance merupakan salah satu hal yang harus dimiliki oleh setiap orang dan juga merupakan unsur-unsur kebugaran jasmani. Karena dengan adanya keseimbangan maka Anda dapat berjalan dengan baik. Dalam hal ini keseimbangan memiliki pengertian sebagai suatu kemampuan yang dapat mengendalikan gerakan tubuh agar bergerak dengan baik. Keseimbangan ini sangat diperlukan bagi atlet pada cabang olahraga lompat indah dan juga senam. Keseimbangan ini dapat dilatih asalkan Anda dapat menerapkan beberapa latihan berikut seperti sikap lilin, berdiri di sebuah balok, dan juga berdiri dengan tangan. Lakukan latihan ini secara rutin maka Anda dapat meningkatkan keseimbangan yang dimiliki.

7. Reaksi Atau Reaction
Satu lagi unsur-unsur kebugaran jasmani yaitu reaksi atau reaction. Reaksi ini merupakan sebuah kemampuan dimana tubuh dapat tanggap terhadap rangsangan, gerakan, atau stimulus yang berasal dari orang lain. Untuk melatih reaksi ini maka Anda dapat menerapkan latihan seperti lempar tangkap bola. Latihan tersebut juga sangat cocok dilakukan oleh penjaga gawang.

8. Ketepatan Atau Accuracy
Ketepatan atau accuracy sangat diperlukan di beberapa cabang olahraga seperti sepak bola, panah dan lain sebagainya. Karena ketepatan merupakan suatu kemampuan tubuh untuk menentukan gerakan agar dapat mencapai pada sasaran yang dituju. Dalam hal ini, ketepatan juga menjadi salah satu unsur-unsur kebugaran jasmani. Agar ketepatan yang Anda miliki dapat berkembang maka perlu melatihnya dengan beberapa latihan seperti melempar botol yang sudah disusun secara sejajar dan juga memasukkan bola le dalam keranjang. Lakukan latihan tersebut secara rutin maka ketepatan atau accuracy yang Anda miliki dapat meningkat.

9. Koordinasi Atau Coordination
Koordinasi merupakan suatu kemampuan dimana Anda dapat menyatukan beberapa gerakan yang berbeda menjadi satu gerakan yang efisien dan efektif. Dalam melakukan koordinasi ini Anda juga harus memiliki beberapa kemampuan lain seperti konsentrasi tinggi dan insting yang kuat. Koordinasi ini juga merupakan salah satu unsur-unsur kebugaran jasmani sehingga apabila Anda memiliki koordinasi yang bagus maka kebugarannya juga bagus. Koordinasi ini dapat dilatih dengan cara memantulkan bola ke dinding dan ditangkap kembali namun menggunakan tangan yang berbeda antara yang melempar dan menangkap.

10. Daya Ledak Atau Eksplosive
Power Salah satu yang masuk unsur-unsur kebugaran jasmani yang selanjutnya adalah daya ledak. Daya ledak ini merupakan kemampuan seseorang untuk melakukan sesuatu dengan kekuatan yang maksimal namun dalam waktu yang sangat singkat. Daya ledak ini bisa dilatih dengan menerapkan beberapa hal seperti vertikel jump, side jump dan front jump.

Itulah sedikit ulasan mengenai beberapa unsur-unsur kebugaran jasmani. Semoga dengan ulasan tersebut akan menambah wawasan dan ilmu Anda. semoga bermanfaat.

10 Unsur Unsur Kebugaran Jasmani Lengkap Dengan Penjelasannya | perpus | 4.5
Leave a Reply