Ukuran Lapangan Bola Voli Standar Nasional Internasional & Gambarnya

Ukuran Lapangan Bola Voli Standar Nasional Internasional – Semua orang pastinya tahu dengan olahraga Voli yang mana memang sudah menjadi olahraga Internasional yang mana juga kerap dilombakan antar negara. Olahraga satu ini lebih menghemat tempat jika dibandingkan dengan olahraga bola yang mana membutuhkan lapangan yang sangat luas.

Ukuran lapangan bola voli standar Nasional Internasional adalah hanya 1/5 dari lapangan sepak bola. Tentunya di setiap negara standar yang digunakan untuk membuat lapangan voli sama dengan standar Internasional yang mana memang sudah menjadi standar pembuatan lapangan voli di seluruh negara. Olahraga ini bermula pada tahun 1895 yang mana saat itu ditemukan William G. Morgan yang mana merupakan guru pendidikan jasmani di YMCA.

Ukuran Lapangan Bola Voli Standar Nasional Internasional

Ukuran Lapangan Bola Voli Standar Internasional via penguino

Olahraga ini tentunya tidak langsung ada begitu saja melainkan dari banyak pemikiran yang mana kemudian melahirkan satu jenis olahraga baru. Lebih jelasnya yakni olahraga ini bermula dari 4 jenis olahraga uang digabungkan menjadi satu, yakni voli, tenis, baseball, dan bola basket yang mana semuanya merupakan olahraga handball. Dari penggabungan keempat olahraga inilah kemudian melahirkan satu jenis olahraga baru yakni olahraga voli. Olahraga ini terbuka untuk putra dan putri yang mana keduanya tidak dibedakan kecuali bagian tinggi net yang direndahkan dibandingkan dengan tinggi net laki-laki. Selain itu terkait peraturan dan juga masalah lainnya terkait lapangan sama saja.

Ukuran bola voli standar nasional Internasional adalah sama? Tentu saja. Sebuah standar merupakan perjanjian yang dikukuhkan melalui banyak pertimbangan terutama pertimbangan dari berbagai pihak yang bersangkutan dengan bidang tersebut. Tentunya jika dikatakan standar, maka dijadikan patokan oleh semua negara mengikuti aturan yang ditetapkan, meskipun tidak semua kalangan mengikutinya. Namun setidaknya untuk lapangan bola voli nasional mengikuti standar yang berlaku karena memang besar kemungkinannya untuk dipakai untuk lomba voli internasional. Nah, bagaimana sebenarnya ukuran lapangan voli? Mari cek beberapa poin di bawah ini.

Ukuran Lapangan Bola Voli Standar Nasional Internasional :

UUkuran Lapangan Bola Voli Standar Nasional Internasional

 

  • Panjang lapangan yakni 18 meter
  • Lebar lapangan yakni 9 meter
  • Lebar garis serang yakni daerah yang dekat dengan net, 3 meter
  • Daerah clearance yakni daerah menghalau bola yang mana bagian belakang 3-8 meter dan bagian samping yakni 3-5 meter
  • Ukuran net dimulai dari lebar net 1 meter, tinggi net untuk putra 2,43 meter dan untuk putri 2,24 meter.
  • Jarak tiang net dengan garis samping lapangan bola voli : 0,5 – 1 meter
  • Pita tepian samping net : 5 centimeter sepanjang 1 meter
  • Pita tepian atas net : 5 centimeter
  • Mata jala net : 10 centimeter

Namun selain dengan ukuran diatas, ternyata lapangan bola voli juga ada dalam versi mininya, yang mana tentunya lebih kecil dibandingkan ukuran lapangan bola voli standar nasional internasional. Lapangan bola voli dengan ukuran mini ini banyak digunakan untuk anak-anak mulai usia 9-13 tahun yang mana pemainnya dalam satu team hanya 2 sampai 4 orang saja, berbeda dengan permainan voli biasanya yang menggunakan 6 pemain saja.

Ukuran Lapangan Bola Voli Standar Nasional Internasional & Gambarnya | perpus | 4.5

Leave a Reply