Teknik Dasar Cara Melakukan Smash Permainan Bola Voli Yang Baik dan Keras

Teknik Smash Bola Voli

Teknik Smash Bola Voli

Teknik Smash Permainan Bola Voli Yang Benar – Permainan Bola Voli merupakan salah satu permainan atau olahraga yang paling banyak diminati oleh para pemuda Indonesia. Hal tersebut tidak mengherankan, karena bola voly merupakan sebuah permainan yang menyenangkan dan menyehatkan. Selain itu jika kita serius dan fokus maka hobi kita ini dapat kita arahkan untuk menjadi atlit Voli nasional.

Dalam permainan bola voli, salah satu teknik dasar bola voli yang perlu Anda kuasai adalah teknik smash yang baik dan benar. Karena kalau kita tidak berhasil menguasai teknik tersebut maka kita akan bermain kurang maksimal, apalagi kalau kita berposisi sebagai spiker atau smasher. Posisi tersebut merupakan posisi utama untuk meraih sebuah poin dalam permainan bola voli.

Teknik Smash Bola Voli dapat kita latih secara pribadi maupun ikut dalam sebuah training, namun latihan ini Anda harus melakukannya secara rutin agar memperoleh hasil yang maksimal dan berhasil menjadi pemain voli yang profesional. Untuk Anda yang ingin berlatih cara smash yang baik dan benar pada permainan bola voli, berikut ini perpustakaan.id akan berbagi untuk Anda.

Teknik Cara Melakukan Smash Bola Voli Yang Baik dan Benar :

Dalam teknik smash atau spike bola voli ada beberapa tahapan yang harus diperhatikan yaitu Awalan, Tolakan – Take off, Pukulan – Hit (memukul saat melayang di udara), Landing (mendarat). Semua dasar tersebut Anda harus menguasainya dengan baik agar mendapatkan hasil maksimal, berikut ini detailnya.

1. Teknik Awalan Pada Smash Bola Voli
Teknik awalan ini akan mempengaruhi hasil smash Anda, awalan yang baik meliputi pijakan dan penentuan waktu Anda melompat agar nantinya datangnya bola dan waktu Anda melakukan pemukulan dapat berjalan secara tepat. Sebelum Anda melakukan lompatan, pastikan jarak Anda tidak terlalu dekat dengan net. Hal tersebut bertujuan agar Anda mempunyai tempat yang pas untuk melakukan ancang ancang dan awalan ini sekitar 2-4 meter dari net.

Cara Melakukan Tolakan Bola Voli

Cara Melakukan Tolakan Bola Voli

2. Teknik Tolakan
Teknik tolakan untuk menyemash bola voli ini terletak pada otot kaki dan pergelangan kaki, karena saat melakukan tolakan maka akan terjadi kontraksi otot di pergelangan kaki dan pinggul. Oleh karena itu untuk memperoleh lompatan yang tinggi diperlukan latihan seperti squad jam dan latihan lompatan kecil secara rutin. Selain itu juga lakukan ayunan saat melakukan tolakan, karena hal tersebut juga membuat lompatan kita semakin tinggi karena ada dorongan dari ayunan tangan kita.

Baca juga : Ukuran Lapangan Bola Voli Lengkap

Cara Memukul Bola Saat Smash

Cara Memukul Bola Saat Smash

3. Teknik Pukulan Smash Bola Voli
Pukulan atau smash ini merupakan inti dari teknik smash bola voli, karena itu lakukan hal ini dengan maksimal dan sangat keras agar mendapatkan poin karena lawan gagal membendung pukulan Anda. Untuk mendapatkan hasil maksimal atau smash yang keras maka gunakan juga kekuatan otot perut untuk melakukan pukulan, jaga jarak badan Anda dengan bola. Karena jika terlalu dekat maka tenaga atau pukulan kita kurang keras. Kemudian arahkan bola ke tempat yang kosong atau area yang tidak diblock lawan, jika Anda mampu loncat lebih tinggi dari lawan maka hal tersebut akan memudahkan Anda untuk meraih poin.

Teknik Mendarat Setelah Melakukan Smash Bola Voli

Teknik Mendarat Setelah Melakukan Smash Bola Voli

4. Teknik Landing atau Mendarat pada Permainan Bola Voli.
Teknik ini sangat berpengaruh terhadap keselamatan Anda, karena kalau gagal mendarat dengan baik dapat mengakibatkan cedera pada kaki Anda. Selain itu pastikan badan Anda tikda menyentuh net, karena hal tersebut dapat dianggap sebagai pelanggaran sehingga lawan yang akan memperoleh poin. Untuk pendaratan ushakan badan sedikit membungkuk dengan telapak kaki bagian depan yang terlebih dahulu mendarat setelah itu baru semuanya. Namun pastikan juga permukanan lapangan bola voli yang digunakan dalam keadaan baik atau rata.

Teknik dasar smash permainan bola voli di atas dapat Anda lakukan dimana saja, semoga semuanya bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan komen pada kolom yang ada.

Teknik Dasar Cara Melakukan Smash Permainan Bola Voli Yang Baik dan Keras | perpus | 4.5
Leave a Reply