Teknik Cara Servis Bawah dan Servis Atas Pada Permainan Bola Voli

Teknik Cara Servis Bawah dan Servis Atas Pada Permainan Bola Voli – Permainan bola voli sudah diresmikan pada tahun 1896 yang mana sebelumnya menggunakan nama yang berbeda yakni Mintonette. Hingga saat ini tentunya seperti yang diketahui banyak orang dengan nama olahraga bola voli. Teknik cara servis bawah dan atas pada permainan bola voli adalah salah satu teknik dasar yang wajib dikuasai jika ingin bermain bola voli.

Teknik Cara Servisbawah Pada Permainan Bola Voli

Teknik Cara Servis bawah Pada Permainan Bola Voli (myactivesg)

Pasalnya jika tidak menguasai teknik ini maka permainan tidak bisa dimulai. Banyak teknik dasar yang harus dikuasai dalam permainan bola voli ini yang diantaranya adalah smash, passing, blocking, dan serrvis. Keempatnya paling banyak diajarkan kepada pemula yang ingin menguasai permainan bola voli. Jika bisa menguasai teknik dasar ini maka permainan bisa berjalan dengan lancar dan seru.

Teknik cara servis bawah dan servis atas pada permainan bola voli adalah teknik dasar yang paling awal dipelajari dan juga teknik yang banyak diajarkan kepada pemula. Teknik servis ini sangat berguna kala memulai permainan bola voli atau melakukan putaran/babak baru. Biasanya ada area yang ditentukan untuk melakukan servis yang merupakan area wajib. Berikut ini adalah tata cara melakukan servis atas yakni.

Teknik Cara untuk melakukan Servis Bawah Pada permainan Bola Voli :

1. Pertama tentunya berdiri di area yang memang digunakan untuk servis.
2. Mengambil sikap awal yakni dengan memajukan kaki kiri, lebih maju dibandingkan dengan kaki kanan.
3. Bola voli kemudian dipegang pada tangan kiri yang diarahkan ke dapan
4. Tangan kanan mengepal dan kemudian diayunkan dari arah belakang
5. Bola voli yang ada di tangan kiri dilambungkan ke atas dan kemudian tangan kanan diayunkan ke depan hingga memukul tepat pada bagian bawah bola.
6. Bola dipukul keras hingga melewati net ke daerah lawan, namun tidak sampai keluar garis karena akan dianggap gagal.

Cara Servisbawah Pada Permainan Bola Voli

Cara Servis bawah Pada Permainan Bola Voli (tutorialolahraga)

Teknik Cara untuk melakukan Servis atas Pada permainan Bola Voli :

1. Mengambil sikap awal yakni dengan meletakkan kaki kiri lebih depan dibandingkan dengan kaki kanan.
2. Memegang bola dengan menggunakan salah satu tangan.
3. Bola dilambungkan ke atas dan tangan satunya memukul bola bagian belakang dengan menggunakan bagian telapak tangan dengan kuat hingga melewati net hingga ke daerah lawan.

Cara Servis Atas Pada Permainan Bola Voli

Cara Servis Atas Pada Permainan Bola Voli (teknikor)

Langkah diatas mudah untuk di praktekkan, namun jika membutuhkan gambar ilustrasi yang jelas maka bisa dilihat di berbagai sumber atau video yang memperlihatkan secara langsung teknik melakukan servis yang benar. Alangkah baiknya jika melihat langsung baik melalui video atau praktek dari teman sehingga lebih cepat paham. Semoga artikel teknik cara servis bawah dan servis atas pada permainan bola voli ini bisa bermanfaat untuk pembaca dan bisa dipahami dengan baik.

Baca juga : Ukuran Lapangan Bola Voli Standar Nasional Internasional

Teknik Cara Servis Bawah dan Servis Atas Pada Permainan Bola Voli | perpus | 4.5