10 Sungai Terpanjang di Dunia Lengkap Beserta Lokasi dan Ukurannya

Sungai Terpanjang di Dunia – Telah banyak dirilis mengenai daftar sungai terpanjang di dunia yang dirilis oleh sejumlah media massa. Dari seluruh daftar tersebut, mayoritas mengkategorikan Sungai Nil, Sungai Amazon, dan Sungai Yang Tze sebagai sungai terpanjang. Berikut penjelasan detil terkait ketiga sungai tersebut.

sungai terpanjang dunia

sungai terpanjang dunia

1. Sungai Nil
Sungai Nil merupakan sungai yang menempati posisi pertama dalam daftar sungai terpanjang di dunia. Sungai ini terletak di Benua Afrika yang terbentang dari wilayah Afrika Timur hingga Afrika Utara yang berakhir di Laut Tengah atau Mediterrania. Sungai Nil melewati sebelas negara yang ada di kawasan Afrika Timur dan Afrika Utara, yaitu Tanzania, Rwanda, Uganda, Burundi, Republik Demokratik Kongo, Kenya, Ethiopia, Eritrea, Sudan Selatan, Sudan, dan Mesir. Sungai Nil juga memiliki peran vital sebagai penyedia air bagi Mesir dan Sudan.

Sungai Nil memiliki dua aliran sungai utama, yaitu Sungai Nil Putih yang menjadi sungai utama dari Sungai Nil yang mengalir dari Tanzania hingga ke Khartoum, ibu kota Sudan, dan Sungai Nil Biru yang mengalir dari Ethiopia. Kedua sungai ini bertemu di Khartoum dan kemudian mengalir hingga Laut Tengah. Dengan banyaknya pasokan air dan negara yang dilewati, Sungai Nil kerap menjadi objek kontestasi negara-negara tersebut yang mengandalkan kebutuhan air mereka dari Sungai Nil yang diperparah dengan dibangunnya Bendungan Aswan di Mesir yang dianggap mengurangi volume air Sungai Nil.

2. Sungai Amazon
Sungai Amazon menempati posisi kedua dalam daftar sungai terpanjang di dunia dan dianggap sebagai sungai terbesar di dunia. Sungai ini terletak di kawasan Amerika Selatan dan membelah Hutan Amazon yang dianggap sebagai hutan terbesar di dunia. Selain itu, sungai ini juga mengalir membelah enam negara di kawasan Amerika Selatan, yang berawal dari Peru, Ekuador, Bolivia, Kolombia, Venezuela, dan Brazil yang kemudian bermuara di Samudra Atlantik.

Ketika memasuki musim hujan, daerah yang terletak di pinggir Sungai Amazon kerap kali terendam sungai yang berasal dari Sungai Amazon. Selain itu, sejumlah wilayah yang dialiri oleh Sungai Amazon juga dijadikan wilayah perlindungan bagi flora dan fauna, seperti ikan piranha, arwana, dan lumba-lumba air tawar, dan juga sebagai tujuan wisata favorit, terutama di Manaus yang terletak di Brazil dan Iquitos yang terletak di Peru.

3. Sungai Yang Tze
Sungai Yang Tze masuk urutan ketiga sungai terpanjang di dunia yang tercakup dalam sejumlah daftar yang dirilis oleh media massa. Sungai Yang Tze terletak di Cina dan merupakan sungai terpanjang di seluruh Cina daratan. Sungai ini telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Cina dalam aspek ekonomi, sejarah, dan sosial-budaya masyarakat Cina daratan sendiri. Dalam aspek ekonomi, Sungai Yang Tze menjadi tulang punggung irigasi bagi pertanian masyarakat setempat dan sumber air bagi masyarakat dan industri yang dibangun di sekitar aliran sungai.

Sungai Yang Tze juga dijadikan sebagai tempat untuk beternak ikan yang kemudian dijual ke pasar lokal maupun pasar internasional. Walau pun begitu, Sungai Yang Tze telah tercemar oleh limbah pabrik dan industri yang terletak di dekat aliran sungai. Sejumlah wilayah yang dialiri oleh Sungai Yang Tze juga telah dijadikan wilayah perlindungan flora dan fauna yang dianggap berada di ambang kepunahan, seperti Chinese alligator, Chinese paddlefish, dan kura-kura tanpa sirip.

Baca juga : Sungai Terpanjang di Indonesia

Selain daftar sungai terpanjang di dunia beserta penjelasannya di atas, berikut ini juga kami sajikan dalam bentuk tabel untuk sungai terpanjang di dunia beserta lokasinya.

Daftar Sungai Terpanjang di Dunia :

Nama Sungai Panjang Negara Hilir Benua
Nil 6,696 km (4,160 mil) Tanzania, Burundi, Rwanda, Kongo, Kenya, Uganda, Sudan Selatan,
Ethiopia, Sudan dan Mesir.
Laut Mediterania Afrika
Amazon 6,516 km (4,049 mil) Brasil, Bolivia, Peru, Ekuador dan Kolombia Samudra Atlantik Amerika Selatan
Yangtze 6,380 km (3,964 mil) China Laut Timur China Asia
Mississippi-Missouri 5,969 km (3,709 mil) Amerika Serikat dan Kanada Teluk Meksiko Amerika Utara
Ob-Irtysh 5,568 km (3,459 mil) Rusia, Kazakhstan, China, Mongolia Teluk Ob Asia
Yenisei–Angara-Selenga 5,550 km (3,448 mil) Rusia dan Mongolia Laut Kara Asia
Kuning (Huang He) 5,464 km (3,395 mil) China Laut Bohai Asia
Kongo (Zaire) 4,667 km (2,900 mil) Kongo, Afrika Tengah, Angola, Tanzania, Kameron, Zambia,
Burundi, Rwanda
Samudra Atlantik Afrika
Rio de la Plata – Parana 4,500 km (2,796 mil) Brasil, Argentina, Paraguay, Bolivia, Uruguay Rio de la Plata Amerika Selatan
Mekong 4,425 km (2,749 mil) China, Myanmar, Laos, Thailand, Kamboja, Vietnam Laut China Selatan Asia

Daftar sungai terpanjang di Dunia tersebut admin rangkum dari berbagai sumber yang terpercaya, semoga artikel tersebut dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan dan membantu Anda dalam mengerjakan tugas.

10 Sungai Terpanjang di Dunia Lengkap Beserta Lokasi dan Ukurannya | perpus | 4.5
Leave a Reply