Pengertian Sikap Kayang dan Cara Melakukannya Beserta Manfaat & Tujuannya Adalah

Pengertian Sikap Kayang dan Cara Melakukannya – Pengertian Sikap kayang adalah sebuah gerakan senam lantai dengan posisi kedua tangan dan kaki bertumpu pada matras dengan posisi terbalik kemudian meregang dan panggul serta perut diangkat ke atas. Manfaat dan tujuan melakukan kayang adalah untuk melatih tubuh agar tetap lentur, terutama pada bagian bahu. Namun untuk pemula diwajibkan berlatih secara bertahap, agar tidak terjadi cedera atau tulang patah saat melakukan gerakan sikap kayang ini.

Pengertian Kayang dan Cara Melakukannya

Pengertian Kayang dan Cara Melakukannya

Latihan kayang ini juga akan mampu melatih kekuatan otot perut, kaki, bahu, tangan dan pinggang. Biasanya orang yang mampu melakukan gerakan ini mereka mempunyai tubuh yang prima dan kelenturan tubuh yang sangat baik. Gerakan kayang ini sama seperti latihan sikap lilin yaitu sama sama melatih kelenturan tubuh, namun yang membedakan adalah letak tumpuan dan arah kaki.

Dalam mengawali gerakan kayang terdapat dua cara yang dapat dilakukan. Yang pertama Cara melakukan gerakan kayang dari sikap tidur dan melakukan kayang dari sikap berdiri. Untuk Anda yang ingin tahu cara mekakukan gerakan kayang, berikut ini perpustakaan.id bagikan untuk Anda.

Teknik dasar Sikap Kayang dan Cara Melakukannya:

Cara Melakukan Kayang Dari Sikap Tidur

Cara Melakukan Kayang Dari Sikap Tidur

Cara melakukan gerakan kayang dari sikap tidur

  1. Awali gerakan dengan tidur terlentang.
  2. Tekuk kedua lutut Anda, setelah itu rapatkan kedua tumit pada pinggul.
  3. Tekuk kedua siku tangan Anda, kemudian telapak tangan bertumpu pada matras dan tempatkan ibu  jari di samping telinga.
  4. Lakukan gerakan badan diangkat pelan pelan keatas, kemudian disusul dengan dorongan dari kedua tangan dan kaki lurus.
  5. Terakhir lakukan gerakan kepala masuk diantara kedua tangan.
Cara Melakukan Kayang Dari Sikap Berdiri

Cara Melakukan Kayang Dari Sikap Berdiri

Cara melakukan kayang dari sikap berdiri

  1. Ambil sikap berdiri tegak dan kaki sedikit terbuka.
  2. Posisi tangan masing masing berada di samping kaki.
  3. Gerakan tangan secara bersamaan atau satu tangan dengan mengayunkannya ke belakang. Kepala tengadah kemudian badan melenting ke belakang, pastikan jika posisi telapak tangan menyentuh atau mendarat pada matras dengan baik.
  4. Untuk gerakan dari sikap berdiri ini Anda dapat melakukannya dengan menggunakan bantuan tembok, sehingga cedera dapat dihindari dan tidak membuat kita terlalu lelah sebagai pemula.

Keselahan yang terjadi saat melakukan kayang:

  1. Tidak melakukan pemanasan atau peregangan yang cukup, sehingga sering mengalami sakit sakit hingga cedera otot karena tertarik setelah melakukan gerakan kayang.
  2. Siku tangan bengkok, karena kekakuan pada bagian bahu dan sendi.
  3. Posisi badan kurang membusur karena bagian punggung yang kurang lentur dan kekakuan pada otot perut.
  4. Keseimbangan yang kurang.
  5. Usahakan posisi kepala harus pas dan jangan terlalu menengadah.

Baca juga: macam macam gaya lompat jauh

Demikian Pengertian kayang dan cara melakukannya baik untuk pemula maupun Anda yang sudah terbiasa, usahakan kalau baru pertama mencoba gerakan ini didampingi oleh guru olahraga atau teman. Dan juga jangan lupa untuk menggunakan matras yang khusus agar terhindar dari cedera, semoga bermanfaat.

Pengertian Sikap Kayang dan Cara Melakukannya Beserta Manfaat & Tujuannya Adalah | perpus | 4.5
Leave a Reply