Sejarah Liberalisme dan Pengertian Liberalisme Lengkap Beserta Ciri-Cirinya

Sejarah dan Pengertian Liberalisme Lengkap Beserta Ciri-Cirinya – Apa yang pertama kali terlintas di benak Anda saat mendengar kata “Liberalisme”? Beberapa dari Anda mungkin langsung memikirkan “pola hidup bebas” atau mungkin ada juga yang memikirkan “Amerika Serikat”. Keduanya memang memiliki kaitan erat dengan pengertian lengkap liberalisme beserta ciri-cirinya. Hal ini dikarenakan Amerika Serikat merupakan salah satu negara pencetus paham yang satu ini. Sehingga sangat wajar jika banyak orang yang langsung mengaitkan liberalisme dengan Amerika Serikat.

Bagaimana Sejarah Liberalisme dan Apa Pengertian Lengkap Liberalisme Beserta Ciri-cirinya :

Apakah Anda tahu apa pengertian lengkap liberalisme beserta ciri-cirinya dan begitu juga dengan asal mula atau sejarah munculnya liberalisme? Liberalisme sendiri sebenarnya berasal dari gabungan dua kata, yakni liberal yang memiliki arti bebas dan dengan adanya tambahan isme di belakangnya yang memiliki arti paham. Sehingga liberalisme sendiri berarti paham bebas atau dengan kata lain liberalisme merupakan ideologi, kepercayaan, pandangan berdasarkan pemahaman mengenai adanya kebebasan dalam persamaan hak khususnya dalam segi politik. Sebenarnya paham yang satu ini sudah muncul di Eropa sejak abad pertengahan.

Sejarah Liberalisme dan Pengertian Liberalisme

Sejarah Liberalisme dan Pengertian Liberalisme

Di Eropa sendiri, ideologi liberalisme mulai terlihat gaungnya pada era Renaissans dan pada era revolusi gereja yang terjadi sekitar abad ke 5 hingga 15 masehi. Pada era tersebut, ada banyak sekali pertentangan yang muncul. Salah satunya adalah gagasan mengenai kebebasan hidup dari pengawasan pihak kerajaan maupun pihak gereja dalam semua aspek kehidupan. Hal ini memang sangat bertentangan dengan paham yang berlaku di masa tersebut dimana baik pihak gereja dan juga kerajaan memanipulasi dan mengawasi semua aspek kehidupan dari semua warga yang ada.

Membahas mengenai pengertian pahamliberalisme beserta ciri-cirinya memang selalu menarik. Terlebih dengan lika-liku yang dihadapi para penganut alirannya yang selalu menarik dan penuh inspirasi. Sama halnya dengan ideologi lain, liberalisme juga memiliki beberapa ciri yang tentunya akan membedakan paham ini dengan paham yang lain. berikut beberapa ciri yang dimiliki oleh paham liberalisme.

Ciri Ciri Liberalisme :

  1. Negara yang menganut paham liberalisme akan memberikan kebebasan penuh kepada masyarakat khususnya dalam bidang intelektual. Tidak hanya itu, masyarakat juga diberikan kebebasan dalam berpendapat, beragama, dan juga pers.
  2. Negara liberal dapat disebut sebagai negara sejahtera jika semua rakyat yang ada di negara tersebut dapat hidup dengan sejahtera
  3. Penduduk di negara tersebut tidak menganut paham dengan sistem kerajaan atau adanya kekuasaan individu di atas kekuasaan individu lain.
  4. Terdapat adanya hak dan kewajiban yang tidak bisa dilanggar oleh siapa pun karena sifatnya yang sudah mutlak bahkan dengan kekuasaan sekalipun.
  5. Pemerintah yang berwenang tidak bisa mengatur semua sendi kehidupan rakyatnya atau terbatas pada bidang-bidang tertentu.

Kelima ciri di atas memang sedikit menggambarkan bagaimana ciri dari negara yang mengandung paham liberalisme atau paham hidup bebas. Meski demikian, ada juga yang menyebutkan bahwa paham liberalisme kini sudah menjadi paham demokrasi walaupun dalam pengertian lengkap liberalisme dan ciri-cirinya sudah dijabarkan dengan sangat jelas. Hal ini ternyata didasari dengan adanya kebebasan yang diberikan oleh pemerintah kepada rakyatnya khususnya dalam berpendapat layaknya yang ada dalam paham demokrasi.

Beberapa negara yang menganut ideologi murni hingga sekarang adalah Amerika Serikat. Tidak hanya Amerika, negara lain seperti Chili, Brazil, Canada, Honduras, dan beberapa negara lainnya juga menganut paham liberalisme. Semoga pembahasan mengenai Sejarah Liberalisme dan pengertian lengkap liberalisme beserta ciri-cirinya bisa bermanfaat.

Sejarah Liberalisme dan Pengertian Liberalisme Lengkap Beserta Ciri-Cirinya | perpus | 4.5
Leave a Reply