Sejarah Kerajaan Kutai Beserta Raja Raja dan Peninggalan Kerajaan Kutai Hingga Runtuh

Sejarah Kerajaan Kutai Hingga Runtuh – Nusantara memiliki sejarah beberapa kerajaan yang panjang dan terkenal. Waktu belajar di sekolah dulu pastinya Anda pernah diterangkan jika kerajaan yang pertama kali berdiri di Indonesia adalah Kerajaan Kutai. Kutai merupakan salah satu daerah di Kalimantan Timur dan ternyata menyimpan cerita tentang sejarah kerajaan Kutai hingga runtuh yang sangat menarik untuk diceritakan. Lalu bagaimanakah sepak terjang dari kerajaan yang bercorak Hindu tersebut?

Sejarah Kerajaan Kutai

Sejarah Kerajaan Kutai (img:satujam)

Sumber Sejarah Kerajaan Kutai Beserta Raja Raja dan Peninggalannya:

Awal berdirinya Kerajaan Kutai
Kerajaan Kutai merupakan kerajaan Hindu pertama di Indonesia. Awal mula berdirinya pada tahun 350 masehi atau sekitar abad ke 4. Cerita sejarah kerajaan Kutai hingga runtuh memang tak lepas dari cerita raja pertamanya atau pendirinya yaitu Kudungga. Letak dari kerajaan ini berada di sekitar sungai Mahakam yang nota bene memiliki tanah subur.

Runtuhnya Kerajaan Kutai
Runtuhnya kerajaan yang bercorak Hindu ini sekitar abad ke 13 pada masa kepemimpinan Maharaja Dharma Setia. Beliau tewas akibat peperangan melawan raja Kutai Kertanegara. Perlu Anda ketahui, kerajaan Kutai dan Kutai Kertanegara memang berbeda. Kerajaan Kutai cenderung beragama Hindu sedangkan Kutai Kertanegara lebih condong ke kerajaan Islam. Maharaja Dharma Setia sendiri tewas di tangan Raja Aji Pangeran Anum Panji yang merupakan raja ke 13 dari Kutai Kertanegara.

Nama Raja-Raja Kerajaan Kutai
Sejarah kerajaan Kutai hingga runtuh memang tidak bisa dilepaskan dari nama-nama rajanya. Mulai dari sang pendiri hingga keturunannya ikut andil dalam kejayaan sebuah kerajaan. Khusus untuk kerajaan Kutai, tercatat dalam sejarah ada 21 raja yang memimpin. Raja pertama sekaligus pendiri kerajaan adalah Kudungga dengan gelar Anumerta Dewawarman. Kemudian setelah kepemimpinan beliau digantikan oleh anaknya yaitu Asmawarwan dan diteruskan pada anaknya yaitu Mulawarman. Raja-raja berikutnya adalah Marawijaya Warman, Gajayana Warman, Tungga Warman, Jayanaga Warman, Nalasinga Warman, Nala Parana Tungga, Gadingga Warman Dewa, Indra Warman Dewa, Sangga Warman Dewa, Candrawarman, Sri Langka Dewa, Guna Parana Dewa, Wijaya Warman, Sri Aji Dewa, Mulia Putera, Nala Pandita, Indra Paruta Dewa dan terakhir sekaligus menjadi runtuhnya kerajaan ini adalah Maharaja Dharma Setia. Puncak kejayaan Kerajaan Kutai adalah pada masa kepemimpinan Raja Mulawarman.

Baca juga : Sejarah Kerajaan Majapahit

Peninggalan Kerajaan Kutai
Kerajaan Kutai bisa tercatat oleh sejarah karena adanya peninggalan berupa prasasti. Di dalam prasasti menceritakan kisah sejarah kerajaan Kutai hingga runtuh. Prasasti yang terkenal adalah Yupa dan berjumlah 7 buah. Di dalam prasasti tersebut menceritakan tentang awal mula berdirinya kerajaan Kutai. Yupa sendiri berbentuk seperti tugu batu dan digunakan sebagai tugu peringatan. Di dalam prasasti tersebut menyebutkan jika pembuatannya pada masa kepemimpinan raja Mulawarman. Sejarah mencatat bahwa ketujuh prasasti Yupa tersebut sudah cukup menjadi bukti bila kerajaan Kutai merupakan kerajaan Hindu tertua di Indonesia dan berdiri kurang lebih pada tahun 350 masehi. Bahasa yang ada di dalam Yupa tersebut menggunakan bahasa Sansekerta.

Membahas tentang sejarah kerajaan di bumi Nusantara memang sangat menarik. Bagaimana tidak? dari masa ke masa pasti memiliki corak kerajaan yang berbeda-beda. Kerajaan Hindu dan Budha merupakan corak kerajaan yang pertama berdiri di negeri ini. Kemudian berganti masa menjadi kerajaan yang bercorak Islam akibat adanya percampuran budaya yang dibawa oleh para pedagang. Dengan mengetahui tentang Sejarah Kerajaan Kutai hingga runtuh pada artikel ini, Anda menjadi lebih tahu tentang awal mula berdirinya, peninggalan kerajaan hingga raja pertama dan terakhir dari kerajaan tersebut.

Sejarah Kerajaan Kutai Beserta Raja Raja dan Peninggalan Kerajaan Kutai Hingga Runtuh | perpus | 4.5
Leave a Reply